Penerapan Metode K-Means Dalam Menentukan Kelompok Pendalaman Materi Ujian Nasional

  • Yumi Novita Dewi Universitas Nusa Mandiri
  • Harsih Rianto Universitas Bina Sarana Informatika
  • Cahyani Budihartanti Universitas Nusa Mandiri
  • Firstianty Wahyuhening Fibriany Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Pendalaman Materi (PM) merupakan kegiatan penting bagi siswa guna menghadapi ujian nasional. Ujian Nasional merupakan kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional. Penelitian ini menggunakan 99 dataset berisikan data nilai rapor siswa yang diambil satu semester terakhir untuk menentukan kelompok (cluster) pendalaman materi terhadap mata pelajaran yang diujiankan, dengan menggunakan metode k-Means. k-Means merupakan salah satu fungsi clustering yang melakukan proses pemodelan pengelompokan data dengan sistem partisi. Ada 4 mata pelajaran yang diujiankan, yaitu; Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris. Dalam hal ini pengelompokan dibagi menjadi 2 cluster besar yaitu; kelas umum dan kelas khusus, dimana kelas khusus tersebut merupakan variable yang perlu penanganan khusus terhadap mata pelajaran yang diujiankan. Perhitungan metode ini menggunakan Rapid Miner 5.3. dengan membagi menjadi 10 cluster, dimana diperoleh nilai terbaik pada cluster 2 dan 9, dengan nilai centroid 83,5 pada cluster 9 dimata pelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yumi Novita Dewi, Universitas Nusa Mandiri

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi

Harsih Rianto, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Informatika

Cahyani Budihartanti, Universitas Nusa Mandiri

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi

Firstianty Wahyuhening Fibriany, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Informatika

References

[1] Kementerian Pendidikan Nasional, “Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 4 tahun 2018 tentang penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dan penilaian hasil belajar oleh pemerintah,” Permendikbud, pp. 1–16, 2018.
[2] K. I. Kasanah, B. Suyadi, and S. Sukidin, “Implementasi Program Intensif Belajar Untuk Menghadapi Ujian Nasional Kelas Xii Ips Di Man 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017,” Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. Dan Ilmu Sos., vol. 12, no. 1, p. 128, 2018, doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7623.
[3] Asfihan, “Pengertian Data Mining,” ruangpengetahuan, 2021. https://ruangpengetahuan.co.id/pengertian-data-mining/.
[4] Sutrisno, Afriyudi, and Widiyanto, “Penerapan Data Mining Pada Penjualan Menggunakan Metode Clustering Study Kasus Pt . Indomarco,” Penerapan Data Min. Pada Penjualan Menggunakan Metod. Clust., vol. Vol.x No.x, no. Data Mining, pp. 1–11, 2013, [Online]. Available: http://eprints.binadarma.ac.id/78/1/PENERAPAN DATA MINING PADA PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING STUDY KASUS PT. INDOMARCO PALEMBANG.pdf.
[5] M. A. Muslim et al., Data Mining Algoritma C4.5, Pertama. Semarang: unnes, 2019.
[6] C. Study and D. David, “Penerapan Educational Data Mining Untuk Memprediksi Hasil Belajar Siswa SMAK Ora et Labora,” Ilmu Komput., vol. XII, no. 2, pp. 73–82, 2019, doi: https://doi.org/2622-321X.
[7] N. Cahyana and A. Aribowo, “Metode Data Mining K-Means Untuk Klasterisasi Data Penanganan Dan Pelayanan Kesehatan Masyarakat,” Semin. Nas. Inform. Medis, no. 5, pp. 24–31, 2018.
[8] A. R. Jannah, D. Arifianto, and M. Kom, “Penerapan Metode Clustering dengan Algoritma K-Means untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika di Universitas Muhammadiyah Jember,” J. Manaj. Sist. Inf. dan Teknol., vol. 1, no. 1210651237, pp. 1–10, 2015.
[9] R. A. Indraputra and R. Fitriana, “K-Means Clustering Data COVID-19,” J. Tek. Ind., vol. 10, no. 3, p. 3, 2020.
[10] Y. P. Santoso, M. Marlina, and H. Agung, “Implementasi Metode K-Means Clustering pada Sistem Rekomendasi Dosen Tetap Berdasarkan Penilaian Dosen,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 3, no. 4, p. 228, 2018, doi: 10.32493/informatika.v3i4.2133.
Published
2022-02-01
How to Cite
DEWI, Yumi Novita et al. Penerapan Metode K-Means Dalam Menentukan Kelompok Pendalaman Materi Ujian Nasional. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 26-31, feb. 2022. ISSN 2598-8719. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/670>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i1.670.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>