PEMBEKALAN PERSIAPAN MEMASUKI PENDIDIKAN LANJUTAN BAGI PESERTA DIDIK KELOMPOK BELAJAR BINA CENDIKIA LENTENG AGUNG, JAKARTA SELATAN

  • Nurul Huda Universitas Gunadarma, Depok
  • Dina Kusuma Astuti Universitas Gunadarma, Depok
  • Ananda Avavidya Universitas Gunadarma, Depok
  • Klara Innata Arishanti Universitas Gunadarma, Depok

Abstract

Kesiapan anak untuk masuk sekolah merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh orangtua, lingkungan masyarakat, dan pemerintah. Kesiapan ini memainkan peran krusial dalam tahap perkembangan anak usia dini, sebagai fondasi bagi masa depan yang menjamin kelancaran transisi dan keberhasilan masuk ke sekolah dasar. Ini juga menjadi langkah awal menuju dunia pengetahuan. Melalui kesiapan sekolah, anak-anak memperoleh jalur yang jelas untuk karir akademis jangka panjang, serta berfungsi sebagai landasan bagi kehidupan yang sehat, produktif, dan terarah. Faktor-faktor utama yang mempengaruhi kesiapan sekolah meliputi latar belakang, intervensi dari orangtua dan guru, pengalaman pendidikan anak usia dini, konten kurikulum, serta pengalaman guru. Namun, banyak orang tua di Indonesia yang hanya memfokuskan kesiapakn anak pada aspek akademis, seperti kemampuan baca, tulis, dan hitung di usia taman kanak-kanak, padahal kesiapan sekolah mencakup aspek fisik, sosial, kognitif, dan emosional. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) Universitas Gunadarma akan memberikan edukasi kepada orang tua peserta didik di kelompok belajar Yayasan Bina Hafidz Cendikia Indonesia, yang berlokasi di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, melalui penyuluhan dan pembekalan untuk mempersiapkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Kegiatan Abdimas Universitas Gunadarma ini merupakan wujud kepedulian dan empati terhadap keberlangsungan pendidikan peserta didik di Yayasan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalyono, M. (2012). Psikologi pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta
Damayanti, AK., & Rachmawati, R. (2019). Kesiapan anak masuk sekolah dasar ditinjau dari tingkat intelegensi dan jenis kelamin. Psikovidya, 23 (1), 108-137
Deliviana, E. (2017). Mempersiapkan anak masuk sekolah dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10 (2), 119-133
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta Pranoto, Y.K.S. (2020). Kecerdasan moral anak usia prasekolah. Edukasi, 14 (1). 1-7
Published
2024-12-29
How to Cite
HUDA, Nurul et al. PEMBEKALAN PERSIAPAN MEMASUKI PENDIDIKAN LANJUTAN BAGI PESERTA DIDIK KELOMPOK BELAJAR BINA CENDIKIA LENTENG AGUNG, JAKARTA SELATAN. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 61-68, dec. 2024. ISSN 2798-8295. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/tridharmadimas/article/view/1748>. Date accessed: 14 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v4i2.1748.