Perancangan sistem informasi pelayanan jasa perbaikan mesin industri berbasis Java
Abstract
Ada beberapa perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengerjaan pemanasan induksi, hidrolik, permesinan dan fabrikasi di daerah Jawa Barat. Pengolahan data transaksi dan laporan transaksi atas penjualan jasa perbaikan mesin industri pada perusahaan masih dikerjakan dengan sistem pengolahan konvensional yaitu dengan catatan pada buku pencatatan transaksi dan bantuan aplikasi Ms. Excel, hal ini menyebabkan sering terjadi kendala diantaranya rentan terjadi kerangkapan data, pengarsipan dokumen menggunakan media kertas yang terkadang hilang atau tercecer sehingga laporan yang dihasilkan kurang maksimal. Perancangan sistem yang terkomputerisasi ini diharapkan mampu memberikan alternatif pemecahan masalah pada sistem informasi pelayanan jasa servis mesin di perusahaan agar semua kegiatan yang ada menjadi lebih efektif dan efisien serta laporan yang dihasilkan lebih akurat. Aplikasi ini dikembangkan dengan model pengembangan perangkat lunak prototype, program aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Netbeans IDE 8.1 sebagai bahasa pemprograman dan pengolahan database menggunakan MySQL. Perancangan aplikasi pelayanan jasa servis mesin industri dapat
Downloads
References
[2] A. Febrianto and P. Handayani, “Rancang Bangun Sistem Pelayanan Jasa Bubut Berbasis Web Pada CV. Sukses Abadi Jaya Tangerang,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 21, no. 1, pp. 1–8, 2019, doi: 10.31294/p.v21i1.4471.
[3] Y. Praharsi, I. K. Sriwana, and D. M. Sari, “Perancangan Penjadwalan Preventive Maintenance Pada Pt . Artha [1] M. S. S. E, “Service Excellence, Dampak Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan,” vol. 3, pp. 16–23, 2019.
[2] A. Febrianto and P. Handayani, “Rancang Bangun Sistem Pelayanan Jasa Bubut Berbasis Web Pada CV. Sukses Abadi Jaya Tangerang,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 21, no. 1, pp. 1–8, 2019, doi: 10.31294/p.v21i1.4471.
[3] Y. Praharsi, I. K. Sriwana, and D. M. Sari, “Perancangan Penjadwalan Preventive Maintenance Pada Pt . Artha Prima Sukses Makmur,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 14, no. 1, pp. 59–65, 2015.
[4] A. Santiana and Herlawati, “Sistem Informasi Pelayanan Jasa Service Pada Bengkel Cipta Prima Motor Cibitung,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 2, no. 2, pp. 201–214, 2018.
[5] J. Enterprise, “Mengenal Java dan Database dengan NetBeans - Jubilee Enterprise - Google Buku.” Elex Media Komputindo, p. 160, 2015.
[6] Sugiarto, Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Suaka Media, 2015.
[7] Sri Mulyani, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah. 2016.
[8] Munawar, Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML. Bandung: Informatika Bandung, 2018.
[9] J. Enterprise, “Mengenal Java dan Database dengan NetBeans - Jubilee Enterprise - Google Buku.” Elex Media Komputindo, p. 160, 2015, [Online]. Available:https://books.google.co.id/books?id=EE9JDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=database+adalah&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiT24a9343tAhVOVisKHa-jDpsQ6AEwBXoECAAQAg#v=onepage&q=database adalah&f=false
[10] D. Rohnadi, “Perancangan Sistem Informasi Menejemen Bengkel Di Gama Auto Service,” Teknoin, vol. 25, no. 2, pp. 112–125, 2019, doi: 10.20885/teknoin.vol25.iss2.art5.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.