Sistem Manajemen Data Elektronik Akreditasi Program Studi (Iaps) 4.0

(Studi Kasus: STIKOM Tunas Bangsa)

  • Abdi Rahim Damanik STIKOM Tunas Bangsa, Pematang Siantar, Sumatera Utara
  • Fahmi Firzada STIKOM Tunas Bangsa, Pematang Siantar, Sumatera Utara
  • Wendi Robiansyah STIKOM Tunas Bangsa, Pematang Siantar, Sumatera Utara
  • Surya Darma STIKOM Tunas Bangsa, Pematang Siantar, Sumatera Utara

Abstract

Akreditasi Program Studi STIKOM Tunas Bangsa oleh BAN-PT adalah salah satu kegiatan dan penilaian standar mutu kampus oleh lembaga pendidikan tinggi. Membuat Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) membutuhkan banyak informasi tentang kinerja selama lima tahun. Salah satu kegiatan yang terhambat sering terjadi pada saat berkunjungnya asessor adalah kurangnya file arsip dan tidak adanya data yang disediakan oleh pegawai program studi akreditasi, karena tidak cukup informasi dan dokumen cadangan yang tersedia. oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang berfungsi untuk mengelola dan menjaga ketersediaan data saat pelaporan kinerja kepada asessor. Dalam penelitian ini, sistem informasi yang dikembangkan menggunakan database MySQL sebagai penyimpanan data. Model pengumpulan data berbentuk file dan akan diupload kedalam sistem. Proses ini akan mempermudah dalam pencarian file dan memberikan file kepada acessor dalam bentuk pdf online saja. hal tersebut dapat membantu dari segi perguruan tinggi atau pun acessor untuk tidak lagi menggunakan file dalam bentuk kertas yang susah untuk dicari.


Kata kunci: Data Elektronik, Web, Dokumentasi File.


Accreditation of the STIKOM Tunas Bangsa Study Program by BAN-PT is one of the activities and assessments of campus quality standards by higher education institutions. Making a Study Program Performance Report (LKPS) requires a lot of information about five years of performance. One of the activities that were hampered during the visit of the assessor was the lack of archive files and no data provided by the staff of the accreditation study program, often due to insufficient and available backup documents. Therefore we need a system that functions to manage and maintain data availability when reporting performance to appraisers. In this study, the developed information system uses a MySQL database as data storage. The data collection model is in the form of a file and will be uploaded into the system. This process will make it easier to search for files and provide files to accessors in the form of online pdfs only. this can help in terms of universities or accessors to no longer use files in paper form that are difficult to find.


Keywords: Electronic Data, Web, File Documentation.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Abdi Rahim Damanik, STIKOM Tunas Bangsa, Pematang Siantar, Sumatera Utara

Departemen Sistem Informasi

Fahmi Firzada, STIKOM Tunas Bangsa, Pematang Siantar, Sumatera Utara

Program Studi Sistem Informasi

Wendi Robiansyah, STIKOM Tunas Bangsa, Pematang Siantar, Sumatera Utara

Program Studi Sistem Informasi

Surya Darma, STIKOM Tunas Bangsa, Pematang Siantar, Sumatera Utara

Ptrogram Studi Sistem Informasi

References

[1] A. L. Hakim, “Pengembangan Standar Pendidikan Tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju Berdasarkan Kriteria Akreditasi 4.0,” J. Ilm. Kesehat., vol. 16, no. 1, pp. 4–13, 2017.
[2] S. D. Putra, S. Sukarno, and D. Aryani, “ELEKTRONIK SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT,” vol. 5, no. 1, pp. 120–127, 2021, doi: 10.52362/jisicom.v5i1.467.
[3] L. I. Herawati, I. Ulum, and A. Juanda, “Pengungkapan Modal Intelektual Perguruan Tinggi Vokasi Di Indonesia Berdasarkan Instrumen Akreditasi Program Studi (Iaps) 4.0,” EKUITAS (Jurnal Ekon. dan Keuangan), vol. 4, no. 1, pp. 107–121, 2020, doi: 10.24034/j25485024.y2020.v4.i1.4428.
[4] D. A. A. Saragih, Yasmirah Mandasari, “Perlindungan Data Elektronik Dalam Formulasi Kebijakan Kriminal Di Era Globalisasi,” vol. 2017, no. 1, pp. 1–9, 2020.
[5] Y. S. Agus Prayitno, “Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis,” Adv. Mater. Res., vol. 756–759, no. 1, pp. 138–140, 2018, doi: 10.4028/www.scientific.net/AMR.756-759.138.
[6] S. Widiantoro and Y. Yodi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Audit Mutu Internal Berbasis IAPS 4.0,” J. Ilmu Komput. dan Bisnis, vol. 11, no. 2, pp. 2446–2454, 2020, doi: 10.47927/jikb.v11i2.7.
[7] R. Muliono, “Perancangan Aplikasi Laporan Kinerja Program Studi - Akreditasi Program Studi ( LKPS-APS ) di Universitas Medan Area,” vol. 2, no. November, pp. 2–7, 2019.
[8] R. T. Susilo and S. Jaya, “Implementasi Web Mining dengan Metode Clustering pada Dokumen Akreditasi Program Studi,” pp. 1–7, 2019.
Published
2021-12-02
How to Cite
DAMANIK, Abdi Rahim et al. Sistem Manajemen Data Elektronik Akreditasi Program Studi (Iaps) 4.0. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 195-201, dec. 2021. ISSN 2597-3673. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/view/510>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i2.510.