PSIKOEDUKASI PENCEGAHAN BULLYING PADA PERKEMBANGAN KESEHATAN DAN MENTAL ANAK DI KELOMPOK TAMAN BACA BINA CENDEKIA LENTENG AGUNG
Abstract
Bullying merupakan perilaku intimidasi yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang lebih dominan terhadap individuyang lebih lemah dalam berbagai bentuk. Para ahli mengindikasikan bahwa bullying di sekolah merupakan salah satu bentuk agresi antar siswa yang memiliki dampak yang paling merugikan bagi korban. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan kekuasaan, dimana pelaku sering kali merupakan siswa yang lebih tua atau diangga[ lebih senior dalam lingkungan sekolah, yang melakukan perilaku tertentu terhadap siswa yang lebih muda dan merasa tidak berdaya untuk melawan. Dampak yan dirasakan oleh korban bullying termasuk masalah kesejahteraan psikologis yang rendah, sepeerti rasa tidak nyaman, takut, rendah diri, dan merasa tidak berharga. Korban juga mungkin mengalami kesulitan dalam beradaptasi secara sosial, bahkan menarik diri dari interaksi sosial dan menunjukkan penurunan dalam prestasi akademik karena kesulitan berkonsentrasi. Beberapa bahkan mungkin merasa putus asa hingga berpikir untuk melakukan bunuh diri untuk menghindari tekanan-tekanan tersebut. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) dari Universitas Gunadarma bertujuan untuk membantu Masyarakat yang terkena dampak langsung dari praktek bullying di Yayasan Bina Hafidz Cendekia Indonesia di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, melalui penyuluhan dan konseling secara rutin dan terjadwal. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dan empati terhadap masalah pendidikan, khususnya dalam menangani masalah bullying yang semakin meningkat di Masyarakat.Downloads
References
di Kota Padang. Jurnal Keperawatan Sudirman, 12(1).
Karina, Hastuti, D., & Alfiasari, A. (2013). Perilaku Bullying dan Karakter Remaja serta Kaitanya dengan Karakteristik Keluarga dan Peer Group. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 6(1), 20–29. https://doi.org/10.24156/jikk.2013.6.1.20
Masdin. (2013). Fenomena Bullying Dalam Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib, 6(2), 73–83. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i2.306
Purwaningsih, S., & Mega, I. (2017). Hubungan Perundungan (Bullying) Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMA Muhammadiy 11 Karanganyar. Undergraduate Thesis. Surakarta: Institut Islam Negeri Surakarta.
Wulandari, A. (2014). Karakteristik Pertumbuhan Perkembangan Remaja Dan Implikasinya Terhadap Masalah Kesehatan Dan Keperawatannya. Jurnal Keperawatan Anak, 2(1)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.