PEMBUATAN APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY UNTUK VISUALISASI RUMAH ADAT BERBASIS UNITY

  • Muhammad Faizal Nazarudin Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta
  • Dimas Prasetyo Tegar Asmoro Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta
  • Anton Zulkarnain Sianipar Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile berbasis Augmented Reality (AR) menggunakan Unity dan AR Foundation yang bertujuan memvisualisasikan rumah adat Indonesia secara interaktif dan menarik. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai nilai historis dan arsitektural rumah adat, serta menumbuhkan minat generasi muda terhadap warisan budaya lokal. Aplikasi ini dirancang agar dapat berfungsi tanpa koneksi jaringan, memanfaatkan package tools terbaru yang disediakan oleh Unity. Metode penelitian yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang mencakup tahapan konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan mampu menampilkan rumah adat dalam bentuk 3D secara akurat dan dapat diakses dengan mudah oleh pengguna. Evaluasi pengguna menunjukkan respons positif terhadap penggunaan aplikasi ini dalam meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap rumah adat Indonesia.

Author Biographies

Muhammad Faizal Nazarudin, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Program Studi Teknik Informatika

Dimas Prasetyo Tegar Asmoro, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Program Studi Sistem Informasi

Anton Zulkarnain Sianipar, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Program Studi Teknik Informatika

References

[1] V. A. Bramasta and A. Suhendar, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Aplikasi Mobile Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Senjata Tradisional Jawa dengan Metode Pengembangan RAD,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 3, pp. 1424– 1436, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i3.1345.

[2] H. F. Haikal and J. Aryanto, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Aplikasi Belajar Mengenal Rumah Adat Di Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 3, pp. 1332–1340, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i3.1381.

[3] M. R. Tanjung and D. Irfan, “Rancang Bangun Aplikasi Android Pengenalan dan Perakitan Perangkat Personal Komputer Berbasis Augmented Reality,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 2724–2735, 2022, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2980/2796.

[4] Mufti, M. Lutfhi Hamzah, E. Saputra, T. Khairil Ahsyar, and S. Syaifullah, “Perancangan Aplikasi Rumah Adat Indonesia Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 2, pp. 401–409, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i2.2749.

[5] Dr. Zulfiani S.Si. M.Pd. and Iwan Permana Suwarna M.Pd., Science Education Adaptive Learning System (ScEd ALS) Sebagai Media Pembelajaran Sains Berbasis Android. Deepublish, 2022.

[6] Khairunnisa et al., MULTIMEDIA : Teori dan Aplikasi dalam Dunia Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

[7] F. Khairunnisa Gucchaniwangi et al., “Identitas Budaya Banten Dalam Rumah Adat,” ARIMA
J. Sos. Dan Hum., vol. 1, no. 2, pp. 307–313, 2023, [Online]. Available: https://jurnalistiqomah.org/index.php/arima/article/view/558.

[8] M. Sekarpandan, H. E. Wardani, and C. P. Setyani, “Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat Baduy di Kabupaten Lebak Banten,” Eksplor. Etnomatematika pada Rumah Adat Baduy di Kabupaten Lebak Banten, vol. 5, pp. 282–289, 2022, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54170%0Ahttps://journal.unnes.a c.id/sju/index.php/prisma/article/download/54170/21025.

[9] F. Damayanti and D. Ningrum, “Kearifan Lokal dalam Bangunan Tradisional di Jawa Barat sebagai Penerapan Konsep Arsitektur Berkelanjutan,” Pros. Semin. Nas. Teknol. Ind. Lingkung. dan Infrastruktur, vol. 2, pp. 1–9, 2019, [Online]. Available: https://pro.unitri.ac.id/index.php/sentikuin/article/download/97/79.

[10] N. Nuryanto, “FUNGSI, BENTUK, DAN MAKNA ATAP IMAH PANGGUNG SUNDA
(Studi Perbandingan Atap Rumah di Kasepuhan Ciptagelar, Naga, dan Pulo),” J. Arsit. Zo., vol. 4, no. 1, pp. 92–104, 2021, doi: 10.17509/jaz.v4i1.27718.

[11] R. A. Rasyidi and C. B. Amiuza, “Semiotika Arsistektur Rumah Adat Kudus Joglo Pencu,” J. Mhs. Jur. Arsit., vol. 5 No. 3, pp. 1–8, 2017, [Online]. Available: http://arsitektur.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jma/article/view/375.
[12] A. Widyakusuma and R. Arief, “Kajian nilai budaya tradisi pada arsitektur bangunan adat Jawa Bangsal Kencono Keraton Yogyakarta,” J. Trave, vol. XXVII, no. 1, pp. 1–11, 2023.

[13] L. Sholihah, N. Bekti Haryo Putri, and R. Dina Handayani, “Analisis Konsep Momen Gaya, Momen Inersia, dan Keseimbangan Benda Tegar pada Rumah Adat Osing Banyuwangi,” J. Inov. Pendidik. Sains dan Terap. (INTERN ), vol. 2, no. 2, pp. 76–84, 2023, doi: 10.58466/intern.v2i2.1192.
Published
2024-09-30
How to Cite
NAZARUDIN, Muhammad Faizal; ASMORO, Dimas Prasetyo Tegar; SIANIPAR, Anton Zulkarnain. PEMBUATAN APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY UNTUK VISUALISASI RUMAH ADAT BERBASIS UNITY. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 315-342, sep. 2024. ISSN 2797-0930. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/JMIJayakarta/article/view/1615>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.52362/jmijayakarta.v4i4.1615.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.