Pelatihan Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Kompetensi Pendidik TKQ/TPQ Tanjung Priok
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu bidang yang dipengaruhi oleh teknologi informasi. baik dalam proses pembelajaran formal di sekolah maupun nonformal berupa pelatihan di luar sekolah. Masih adanya 60 % guru yang penguasaan TIK-nya masih kurang. Hal ini juga dirasakan oleh pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan POKJA TPQ/TKQ Kecamatan Tanjung Priuk. Keterbatasan guru dalam bidang TIK akan berakibat fatal dimasa sekarang yang pendidikan banyak menggunakan teknologi. Salah satu hambatan kegiatan pebelajaran yatu terbatasnya fasilitas yang dimiliki dan akses terhadap ilmu pengetahuan yang terus berkembang, antara lain keterampilan dalam penggunaan teknologi seperti Microsoft Power Point yang terkait dengan proses belajar mengajar. Microsoft Power Point merupakan program aplikasi yang banyak sekali digunakan untuk keperluan dalam belajar seperti untuk presentasi dan sebagainya. Aplikasi ini digunakan karena memiliki fasilitas dan kelebihan yang dapat memberikan kemudahan dalam membuat suatu presentasi yang efektif, professional dan menarik dan menyenangkan sesuai dengan kaidah pendidikan anak usia dini dan mengembalikan esensi pendidikan melalui inovasi media pembelajaran berbasis teknologi. Dengan adanya pelatihan pembuatan media pembelajaran yang menarik interaktif dengan menggunakan Microsoft power point diharapkan para peserta telah mendapatkan edukasi dan pembekalan materi yang dapat diaplikasikan untuk menunjang peningkatan kualitas para tenaga pendidik serta dapat meningkatkan mutu pendidikan pada pada POKJA TKQ/TPQ Kecamatan tanjung Priok,
Downloads
References
[2] I. Mawardi, N. Dewi Shalikhah, and A. Baihaqi, “Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Budaya Islami Sekolah di MI Muhammadiyah Sidorejo Bandongan,” JPPM (Jurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 4, no. 1, p. 81, 2020, doi: 10.30595/jppm. v0i0.5673.
[3] R. F. Muldiani, “Media Pembelaran Berbasis Animasi Komputer untuk Program Studi Teknik AeronautikanPoliteknik Negeri Bandung,” Sigma-Mu, vol. 3, no. 1, pp. 11–20, 2011.
[4] D. M. Nuris, “Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Tik Bagi Guru Akuntansi Smk,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 256–260, 2018, doi: 10.31849/dinamisia. v2i2.1819.
[5] I. P. Putra, “60 Persen Guru Masih Gagap TIK,” medcom.id, 2021. https://www.medcom.id/pendidikan/cerita-guru/DkqlEr4b-60-persen-guru-masih-gagap-tik.
[6] M. Rusli, E. Winarso, and D. Putri, “Pelatihan Microsoft Powerpoint Dasar Bagi Guru Guru Paud Kabupaten Bekasi,” ABDIMAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 12–15, 2020, doi: 10.53008/abdimas. v1i1.22.
[7] N. K. S. Astini, “Pentingnya Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial,” Pros. Semin. Nas. Dharma Acarya, vol. 1, no. 2018, pp. 113–120, 2019.
[8] Z. Hendra Gunawan Saputra, “Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 3 Nomor 1 Edisi April 2018,” Teknol. Pendidik., vol. 3, no. April, pp. 11–19, 2018.
[9] A. F. D. Prasetyo and S. Astuti, “Pengembangan media pembelajaran ‘ORMAS’ (Organ tubuh manusia) Berbasis Aplikasi Microsoft Power Point di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1198–1209, 2021, doi: 10.31004/basicedu. v5i3.865.
[10] H. Wulandari et al., “Pelatihan Media Powerpoint untuk Mengembangkan Pembelajaran Kreatif di Taman Kanak Kanak,” Mitra Mahajana J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 89–98, 2022.
[11] D. Dharmawati, I. Lubis, and R. Liza, “Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Ms. Office 2019 Pada Siswa Di Smk Dwitunggal 1 Tanjung Morawa,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, p. 19, 2020, [Online]. Available: http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/3751.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.