Penerapan Aplikasi Penjualan Di Toko Komputer Optimus Glorious Berbasis Web

  • Agus Alim Muin Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al banjari, Banjarmasin
  • Suriansyah Suriansyah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin

Abstract

CV. Optimus Glorious selalu melakukan pengawasan dan pencatatan terhadap persediaan barang. Selama Ini untuk pengolahan data persediaan barang masuk dilakukan secara manual oleh Karyawan yaitu untuk pendataan barang masuk dan keluar dicatat di buku besar sesuai dengan kwitansi dari pelanggan atau supplier yang berisi berapa banyak barang yang masuk dan keluar untuk dikirim ke pelanggan dan untuk stok barang hanya dicatat di buku besar yang mana laporan-laporan yang sudah ditulis oleh Karyawan akan disalin kembali di buku besar, sehingga sering terjadi kesalahan.metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data dari observasi,wawancara,studi pustaka dan studi dokumen serta metode perancangan perangkat lunak dengan menganalisis kebutuhan system,desain system,pengujian system dan memelihara system atau SDLC (Software/System Development Life Cycle) dengan model Waterfall Development.Aplikasi ini menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai databasenya.Hasil dari penilitian ini adalah Aplikasi ini dapat mendata stok barang dan penjualan dan dengan adanya laporan dapat mengetahui dan memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat setiap harinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agus Alim Muin, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al banjari, Banjarmasin

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi

Suriansyah Suriansyah, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi

References

[1] Afandi, R. S., & Saputra, E. H. (2013). Aplikasi Mobile Informasi Kafe 24 Jam Di Yogyakarta Berbasis Android. Data Manajemen dan Teknologi Informasi (DASI), 14(3), 49.
[2] (Raharjo, B. (2011). Belajar otodidak membuat database menggunakan MySQL.)
[3] Kadir, A. (2009). From zero to a pro: membuat aplikasi Web dengan PHP+ database MySQL.
[4] Sidik, B. (2018). Framework Code Igniter 3.
[5] Hidayat, R., Marlina, S., & Utami, L. D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall. Simnasiptek 2017, 1(1), 175-183.
[6] Budiani, N. (2000). DATA FLOW DIAGRAM: sebagai alat bantu desain sistem. Analisis dan Prancangan Sistem.
[7] Solihin, H. H., & Nusa, A. A. F. (2017). Rancang bangun sistem informasi penjualan, pembelian dan persediaan suku cadang pada bengkel tiga putra motor garut. Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika, 2(2), 107-115.
[8] Muin, A. A., & Purniawati, S. (2020). Penerapan Sistem Informasi Stok Gudang Dan Penjualan Pt. Usaha Niaga Indah Banjarmasin. Technologia: Jurnal Ilmiah, 11(2), 76-79.
[9] Fitri, R. S., Rukun, K., & Dwiyani, N. (2018). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Penjualan Komputer dan Accessories Pada Toko Mujahidah Computer Berbasis Web. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 4(1).
[10] Muin, A. A., Setiawan, A., & Hidayah, R. E. (2018). Sistem Informasi Manajemen Pt. Armada Putra Nusantara Berbasis Web. Technologia: Jurnal Ilmiah, 9(3), 188-191.
Published
2021-12-02
How to Cite
MUIN, Agus Alim; SURIANSYAH, Suriansyah. Penerapan Aplikasi Penjualan Di Toko Komputer Optimus Glorious Berbasis Web. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 359-368, dec. 2021. ISSN 2597-3673. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/view/622>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i2.622.