Perancangan sistem informasi pelayanan jasa perbaikan mesin industri berbasis Java

  • Laila Septiana Universitas Nusa Mandiri
  • Ucu Kania Novelia Universitas Nusa Mandiri

Abstract

Ada beberapa perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengerjaan pemanasan induksi, hidrolik, permesinan dan fabrikasi di daerah Jawa Barat. Pengolahan data transaksi dan laporan transaksi atas penjualan jasa perbaikan mesin industri pada perusahaan masih dikerjakan dengan sistem pengolahan  konvensional  yaitu dengan catatan pada buku pencatatan transaksi dan  bantuan aplikasi Ms. Excel, hal ini menyebabkan sering terjadi kendala diantaranya rentan terjadi kerangkapan data, pengarsipan dokumen menggunakan media kertas yang terkadang hilang atau tercecer sehingga laporan yang dihasilkan kurang maksimal. Perancangan sistem yang  terkomputerisasi ini diharapkan mampu memberikan alternatif pemecahan masalah pada sistem informasi pelayanan jasa servis mesin di perusahaan agar semua kegiatan yang ada menjadi lebih efektif dan efisien serta laporan yang dihasilkan lebih akurat. Aplikasi ini dikembangkan dengan model pengembangan perangkat lunak prototype, program aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Netbeans IDE 8.1 sebagai bahasa pemprograman dan pengolahan database menggunakan MySQL. Perancangan aplikasi pelayanan jasa servis mesin industri dapat

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Laila Septiana, Universitas Nusa Mandiri

Departemen Sistem Informasi

Ucu Kania Novelia, Universitas Nusa Mandiri

Program Studi Sistem Informasi

References

[1] M. S. S. E, “Service Excellence, Dampak Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan,” vol. 3, pp. 16–23, 2019.
[2] A. Febrianto and P. Handayani, “Rancang Bangun Sistem Pelayanan Jasa Bubut Berbasis Web Pada CV. Sukses Abadi Jaya Tangerang,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 21, no. 1, pp. 1–8, 2019, doi: 10.31294/p.v21i1.4471.
[3] Y. Praharsi, I. K. Sriwana, and D. M. Sari, “Perancangan Penjadwalan Preventive Maintenance Pada Pt . Artha [1] M. S. S. E, “Service Excellence, Dampak Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan,” vol. 3, pp. 16–23, 2019.
[2] A. Febrianto and P. Handayani, “Rancang Bangun Sistem Pelayanan Jasa Bubut Berbasis Web Pada CV. Sukses Abadi Jaya Tangerang,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 21, no. 1, pp. 1–8, 2019, doi: 10.31294/p.v21i1.4471.
[3] Y. Praharsi, I. K. Sriwana, and D. M. Sari, “Perancangan Penjadwalan Preventive Maintenance Pada Pt . Artha Prima Sukses Makmur,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 14, no. 1, pp. 59–65, 2015.
[4] A. Santiana and Herlawati, “Sistem Informasi Pelayanan Jasa Service Pada Bengkel Cipta Prima Motor Cibitung,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 2, no. 2, pp. 201–214, 2018.
[5] J. Enterprise, “Mengenal Java dan Database dengan NetBeans - Jubilee Enterprise - Google Buku.” Elex Media Komputindo, p. 160, 2015.
[6] Sugiarto, Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Suaka Media, 2015.
[7] Sri Mulyani, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah. 2016.
[8] Munawar, Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML. Bandung: Informatika Bandung, 2018.
[9] J. Enterprise, “Mengenal Java dan Database dengan NetBeans - Jubilee Enterprise - Google Buku.” Elex Media Komputindo, p. 160, 2015, [Online]. Available:https://books.google.co.id/books?id=EE9JDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=database+adalah&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiT24a9343tAhVOVisKHa-jDpsQ6AEwBXoECAAQAg#v=onepage&q=database adalah&f=false
[10] D. Rohnadi, “Perancangan Sistem Informasi Menejemen Bengkel Di Gama Auto Service,” Teknoin, vol. 25, no. 2, pp. 112–125, 2019, doi: 10.20885/teknoin.vol25.iss2.art5.
Published
2021-08-10
How to Cite
SEPTIANA, Laila; NOVELIA, Ucu Kania. Perancangan sistem informasi pelayanan jasa perbaikan mesin industri berbasis Java. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 692-700, aug. 2021. ISSN 2598-8719. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/461>. Date accessed: 20 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i3.461.