Penerapan data mining pembuatan produk baru tinta menggunakan metode algoritma Apriori

  • Laili Zami Saputri Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Sugiyono Sugiyono Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Abstract

PT. DIC Graphics merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang penjualan tinta kemas. Guna meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen, perusahaan tersebut dituntut untuk dapat mengatasi permasalahan yang seringkali muncul diantaranya, kurangnya atau tidak ada (habis) stok persediaan dari jenis tinta yang paling diminati. Hal tersebut dapat disebabkan karena pola perilaku belanja konsumen yang selalu berubah-ubah dan tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, dalam upaya mengatasi permasalahan yang terjadi, penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk memprediksi penjualan tinta pada PT. DIC Graphics dengan menerapkan algoritma apriori sehingga dapat diketahui pola perilaku konsumen dan diharapkan dapat meningkatkan penjualan pada perusahaan tersebut. Adapun untuk data yang digunakan yaitu dengan memanfaatkan data history dari semua transaksi yang pernah terjadi di PT. DIC Graphics. Dari hasil penelitian ini, diperoleh bahwa algoritma apriori dapat membantu mengembangkan strategi pemasaran untuk memasarkan produk lain dengan menganalisa kelebihan dari nilai jual produk yang paling laris terjual.

Author Biographies

Laili Zami Saputri, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Program Studi Teknik Informatika

Sugiyono Sugiyono, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Department of Informatics Engineering

References

[1] Erma Delima Sikumbang, Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori, Vol. 4, No 1, 2018.
[2] Elischa Febrivani, Saifullah, Riki Winanjaya, Penerapan Data Mining Asosiasi Pada Persediaan Obat, Vol 3, No 3, 2021
[3] Nita Syahputri, Penerapan Data Mining Asosiasi pada Pola Transaksi dengan Metode Apriori, Vol 4, No 2, 2020.
[4] Oktavian Nyuwito Hari, Penerapan Data Mining Pada Transaksi Penjualan Produk Herbalife Nutrition Menggunakan Metode Apriori, Vol 2 No 1, 2021.
[5] Golda TM Napitupul, Anggi Oktaviani, Dahlia Sarkawi, Ita Yulianti, Penerapan Data Mining Terhadap Penjualan Pipa Pada CV. Gaskindo Sentosa Menggunakan Metode Algoritma AprioriVol. 1 No.4, 2019
[6] Ariefana Ria Riszky, Mujiono Sadikin, Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan, DOI: 10.14710/jtsiskom.7.3.2019.103-108, 2019
[7] Windania Purba, Penerapan Data Mining Menggunakan Metode Apriori Untuk Menyusun Pola Persediaan Inventaris Barang Pada Biro Sarana Dan Prasarana Universitas Prima Indonesia, Vol. 3 No.2, 2019
[8] Natalia Silalahi, Penerapan Data Mining Dalam Prediksi Penjualan Prabot Rumah Tangga Menggunakan Metode Apriori Pada Toko Hasanah Mart, Vol. 2 No.1, 2020
[9] Elischa Febrivani, Saifullah, Riki Winanjaya, Penerapan Data Mining Asosiasi Pada Persediaan Obat, Vol. 3 No.3, 2021
[10] Rintho Rante Rerung, Penerapan Data Mining dengan Memanfaatkan Metode Association Rule untuk Promosi Produk, Vol. 3 No.1, 2018
[11] Muhammad Syahril, Kamil Erwansyah, Milfa Yetri, Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Apriori, Vol. 3 No.1, 2020
[12] Bella Audi Najib, Nining Suryani, Penerapan Data Mining Terhadap Data Penjualan Lapis Bogor Sangkuriang Dengan Metode Algoritma Apriori, Vol. 6 No. 1, 2020
[13] Robby Takdirillah, Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Terhadap Data Transaksi Sebagai Pendukung Informasi Strategi Penjualan, Vol. 4 No. 1, 2020
[14] Dini Silvi Purnia, Ai Ilah Warnilah, Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori, Vol. 2 No. 2, 2017
[15] Ahmad Rifqy Alfiyan, Ahmad Hafidzul Kahfi, Mochammad Rizky Kusumayudha, Muhammad Rezki, Analisis Market Basket Dengan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Di Freshfood, Vol 4 No. 1, 2019
Published
2021-09-04
How to Cite
SAPUTRI, Laili Zami; SUGIYONO, Sugiyono. Penerapan data mining pembuatan produk baru tinta menggunakan metode algoritma Apriori. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, [S.l.], v. 1, n. 4, p. 320-335, sep. 2021. ISSN 2797-0930. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/JMIJayakarta/article/view/567>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/jmijayakarta.v1i4.567.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.