ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN DAN MARKET SHARE PERBANKAN SYARIAH DENGAN PERBANKAN KONVENSIONAL (Studi kasus BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri, BCA Syariah dengan Bank BRI Tbk, BNI Tbk, Mandiri Tbk dan BCA Tbk)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris perbandingan kinerja keuangan dan market share perbankan syariah dan konvensionl. Analisis ini menggunakan perbandingan rasio keuangan antara bank syariah dan konvensional. Rasio yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio : CAR, ROA, ROE, NPF/NPL, FDR/LDR dan BOPO. Sampel dalam penelitian ini adalah Bank BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri dan BCA Syariah, BRI Tbk, BNI Tbk, Mandiri Tbk. dan BCA Tbk. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penelitian arsip atau dokumentasi dan observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Perbandingan Rasio Keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara bank syariah dan konvensional dalam rasio ROA, ROE dan BOPO. Sementara dalam rasio CAR, NPL/NPL dan FDR/LDR bank syariah dan konvensional menunjukan hasil yang relatif sama baik. Market share dalam skala nasional ke empat bank syariah ini hanya memiliki market share sebesar 2,31% market share nasional sedangkan keempat bank umum dalam penelitian ini memiliki market share nasional 51,66%.
This research aims to test empirically the comparison of financial performance and market share of Islamic and conventional banking. This analysis uses a comparison of financial ratios between Islamic and conventional banks. The ratios used in this research are: CAR, ROA, ROE, NPF / NPL, FDR / LDR and BOPO. The sample in this study is Bank BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri and BCA Syariah, BRI Tbk, BNI Tbk, Mandiri Tbk. and BCA Tbk. Data collection was carried out by archival research methods or documentation and observation. The method used in this research is Comparative Financial Ratio Analysis. The results of this study indicate that there are significant differences between Islamic and conventional banks in the ratio of ROA, ROE and BOPO. Meanwhile, the ratio of CAR, NPL / NPL and FDR / LDR of Islamic and conventional banks showed relatively similar results. The market share on a national scale for the four Islamic banks only has a market share of 2.31% national market share, while the four commercial banks in this study have a national market share of 51.66%.
Downloads
References
[2] Darsono dan Ashari (2004). Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Yogyakarta : Andi
[3] Fahmi, Irham (2012). Analisis Kinerja Keuangan. Bandung : Alfabeta
[4] Kasmir (2014). Bank Dan Lembaga Keuangan lainnya. Jakarta : Raja Grafindo Persada
[5] Muhammad (2005). Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta : UPP AMP YJPN
[6] Rindawati, Ema (2007). Analisa Perbandingan Kinerja Perbankan Syariah dengan Perbankan Konvensional. Yogyakarta : UII
[7] Rivai, Veithzal, Andria PermataVeithzal (2008). Bank and Financial Institution Management, Conventional and Sharia System. Jakarta : Raja Grafindo Persada
[8] https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah/Default.aspx
[9] https://www.bca.co.id/en/tentang-bca/hubungan-investor/laporan-tahunan
[10] https://bankmandiri.co.id/web/ir/annual-reports
[11] https://www.bni.co.id/id-id/perusahaan/hubunganinvestor/laporanpresentasi
[12] https://bri.co.id/report
[13] https://ir-brisyariah.com/annual_reports.html
[14] https://www.bnisyariah.co.id/id-id/perusahaan/hubunganinvestor/laporanpresentasi/laporantahunan
[15] https://www.mandirisyariah.co.id/tentang-kami/company-report/annual-report
[16] https://www.bcasyariah.co.id/laporan-keuangan/tahunan/2019-3/
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.