Analisa Perancangan Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Segar

  • Puji Amsaras Universitas Nusa Mandiri
  • Yumi Novita Dewi Universitas Nusa Mandiri

Abstract

Perkembangan teknologi membawa banyak kemudahan dalam berbagai hal, seperti dalam hal penjualan. Proses transaksi penjualan yang biasanya dilakukan secara tradisional, tetapi saat ini dapat dilakukan secara online melalui website. Dengan adanya website, penjual bisa menjangkau wilayah yang lebih luas sehingga hal ini bisa lebih meningkatkan penjualan. Apotek Segar merupakan apotek yang berada di wilayah Karawang, dimana penjualannya masih dilakukan secara offline. Untuk itu, Apotek Segar membutuhkan sistem informasi penjualan obat yang bisa memudahkan konsumen dalam mencari informasi mengenai obat-obatan dan bisa melakukan pembelian secara online. Salah satu model SDLC yang digunakan untuk pengembangan sistem yaitu model waterafall yang terdiri dari beberapa tahap yaitu analisa kebutuhan software, desain, code generation, testing dan support. Untuk merancang sistem informasi penjualan menggunakan framework Laravel, PHP, MySQL, CSS dan Bootstrap. Hasil dari penelitian ini adalah suatu sistem informasi penjualan obat yang bisa memberikan informasi mengenai obat-obatan yang dijual dan pembeli bisa melakukan pembelian secara online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] N. L. W. S. R. Janner Simarmata, Melda Agnes Manuhutu, Devi Yendrianof Akbar Iskandar, Muhammad Amin, Alfry Aristo J Sinlae Muhammad Noor Hasan Siregar, Hazriani, Herlinah Marzuki Sinambela, Edi Surya Negara, Jamaludin Dewa Putu Yudhi Ardiana, Pengantar Teknologi Informasi. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.
[2] S. Mulyani, Konsep Dasar Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: ANDI, 2021.
[3] R. I. Elisabet Yunaeti Anggraeni, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI, 2017.
[4] O. Muhamad Muslihudin, Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan UML. Yogyakarta: ANDI, 2016.
[5] M. Y. Muhammad Ali Syakur, Devie Rosa Anamisa, Sistem Informasi Update Konsep, Riset dan Perkembangan. Malang: Media Nusa Creative, 2017.
[6] A. Khambali and T. Satrio, “Sistem Informasi Penjualan Obat Pertanian,” no. 1, 2020.
[7] M. F. K. Made Ary Sarasmita, Mengenal Profesi Apoteker Dan Obat. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.
[8] W. M. Fadhli, Tanggung Jawab Hukum Dokter Dan Apoteker Atas Permintaan Tertulis Oleh Dokter (Resept) Kepada Apoteker Dalam Pelayanan Kefarmasian. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management, 2022.
[9] F. A. M. Reza Faisal, Pemrograman Web Dasar I: Belajar HTML 5. Banja Baru: Scripta Cendekia, 2020.
[10] P. D. A. Dwi Krisbiantoro, Dasar Pemrograman WEB dengan bahasa HTML, PHP, dan Database Mysql. Banyumas: Zahira Media Publisher, 2021.
[11] A. H. Ade Pranaya, Pemrograman Web: Membuat Toko Online Dengan Menggunakan Framework Bootstrap 4 Studi Kasus Motekar Store by Zahraan Mahendra. Cimahi: PT. Dinasti Motekar Group, 2019.
[12] A. Khozaimi, Buku Ajar Pemrograman Aplikasi Web. Malang: Media Nusa Creative, 2020.
[13] S. Yuniar Supardi, Semua Bisa Menjadi Programmer Laravel Basic. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019.
[14] I. N. Y. S. Gede Indrawan, Database MySQL Dengan Pemrograman PHP. Depok: PT. Rajagrafindo Persada, 2018.
[15] R. Fitri, Pemrograman Basis Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
[16] U. gusti Salamah, Tutorial Visual Studio Code. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.
[17] D. J. S. Roberto Kaban, HTML (Hypertext Markup Language) pengantar pemrograman berbasis web. Padang: Insan Cendekia Mandiri, 2021.
Published
2022-11-01
How to Cite
AMSARAS, Puji; DEWI, Yumi Novita. Analisa Perancangan Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Segar. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), [S.l.], v. 6, n. 4, p. 675-689, nov. 2022. ISSN 2598-8719. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/863>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i4.863.

Most read articles by the same author(s)