PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI ”ON STUDY” UNTUK PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL
Abstract
Efisiensi dalam pembelajaran digital merupakan kebutuhan utama di era modern, khususnya di dunia pendidikan. Namun, dalam pelaksanaannya banyak institusi menghadapi tantangan berupa proses absensi yang tidak efisien, pengumpulan tugas yang tidak terorganisir, dan evaluasi pembelajaran yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut melalui pengembangan aplikasi ”On Study”, sebuah platform digital yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan aktivitas pembelajaran. Pendekatan penelitian dengan metode design thinking. meliputi analisa emphatize, define, ideate, prototype, testing. Hasil menunjukkan bahwa rancangan UI/UX aplikasi ini memiliki skor 88 dengan uji System Usability Scale (SUS), sehingga dapat ditunjukkan bahwa hasilnya akan meningkatkan keterlibatan komunikasi antara pengajar dan pelajar, mempercepat proses absensi, dan memberikan kemudahan dalam pengelolaan tugas serta evaluasi pembelajaran. Aplikasi “On Study” diharapkan menjadi solusi inovatif yang membantu institusi pendidikan mengadopsi teknologi digital dengan lebih efektif.
References
[2] R. Auliazmi, G. Rudiyanto, and R. Drajatno Widi Utomo, “KAJIAN ESTETIKA VISUAL INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI RUANGGURU AESTHETIC STUDIES OF VISUAL INTERFACE AND USER EXPERIENCE OF THE RUANGGURU APPLICATION,” 2021.
[3] M. Orisa, M. Al Biruni, and K. Auliasari, “UI/UX Design Aplikasi Belajar Online (SIKI) Menggunakan Metode Design Thingking”.
[4] M. T. Azis and M. Jajuli, “UI/UX Design Web-Based Online Course as a Place for Hard Skill Improvement,” 2022.
[5] M. F. Widiyantoro, N. Heryana, A. Voutama, and N. Sulistiyowati, “INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Perancangan UI / UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking,” vol. 7, no. 1, pp. 1–10.
[6] M. Rismawati, T. Mardiana, and A. Suryawan, “ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 BAGI GURU KELAS RENDAH DI SDN GELANGAN 6 KOTA MAGELANG,” Khazanah Pendidikan, vol. 16, no. 2, p. 40, Sep. 2022, doi: 10.30595/jkp.v16i2.13373.
[7] Y. Suharya and E. Reygina, “PERANCANGAN APLIKASI REKAP PENGUMPULAN TUGAS SISWA/I BERBASIS WEB DI SMA BPPI BALEENDAH.”
[8] A. Aristawidyaningrum, A. Elanda, and R. Gunawan, “Penerapan Teknologi Artificial Intelligence (AI) pada Era Gen-Z”.
[9] A. Evifania Agnestisia et al., “Perancangan UI/UX pada website Arttrash menggunakan metode Design Thinking,” AITI: Jurnal Teknologi Informasi, vol. 21, no. Maret, pp. 14–28, 2024.
[10] A. P. M. Adoe and M. B. Muvid, “Desain UI/UX Aplikasi Pendaftaran Pasien Rumah Sakit Berbasis Website Dengan Metode Design Thinking,” SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, vol. 9, no. 2, pp. 125–133, Dec. 2023, doi: 10.33372/stn.v9i2.1031.
[11] R. N. Fauziyah, D. Yusup, and Siska, “PERANCANGAN UI/UX FITUR MENTOR ON DEMAND MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA WEBSITE SKILVUL,” INFOTECH journal, vol. 9, no. 2, pp. 331–338, Jul. 2023, doi: 10.31949/infotech.v9i2.5928.
[12] N. N. Arisa, M. Fahri, M. I. A. Putera, and M. G. L. Putra, “Perancangan Prototipe UI/UX Website CROWDE Menggunakan Metode Design Thinking,” Teknika, vol. 12, no. 1, pp. 18–26, Feb. 2023, doi: 10.34148/teknika.v12i1.549.
[13] I. Adhiya Adha et al., “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI OGAN LOPIAN DISKOMINFO PURWAKARTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, vol. 7, no. 1, 2023.
[14] M. F. Nadillah et al., “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI DAUR ULANG SAMPAH BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” 2024.
[15] Ratna Nur Fadilah and Dhian Sweetania, “PERANCANGAN DESIGN PROTOTYPE UI/UX APLIKASI RESERVASI RESTORAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Ilmiah Teknik, vol. 2, no. 2, pp. 132–146, May 2023, doi: 10.56127/juit.v2i2.826.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.