PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN:SYSTEMATIC REVIEW
Abstract
Sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) berperan penting dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas administrasi Kepegawaian. Jika diterapkan secara optimal, SIMPEG diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan administrasi personalia di berbagai organisasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak penerapan SIMPEG terhadap kualitas layanan administrasi pegawai. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan tinjauan sistematis dari berbagai literatur relevan yang bersumber dari basis data terindeks yaitu Google Scholar dan Pudmed. Kriteria inklusi difokuskan pada penelitian yang mengeksplorasi pengaruh Sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) terhadap kualitas layanan administrasi kepegawaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SIMPEG secara signifikan meningkatkan kualitas layanan administrasi kepegawaian meliputi efisiensi proses administrasi, akurasi data kepegawaian, kemudahan akses dan transparansi dan pengambilan keputusan yang lebih baik. Kesimpulan: SIMPEG berdampak positif terhadap kualitas layanan administrasi kepegawaian dengan meningkatkan efisiensi, akurasi, dan pengambilan keputusan lebih baik, namun keberhasilan implementasi sistem ini sangat bergantung pada kesiapan teknologi, pelatihan pegawai, dan dukungan manajemen.
References
[2] S. Suharno, M. S. H. Elmas, dan S. Priantono, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja,” J. Ilm. Ecobuss, vol. 8, no. 2, hal. 60–67, 2020, doi: 10.51747/ecobuss.v8i2.611.
[3] Sumiati, “Manajemen Kepegawaian dan Tantangan Administrasi di Era Digital,” Univ. Pas. Press., 2022.
[4] K. Laura et al., “Dampak Perkembangan Teknologi Terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia,” Gudang J. Multidisiplin Ilmu, vol. 2, no. 2, hal. 31–34, 2024, [Daring]. Tersedia pada: https://gudangjurnal.com/index.php/gjmi%0AE-ISSN.
[5] A. N. A. Nasmin, M. Damopolii, dan M. Hasan, “Penerapan Sistem Informasi Kepegawaian Dinas Pendidikan (Simpegdik) Di Sman 4 Takalar,” Educ. Leadersh. J. Manaj. Pendidik., vol. 3, no. 2, hal. 187–202, 2024, doi: 10.24252/edu.v3i2.43632.
[6] I. Nirwana, S. Roza, dan R. Maiyastria, “Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Dengan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian ( Simpeg ),” vol. 5, no. 2, hal. 681–688, 2024.
[7] D. Suslistyorini, E. Masengi, dan M. Mandagi, “Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Daerah Kota Bitung,” vol. I, no. I, 2023.
[8] S. Ariyanto dan U. M. Makassar, “The Impact of the Personnel Management Information System SIMPEG on the Productivity of State Civil Servants in Sleman Regency,” J. Soc. Civilecial, vol. 1, no. 2, hal. 113–121, 2023.
[9] M. Deni, A. Tulip, I. Suroso, dan A. Bangsawan, “Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Terhadap Kinerja Pegawai di Sekretariat DPRD Kabupaten Ogan Ilir,” J. EKOBIS Kaji. Ekon. dan Bisnis, vol. Vol. III, no. 2, hal. 27–36, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://ekobis.unisti.ac.id/index.php/ejurnal/article/view/57.
[10] Setiawan, “Analisis Pengaruh SIMPEG Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi,” J. Manaj. Sumber Daya Mns., vol. 4, no. 3, hal. 78–89, 2018.
[11] L. Kenneth dan L. Jane, Management information systems: managing the digital firm, vol. 7, no. 1. 2016.
[12] Ahmad Fauzi Sarumpaet dan Rayyan Firdaus, “Implementasi Sistem Informasi Manajemen pada Lembaga Pendidikan atau Sosial Formal,” Merkurius J. Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 4, hal. 194–207, 2024, doi: 10.61132/merkurius.v2i4.163.
[13] Y. Yuzerizal, Edward Edward, dan Sigit Indrawijaya, “Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Tenaga Kependidikan (Simpatik), Pengetahuan Prosedural Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Di Sma, Smk Kabupaten Kerinci Dan Kota Sungai Penuh Dinas Pendidikan Provinsi Jambi,” J. Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 2, hal. 1152–1164, 2022, doi: 10.38035/jmpis.v3i2.1368.
[14] Susanto, “Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 6, no. 1, hal. 15–25, 2020.
[15] S. Waldi, P. Andini, R. Ilahi, dan Y. Hanoselina, “Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Kepegawaian Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi di Sektor Publik,” no. 4, 2024.
[16] I. Sumiati dan I. Listiany, “Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian Pada Dinas Penataan Ruang Kota Bandung,” vol. Jurnal Uni, 2023.
[17] S. Komalasari, I. Hanafi, dan E. Setyowati, “Aplikasi Program Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG)(Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang),” Jap), vol. 2, no. 4, hal. 613–619, 2014.
[18] A. Zulfina, A. Rahim Matondang, B. Karina, F. Sembiring, dan A. Al Zulfina, “The Effects of Employee Management Information System (SIMPEG), Workplace Environment and Human Resources Quality on Performance through Employee Motivation to Digital System,” Int. J. Res. Rev., vol. 7, no. 7, hal. 7, 2020.
[19] Fadli Agus Triansyah, S. Yuliyanti, I. Rohmawati, M. A. El, AMIPR, dan Faizal, Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen. Batam: CV Rey Media Grafika, 2024.
[20] Rusdiana, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, 1 ed. Bandung, 2018.
[21] Yansahrita, Kasmi, Fauzi, dan R. Irviani, Konsep dan Teori Manajeman & Strategi Digital Marketing. Jawa Barat: CV Adanu Abimata, 2023.
[22] R. Wulandari dan E. Handrian, “Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian ( SIMPEG ) Di Badan Kepegawaian Dan Pengembangan,” vol. 1, no. 2, hal. 1271–1289, 2024.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.