ANALISIS PENERIMAAN APLIKASI RAPORT DIGITAL MADRASAH MENGGUNAKAN ACCEPTANCE MODEL DI MAN 1 CIANJUR

  • Ahmad Lutfiandi Putra Universitas Bina Sarana Informatika, Sukabumi, Jawa Barat
  • Moch. Taman Abdul Rozaq Universitas Bina Sarana Informatika, Sukabumi, Jawa Barat
  • Gilang Putera Rachmada Universitas Bina Sarana Informatika, Sukabumi, Jawa Barat
  • Agung Wibowo Universitas Bina Sarana Informatika, Sukabumi, Jawa Barat

Abstract

Raport digital madrasah (RDM) adalah sebuah sistem yang menggantikan format tradisional kertas dan pena dalam pelaporan perkembangan akademik siswa di madrasah. Sistem ini memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menyajikan data secara digital, yang memudahkan pengaksesan, analisis, dan pelaporan hasil belajar siswa. Guru tidak lagi harus menghabiskan waktu berlebihan dalam menghitung nilai secara manual dan dapat fokus pada kegiatan belajar mengajar yang lebih bermakna. Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. MAN 1 Cianjur adalah salah satu instansi pendidikan yang menerapkan aplikasi RDM dalam pengelolaan nilai hasil belajar siswa. Pengujian tingkat penerimaan aplikasi Raport Digital Madrasah (RDM) pada penerapan sistem informasi di MAN 1 CIANJUR harus dilakukan untuk untuk mengetahui serta mengevaluasi tingkat penerimaan juga sejauh mana sistem aplikasi Raport Digital Madrasah (RDM) ini dapat diterima oleh pengguna, lalu apa saja yang mempengaruhi penerimaan mereka terhadap aplikasi tersebut. Pengukuran kelayakan sistem informasi dapat dilakukan berdasarkan efisiensi, efektivitas, dan kepuasan dengan menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model). Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa tingkat penerimaan aplikasi berdasarkan persepsi variabel kemudahan (PEU), variabel kebermanfaatan (PU), dan variabel sikap terhadap penggunaan (ATU) diatas 80%. Nilai persentase setuju pada variabel kebiasaan (BITU) untuk membiasakan penggunaan aplikasi RDM sebesar 79%, dan nilai persentase setuju pada variabel penggunaan nyata (AU) sistem RDM dalam pengelolaan nilai siswa sebesar 81%. Hal ini berarti tingkat penerimaan aplikasi ini di MAN 1 CIANJUR cukup baik dengan persentase yang cukup tinggi, persentase ini dapat digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan persentase penerimaan aplikasi Raport Digital Madrasah.

Author Biographies

Ahmad Lutfiandi Putra, Universitas Bina Sarana Informatika, Sukabumi, Jawa Barat

Program Studi Sistem Informasi

Moch. Taman Abdul Rozaq, Universitas Bina Sarana Informatika, Sukabumi, Jawa Barat

Program Studi Sistem Informasi

Gilang Putera Rachmada, Universitas Bina Sarana Informatika, Sukabumi, Jawa Barat

Program Studi Sistem Informasi

Agung Wibowo, Universitas Bina Sarana Informatika, Sukabumi, Jawa Barat

Program Studi Sistem Informasi

References

[1] S. ADI, “PENERAPAN METODE TAM UNTUK MENGUKUR PENERIMAAN APLIKASI SISTEM INFORMASI KEARSIPAN DINAMIS TERINTEGRASI DI DINAS KERARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KOTA JAMBI,” Sistem Informasi, 2024.
[2] M. A. Nurdin and A. H. Musthofa, “Aplikasi Rapor Digital Madrasah Dalam Penilaian Hasil Belajar Siswa,” EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, vol. 2, no. 1, pp. 67–78, 2020.
[3] I. Ibrahim, R. Rahwani, and K. Badaruddin, “Pengaruh penggunaan aplikasi Raport Digital terhadap kinerja guru,” Pedagogika, pp. 1–15, 2022.
[4] I. Abinnashih and A. Budiyono, “Analisis Penggunaan Aplikasi Pengolah Nilai Raport Dalam Meningkatan Kemampuan Teknologi Guru Di PKPPS Al Hidayah Karangsuci,” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 4, no. 3, pp. 247–253, 2023.
[5] M. Taufiq, N. Mahendra, and H. A. Zavanca, “IMPLEMENTASI RAPOT DIGITAL MADRASAH PADA KELOMPOK KERJA MADRASAH KECAMATAN GIRI,” SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 7, pp. 741–747, 2023.
[6] R. D. R. Dako, I. Z. Radjak, I. Wiranto, A. Y. Dako, and I. Z. Nasibu, “Evaluasi Penerimaan Sistem Informasi ft. ung. ac. id dengan Pendekatan Metode TAM,” Jambura Journal of Electrical and Electronics Engineering, vol. 6, no. 1, pp. 108–114, 2024.
[7] M. F. Antula, M. H. Koniyo, and M. Polin, “Evaluasi Tingkat Penerimaan Sistem Informasi E-Learning Menggunakan Metode TAM (Technology Acceptance Model) Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo,” Diffusion: Journal of Systems and Information Technology, vol. 4, no. 1, pp. 65–73, 2024.
[8] A. Mulyanto, S. Sumarsono, T. F. Niyartama, and A. K. Syaka, “Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Pengujian Model Penerimaan Aplikasi MasjidLink,” Semesta Teknika, vol. 23, no. 1, pp. 27–38, 2020.
[9] N. R. Nurfazira, N. G. D. Kagatanaribe, P. D. Perdana, and B. Mardikawati, “Keselamatan Merupakan Pilihan Utama Hasil Kuesioner Kualitas Layanan Bus Antar Kota Terminal Mandalika pada Provinsi Lombok,” in Berkala Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi, 2024, pp. 325–333.
[10] A. Meivera, N. Dewi, and C. E. Puspitasari, “Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Penggunaan dan Penyimpanan Antibiotika di Kecamatan Ampenan,” Journal Archives Pharmacia, vol. 4, no. 1, pp. 9–10, 2022.
[11] I. Sutisna, “Statistika penelitian,” Universitas Negeri Gorontalo, vol. 1, no. 1, pp. 1–15, 2020.
[12] A. S. Mejaya, D. Fanani, and M. K. Mawardi, “Pengaruh produksi, harga internasional, dan nilai tukar terhadap volume ekspor (studi pada ekspor global teh indonesia periode tahun 2010-2013),” Brawijaya University, 2016.
Published
2025-02-10
How to Cite
PUTRA, Ahmad Lutfiandi et al. ANALISIS PENERIMAAN APLIKASI RAPORT DIGITAL MADRASAH MENGGUNAKAN ACCEPTANCE MODEL DI MAN 1 CIANJUR. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 12-22, feb. 2025. ISSN 2797-0930. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/JMIJayakarta/article/view/1737>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.52362/jmijayakarta.v5i1.1737.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.