PEMBUATAN APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY UNTUK VISUALISASI RUMAH ADAT BERBASIS UNITY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile berbasis Augmented Reality (AR) menggunakan Unity dan AR Foundation yang bertujuan memvisualisasikan rumah adat Indonesia secara interaktif dan menarik. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai nilai historis dan arsitektural rumah adat, serta menumbuhkan minat generasi muda terhadap warisan budaya lokal. Aplikasi ini dirancang agar dapat berfungsi tanpa koneksi jaringan, memanfaatkan package tools terbaru yang disediakan oleh Unity. Metode penelitian yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang mencakup tahapan konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan mampu menampilkan rumah adat dalam bentuk 3D secara akurat dan dapat diakses dengan mudah oleh pengguna. Evaluasi pengguna menunjukkan respons positif terhadap penggunaan aplikasi ini dalam meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap rumah adat Indonesia.
References
[2] H. F. Haikal and J. Aryanto, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Aplikasi Belajar Mengenal Rumah Adat Di Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 3, pp. 1332–1340, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i3.1381.
[3] M. R. Tanjung and D. Irfan, “Rancang Bangun Aplikasi Android Pengenalan dan Perakitan Perangkat Personal Komputer Berbasis Augmented Reality,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 2724–2735, 2022, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2980/2796.
[4] Mufti, M. Lutfhi Hamzah, E. Saputra, T. Khairil Ahsyar, and S. Syaifullah, “Perancangan Aplikasi Rumah Adat Indonesia Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 2, pp. 401–409, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i2.2749.
[5] Dr. Zulfiani S.Si. M.Pd. and Iwan Permana Suwarna M.Pd., Science Education Adaptive Learning System (ScEd ALS) Sebagai Media Pembelajaran Sains Berbasis Android. Deepublish, 2022.
[6] Khairunnisa et al., MULTIMEDIA : Teori dan Aplikasi dalam Dunia Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
[7] F. Khairunnisa Gucchaniwangi et al., “Identitas Budaya Banten Dalam Rumah Adat,” ARIMA
J. Sos. Dan Hum., vol. 1, no. 2, pp. 307–313, 2023, [Online]. Available: https://jurnalistiqomah.org/index.php/arima/article/view/558.
[8] M. Sekarpandan, H. E. Wardani, and C. P. Setyani, “Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat Baduy di Kabupaten Lebak Banten,” Eksplor. Etnomatematika pada Rumah Adat Baduy di Kabupaten Lebak Banten, vol. 5, pp. 282–289, 2022, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54170%0Ahttps://journal.unnes.a c.id/sju/index.php/prisma/article/download/54170/21025.
[9] F. Damayanti and D. Ningrum, “Kearifan Lokal dalam Bangunan Tradisional di Jawa Barat sebagai Penerapan Konsep Arsitektur Berkelanjutan,” Pros. Semin. Nas. Teknol. Ind. Lingkung. dan Infrastruktur, vol. 2, pp. 1–9, 2019, [Online]. Available: https://pro.unitri.ac.id/index.php/sentikuin/article/download/97/79.
[10] N. Nuryanto, “FUNGSI, BENTUK, DAN MAKNA ATAP IMAH PANGGUNG SUNDA
(Studi Perbandingan Atap Rumah di Kasepuhan Ciptagelar, Naga, dan Pulo),” J. Arsit. Zo., vol. 4, no. 1, pp. 92–104, 2021, doi: 10.17509/jaz.v4i1.27718.
[11] R. A. Rasyidi and C. B. Amiuza, “Semiotika Arsistektur Rumah Adat Kudus Joglo Pencu,” J. Mhs. Jur. Arsit., vol. 5 No. 3, pp. 1–8, 2017, [Online]. Available: http://arsitektur.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jma/article/view/375.
[12] A. Widyakusuma and R. Arief, “Kajian nilai budaya tradisi pada arsitektur bangunan adat Jawa Bangsal Kencono Keraton Yogyakarta,” J. Trave, vol. XXVII, no. 1, pp. 1–11, 2023.
[13] L. Sholihah, N. Bekti Haryo Putri, and R. Dina Handayani, “Analisis Konsep Momen Gaya, Momen Inersia, dan Keseimbangan Benda Tegar pada Rumah Adat Osing Banyuwangi,” J. Inov. Pendidik. Sains dan Terap. (INTERN ), vol. 2, no. 2, pp. 76–84, 2023, doi: 10.58466/intern.v2i2.1192.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.