PENERAPAN METODE MULTI FACTOR EVALUATION PROCESS DALAM REKOMENDASI MASKAPAI PENERBANGAN
Abstract
Moda transportasi udara merupakan pilihan tepat ketika seseorang akan bepergian jauh dan membutuhkan waktu yang relative lebih cepat untuk sampai ketujuan.Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh penumpang dalam memilih moda transportasi antara lain ketepatan waktu, kemanan, kecepatan, biaya dan tarif serta kenyamanan pelayanan yang diberikan. Pada penelitian ini ada 5 (lima) faktor terpenting yang akan digunakan, dalam merekomendasikan maskapai penerbangan dengan menerapkan metode Multi Factor Evaluation Process (MFEP) yaitu : fasilitas, pelayanan dan kenyamanan, ketepatan waktu penerbangan, Refund, Riwayat Kecelakaan dan yang terakhir yaitu harga. Dengan memberikan pembobotan pada setiap faktor penting yang digunakan, maka Garuda Indonesia merupakan maskapai penerbangan yang akan direkomendasi dengan nilai tertinggi yaitu 4.264.
Downloads
References
[2] Badan Pusat Statistik, “Jumlah Penumpang yang Berangkat pada Penerbangan Domestik di Bandara Utama Indonesia, 2006-2020,” 2020. .
[3] P. P. Susansti, I. N. Sudiarta, and I. M. K. Negara, “Analisis Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Kualitas Pelayanan Di MBA Tour & Travel,” J. IPTA, vol. 4, no. 1, pp. 86–90, 2016.
[4] A. Bunawan, “Komparasi Metode TOPSIS dan Weighted Product Dalam Menentukan Maskapai Terbaik Pada PT. Jata Karunia Indonesia,” Nusa Mandiri, 2020.
[5] R. Hadi, “Penerapan Metode Multifactor Evaluation Process Untuk Pemilihan Supplier Kertas Pada Percetakan,” Pros. SINTAK, vol. 2, no. 2, pp. 233–238, 2018, [Online]. Available: https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6594.
[6] M. H. Ramadhan and Yusfrizal, “Analisis Dan Penerapan Metode Multifactor Evaluation Process (MFEP) Dalam Menentukan Bibit Tanaman Buncis Yang Layak Untuk Dibudidayakan,” J. Sist. Inf. Kaputama, vol. 3, no. 1, pp. 18–26, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JSIK/article/view/148/pdf.
[7] H. Bastiawati and D. Setiyadi, “Seleksi Calon Koordinator Marketing Provinsi dengan Metode Multifactor Evaluation Process,” J. Informatics Educ. Prof., vol. 2, no. 1, pp. 81–94, 2017, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/234406-seleksi-calon-koordinator-marketing-prov-7445bc29.pdf.
[8] R. Turaina, N. E. Putri, and R. Rizki, “SPK Dalam Pemilihan Siswa Kelas Unggul Menggunakan Metode MFEP Di SMP N 2 Solok,” Edik Inform., vol. 3, no. 2, pp. 125–135, 2017, doi: 10.22202/ei.2017.v3i2.1662.
[9] Diana, Metode & Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
[10] H. Pratiwi, Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan, 1st ed. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.