Implementasi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Animasi 3D Sistem Pencernaan Manusia Berbasis Android

  • Rizkyna Cahyaningrum Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta
  • Ifan Junaedi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta
  • Hidayatul Ichwan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Abstract

Media pembelajaran saat ini masih kurang memanfaatkan teknologi secara efektif. Dengan memanfaatkan teknologi yang baik sebagai media pembelajaran, apalagi dimasa pandemi yang sebagian sekolah melaksanakan pembelajaran secara daring, akan membantu meningkatkan minat belajaar siswa. Augmented Reality (AR) merupakan upaya untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual secara real-time. Sebuah objek nyata yang berfungsi sebagai penanda digunakan untuk penentuan posisi objek virtual yang telah teridentifikasi oleh kamera. Augmented Reality banyak digunakan di berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan Augmented Reality digunakan sebagai media pembelajaran interaktif agar lebih kreatif, menarik dan inovatif.  Teknologi Augmented Reality ini dapat diterapkan dalam sistem pembelajaran sistem pencernaan manusia. Penggunaan teknologi Augmented Reality diharapkan bisa menampilkan objek berupa organ pencernaan manusia secara virtual animasi 3D dalam sebuah buku bertanda khusus sebagai alat peraga. Marker yang dideteksi oleh kamera akan menampilkan objek organ sistem pencernaan manusia pada layar smartphone Android, sehingga pelajar dapat mengamati bagaimana proses pencernaan yang terdapat dalam tubuh manusia secara real-time. Penelitian ini menggunakan Metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dimana terdapat 6 tahapan yaitu Concept (Pengonsepan), Design (Perancangan), Material Collecting (Pengumpulan bahan), Assembly (Tahap Pembuatan), Testing (Tahap Percoaban), dan Distribution (Tahap Evaluasi)

References

[1]Suwarno. (2017, Desember 31). Articles. Diambil kembali dari binus: https://pgsd.binus.ac.id/2017/12/31/media-pem belajaran/#:~:text=1.,disampaikan%20atau%20dipelajari%20oleh%20anak.
[2] Rizqi Mauludin, A. S. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, 117.
[3] Annisa Paramitha F., S. M. (2020). MATERI 4 - Activity Diagram. Bandung: UNIKOM.
[4] Muhammad Jarjis, W. J. (2018). Sholatku : Aplikasi Pengenalan Sholat Sunnah Untuk Anak-anak Berbasis Augmented Reality. eProceedings of Applied Science, 717.
[5] Ngongoloy, B. R. S., Rindengan, Y. D. Y., & Sompie, S. R. U. A. (2018b). Virtual Tour Instansi Pemerintahan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Teknik Informatika, 13(1), 1–6. https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20764
Published
2022-09-26
How to Cite
CAHYANINGRUM, Rizkyna; JUNAEDI, Ifan; ICHWAN, Hidayatul. Implementasi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Animasi 3D Sistem Pencernaan Manusia Berbasis Android. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 337-346, sep. 2022. ISSN 2797-0930. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/JMIJayakarta/article/view/918>. Date accessed: 22 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/jmijayakarta.v2i4.918.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.