Aplikasi Event dan Pengukuran Minat Masyarakat Melalui Kuesioner Online dengan Metode Prototipe
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi event berbasis digital yang dilengkapi fitur pengukuran minat masyarakat melalui kuesioner online dengan metode prototyping. Aplikasi ini dirancang untuk mengatasi berbagai tantangan dalam pengelolaan acara, seperti pengumpulan data peserta, identifikasi preferensi audiens, dan evaluasi pascaacara. Fitur utama mencakup pendaftaran online, distribusi kuesioner interaktif, dan visualisasi data secara real-time melalui dashboard. Metode prototyping digunakan untuk memastikan aplikasi relevan dengan kebutuhan pengguna melalui iterasi dan umpan balik berulang. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi ini meningkatkan efisiensi pengelolaan acara dan memperkuat keterlibatan peserta dengan antarmuka yang intuitif. Data kuesioner memberikan wawasan yang berguna untuk perencanaan acara yang lebih relevan. Meski aplikasi ini terbatas pada skala pengujian kecil, hasilnya memberikan dasar kuat untuk pengembangan lebih lanjut dan integrasi teknologi baru.
Downloads
References
[2] D. G. H. Divayana, “Pengembangan Model Evaluasi Stake Berbasis ANEKA-Tri Hita Karana dengan Pengkalkulasian SAW dalam Penentuan Aspek-aspek Prioritas Perbaikan Mutu Belajar dan Karakter Siswa,” Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), vol. 6, no. 2, p. 143, Aug. 2020, doi: 10.26418/jp.v6i2.38557.
[3] A. Al Kaafi, L. Widiastuti, and F. Arsiadi, “Penerapan Incremental Model Pada Sistem Informasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Uswatun Hasanah Jakarta,” Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 1, pp. 32–39, May 2022, doi: 10.31294/reputasi.v3i1.1197.
[4] B. Kurniawan, B. Herdiana, and S. Alviana, “Pemodelan Smartapps Sistem Terintegrasi Metode System Development Life Cycle untuk Aplikasi Layanan Administrasi di UNIKOM,” Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol. 18, no. 1, p. 141, May 2019, doi: 10.24843/MITE.2019.v18i01.P21.
[5] Y. Firmansyah, R. Maulana, and M. S. Maulana, “Implementasi Metode SDLC Prototype Pada Sistem Informasi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Berbasis Website Studi Kasus Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justin), vol. 9, no. 3, p. 315, Aug. 2021, doi: 10.26418/justin.v9i3.46964.
[6] D. S. Nurrachman, “Penerapan Algoritma Apostolico Dalam Pencarian Tiket Pemesanan dan Pendaftaran Seminar,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 5, no. 1, p. 216, Jan. 2021, doi: 10.30865/mib.v5i1.2642.
[7] R. Van Buskirk and B. W. Moroney, “Extending prototyping,” IBM Systems Journal, vol. 42, no. 4, pp. 613–623, 2003, doi: 10.1147/sj.424.0613.
[8] E. R. Gunawan, E. F. Ripanti, and H. Novriando, “Rapid Application Development untuk Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Barang Milik Negara (Studi Kasus UPT PPD Wilayah Sintang),” Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), vol. 9, no. 1, p. 148, Apr. 2023, doi: 10.26418/jp.v9i1.61371.
[9] I. Prastowo, “PELATIHAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN DI DESTINASI WISATA SESUAI STANDAR NASIONAL MAUPUN INTERNASIONAL BAGI PENGELOLA PARIWISATA DI KABUPATEN SUKOHARJO,” JURNAL PENGABDIAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA, vol. 3, no. 1, pp. 37–46, Mar. 2022, doi: 10.47942/jpttg.v3i1.829.
[10] G. F. Hazimah, S. A. Cahyani, S. N. Azizah, and P. Prihantini, “Pengelolaan Kurikulum dan Sarana Prasarana Sebagai Penunjang Keberhasilan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, vol. 9, no. 2, pp. 121–129, Aug. 2022, doi: 10.21831/jppfa.v9i2.44591.
[11] D. A. Sari, F. Octaviani, P. Putri, and N. Suswita, “KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS MENURUT ASMADAWATI,” JOURNAL EDUCATIONAL MANAGEMENT REVIEWS AND RESEARCH, vol. 1, no. 02, Dec. 2022, doi: 10.56406/emrr.v1i02.211.
[12] N. R. Rambe and W. Mirna, “ADAPTASI MODEL ADiK (AKTIF, DISKUSI, DAN KREATIF) DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI,” JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN, vol. 28, no. 1, p. 14, Mar. 2022, doi: 10.24114/jpbp.v28i1.33149.
[13] I. A. Siregar, “Analisis Dan Interpretasi Data Kuantitatif,” ALACRITY : Journal of Education, pp. 39–48, Jul. 2021, doi: 10.52121/alacrity.v1i2.25.
[14] M. Mas’adi, “PENGARUH KEGIATAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBEIAN PADA PT. INDOTEX MANDIRI DI TANGERANG,” Jurnal Ekonomi Efektif, vol. 3, no. 1, Oct. 2020, doi: 10.32493/JEE.v3i1.7320.
[15] A. C. CHUSNAINI and R. A. RASYID, “Effect Of Sponsorship Suitability On Music Festival Events,” Accounting and Management Journal, vol. 7, no. 1, pp. 51–56, Jul. 2023, doi: 10.33086/amj.v7i1.4088.
[16] I. Dı́az, F. Losavio, A. Matteo, and O. Pastor, “A specification pattern for use cases,” Information & Management, vol. 41, no. 8, pp. 961–975, Nov. 2004, doi: 10.1016/j.im.2003.10.003.
[17] A. Latifah, R. E. G. Rahayu, and T. Y. Sakti, “Penerapan Sistem Absensi Pegawai Menggunakan Teknologi Fingerprint Android di Kelurahan Jayawaras,” Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 2, pp. 817–822, Nov. 2022, doi: 10.33364/algoritma/v.19-2.1200.
[18] Y. V Usman, A. M. Fauzi, T. T. Irawadi, and T. Djatna, “Augmented halal food traceability system: analysis and design using UML,” IOP Conf Ser Mater Sci Eng, vol. 337, p. 012050, Apr. 2018, doi: 10.1088/1757-899X/337/1/012050.
[19] E. F. Ripanti, “Pengembangan Model Evaluasi pada Integrated Information Systems di Universitas: Systematic Literature Review,” Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), vol. 6, no. 2, p. 224, Aug. 2020, doi: 10.26418/jp.v6i2.41258.
[20] P. Bellan, H. van der Aa, M. Dragoni, C. Ghidini, and S. P. Ponzetto, “PET: An Annotated Dataset for Process Extraction from Natural Language Text Tasks,” 2023, pp. 315–321. doi: 10.1007/978-3-031-25383-6_23.
[21] A. Lester, “Precedence or activity on node (AoN) diagrams,” in Project Management, Planning and Control, Elsevier, 2007, pp. 125–131. doi: 10.1016/B978-075066956-6/50025-3.
[22] R. K. Ngantung and M. A. I. Pakereng, “Model Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis User Centered Design Menerapkan Framework Flask Python,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 5, no. 3, p. 1052, Jul. 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.3054.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.