PENERAPAN METODE WEBQUAL 4.0 UNTUK ANALISA KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP KUALITAS WEBSITE NONA JUDES
Abstract
Seiring dengan berkembangnya teknologi, penggunaan e-commerce dalam dunia bisnis semakin meluas, terutama pada UMKM yang memanfaatkan website sebagai media transaksi. Namun, kualitas website menjadi salah satu faktor penentu dalam kesuksesan e-commerce, karena dapat mempengaruhi persepsi pelanggan dan kepuasan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas website UMKM Nona Judes menggunakan metode Webqual 4.0, yang terdiri dari tiga dimensi utama, yaitu kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality), dan kualitas interaksi layanan (service interaction quality). Metode ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam menggunakan website UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 50 pelanggan aktif UMKM Nona Judes. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dianalisis menggunakan metode Webqual 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel yang diuji usability, information quality, dan service interaction quality memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai R-square 0.589, yang berarti 58.9% variasi kepuasan pengguna dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut. Uji ANOVA menghasilkan nilai F sebesar 20.345 dengan signifikansi 0.000, menegaskan bahwa model regresi signifikan. Berdasarkan hasil ini, disarankan agar UMKM Nona Judes meningkatkan kualitas website, terutama pada dimensi usability dan information quality, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong peningkatan penjualan
Downloads
References
[2] R. Rohmayanti, B. Y. Rahmatian, R. A. Syahrian, D. A. Pitaloka, S. Yasmin, and P. Febriyani, “Pengembangan Digital Marketing dan Manajemen Keuangan bagi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat,” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, vol. 8, no. 2, 2023, doi: 10.30653/jppm.v8i2.393.
[3] F. Dhiannisa, R. Firliana, and A. S. Wardani, “Analisis Kualitas Website E-Perpus Menggunakan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA),” METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputersisasi Akuntansi, vol. 8, no. 2, pp. 129–137, 2024.
[4] M. L. Hamzah, R. F. Rahmadhani, and A. A. Purwati, “An Integration of Webqual 4.0, Importance Performance Analysis and Customer Satisfaction Index on E-Campus,” Journal of System and Management Sciences, vol. 12, no. 3, 2022, doi: 10.33168/JSMS.2022.0302.
[5] M. Afriansyah, V. Y. P. Ardhana, and J. Saputra, “Pengukuran Kualitas Website Universitas Qamarul Huda Badaruddin Menggunakan Metode Webqual 4.0,” SainsTech Innovation, vol. 5, no. 1, pp. 175–182, 2022.
[6] M. A. Athallah and K. Kraugusteeliana, “Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis,” CogITo Smart Journal, vol. 8, no. 1, 2022, doi: 10.31154/cogito.v8i1.374.171-182.
[7] M. P. Putri, H. Herawati, and I. P. Sari, “Analisis Kualitas Website Gtass Menggunakan Metode Webqual 4.0 Modifikasi,” JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), vol. 6, no. 2, 2021, doi: 10.31328/jointecs.v6i2.2369.
[8] I. Purwandani and N. O. Syamsiah, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justin), vol. 9, no. 3, 2021, doi: 10.26418/justin.v9i3.47129.
[9] F. Muttakin, D. Dwi Aprillia, and M. Kumalasari, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website Terhadap Pengguna Akhir Menggunakan Webqual 4.0,” Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), vol. 3, no. 3, 2022, doi: 10.37859/coscitech.v3i3.4403.
[10] Bela Damanik, R. A. Putri, and A. M. Harahap, “IMPLEMENTASI METODE WEBQUAL 4.0 DALAM MENGEVALUASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK UIN SUMATERA UTARA,” JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), vol. 8, no. 1, 2024, doi: 10.59697/jtik.v8i1.489.
[11] H. F. Reifco, R. R. Suryono, and D. A. Megawaty, “ANALISIS KINERJA WEBSITE PELAYANAN PUBLIK MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0 (Studi Kasus : Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Lampung),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 4, no. 3, 2023.
[12] G. A. Putri and G. Widiyanto, “Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Gunung Mandiri Internusa,” Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, vol. 1, no. 1, 2022.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.