DETEKSI GERAKAN MATA UNTUK NAVIGASI KURSOR: STUDI KOMPREHENSIF TENTANG PELACAKAN REAL-TIME DAN INTERAKSI ANTARMUKA

  • Astriana Mulyani Universitas Nusa Mandiri, Jakarta
  • Maulido Syahbani Universitas Nusa Mandiri, Jakarta
  • M Arda Bily Alawi Universitas Nusa Mandiri, Jakarta
  • Rikko Seno Pangestu Universitas Nusa Mandiri, Jakarta
  • Wiliam Setiady Universitas Nusa Mandiri, Jakarta

Abstract

Perkembangan teknologi sekarang banyak diciptakan aplikasi-aplikasi yang masih menggunakan tangan dan mouse sebagai penghubung menggunakan aplikasi baik dalam handpohone dan computer. Sedangkan  mengingat tantangan keterbatasan alat pengendali tradisional seperti mouse dibutuhkan Interaksi antarmuka yang semakin inklusif menjadi fokus utama, di mana deteksi gerakan mata dapat memberikan solusi yang lebih universal dan dapat diakses, membuka peluang bagi individu dengan keterbatasan fisik. Pengembangan kreatif dari antarmuka pengguna yang memanfaatkan deteksi gerakan mata dapat membuka pintu untuk pengalaman pengguna yang lebih dinamis dan menarik. Ini berdampak pada berbagai aplikasi, termasuk permainan video yang lebih immersif, pengembangan desain interaktif, dan solusi aksesibilitas yang lebih baik bagi individu dengan kebutuhan khusus. Dengan memadukan aspek pelacakan gerakan mata secara real-time dan potensi inovasi dalam interaksi antarmuka, penelitian ini diharapkan dapat menyumbangkan wawasan signifikan untuk pengembangan lebih lanjut dalam bidang deteksi gerakan mata.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] I. Agustina, R. Hidayat, and T. S. Widodo, “Mouse Kamera Dengan Deteksi Wajah Realtime Dan Deteksi Kedip Berbasis Metode Haarcascade Dan Surf,” Citee, no. July 2012, 2012.
[2] E. Satriyanto, “Pengendali Pointer Dengan Gaze Tracking Menggunakan Metode Haar Classifier Sebagai Alat Bantu Presentasi ( Eye Pointer ),” 2009.
[3] F. S. Utomo and M. H. Purwidiantoro, “Virtual Mouse Menggunakan Algoritma Haarcascade Dan Hough Transform Sebagai Media Interaksi Manusia Dengan Komputer Bagi Penyandang Disabilitas,” Telematika, vol. 8, no. 1, pp. 55–72, 2015, [Online]. Available: http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/view/358%0Ahttps://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/download/358/331.
[4] Y. Syarif, R. R. Isnanto, and K. I. Satoto, “Pelacakan Mata ( Eye Tracking ) Dengan Algoritma Lucas-,” Transient, vol. 2, no. 3, pp. 1–6, 2013.
[5] I. Faris and F. Utaminingrum, “Rancang Bangun Sistem Deteksi Gerakan Mata untuk Pemilihan Enam Menu Display menggunakan Circular Hough Transform berdasarkan Facial Landmark berbasis NVIDIA Jetson Nano,” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 6, pp. 2799–2804, 2022, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.
Published
2024-06-06
How to Cite
MULYANI, Astriana et al. DETEKSI GERAKAN MATA UNTUK NAVIGASI KURSOR: STUDI KOMPREHENSIF TENTANG PELACAKAN REAL-TIME DAN INTERAKSI ANTARMUKA. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 29-36, june 2024. ISSN 2597-3673. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/view/1500>. Date accessed: 15 july 2024. doi: https://doi.org/10.52362/jisicom.v8i1.1500.