EVALUASI DAN REDESAIN MENGGUNAKAN METODE AB TESTING PADA APLIKASI MAXIM

  • Hanif Rahmat Hakim Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
  • Teduh Dirgahayu Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini berfokus pada evaluasi dan perancangan ulang aplikasi maxim dengan menggunkan metode A/B Testing untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Aplikasi Maxim, penyedia layanan transportasi berbasis aplikasi mengalami pertumbuhan pesat namun meghadapai beberapa masalah terkait dengan kualitas layanan dan fitur aplikasi yang dinilai kurang optimal oleh pengguna. penelitian ini bertujuan mengidentifikasi permasalahan utama pada aplikasi Maxim melalui analisis ulasan pengguna dan mengembangkan solusi desain yang dapat meningkatkan kepuasan serta loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan adalah A/B Tesitng, yang melibatkan perbandiangan dua versi aplikai untuk mengukur efektivitas perbaikan desain. proses penelitian meliputi identifikasi masalah melalui ulasan pengguna, wawancara, dan pengujian kegunaan dengan pendekatan system (SUS). Hasil penelitian menunjukan bahwa perbaikan yang dilakukan pada versi baru aplikasi, seperti peningkatan tampilan antarmuka dan perbaikan sistem pemesanan, dapat meningkatkan kepuasan pengguna secara signifikan. dengan adanya perbaikan ini, diharapkan aplikasi maxim dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan meningkatkan loyalitas pelanggan. 

Author Biographies

Hanif Rahmat Hakim, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

Informatika

Teduh Dirgahayu, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

Informatika

References

[1] M. R. Ginanjar, A. Prehanto dan R. G. Guntara, “Evaluasi dan Rekomendasi Usability Pada Fitur
Pemesanan Bike di,” Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 1, no. 7, pp. 163 - 171, 2023.
[2] M. Amir dan A. Rahman , “ANALISIS DAMPAK TRANSPORTASI ONLINE TERHADAP
TRANSPORTASI KONVENSIONAL (BENTOR) DI KOTA MAKASSAR,” JURNAL MIRAI MANAGEMENT,
vol. 5, no. 1, p. 17, 2020.
[3] “Lima Tahun Hadir di Indonesia, Maxim Gelar Acara 5th Anniversary Sekaligus Peresmian
Gedung Baru,” taximaxim, 15 juni 2023. [Online]. Available: https://taximaxim.tj/hy/109-
petropavlovsk/blog/2023/06/2157-lima-tahun-hadir-di-indonesia-maxim-gelar-acara-5thanniversary-sekaligus-peresmian-gedung-baru/. [Diakses 15 maret 2024].
[4] N. dan F. Sihaloho, “Perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX),” Indonesian
Journal on Software Engineering (IJSE) , vol. 9, no. 1, pp. 33-38, 2022.
[5] I. K. S. Wijaya dan C. r. A. Pramartha, “IMPLEMENTASI A/B TESTING SEBAGAI PENINGKATAN
PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI MASTERFISH DIUKUR DENGAN CONVERSION RATE,”
Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana, vol. 12, no. 1, p. 6, 2023.
[6] A. A.-Z. Ibrahim dan I. Lestari, “Perancangan UI/UX Pada Website Rumah Tahfidz Akhwat
Menggunakan Metode Design Thinking,” TEKNIKA, vol. 12, no. 2, p. 10, 2023.
[7] A. Sapitri, M. W. Saputra, M. A. Putri dan Y. Efendi, “Redesign Aplikasi M-Banking Metode Lean
UX Dengan,” SATIN – Sains dan Teknologi Informasi, vol. 9, no. 2, pp. 112-124, 2023.
[8] D. Ariska dan S. Nurlela, “Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada,” Infortech , vol. 4, no.
2, pp. 86-91, 2022.
[9] F. C. Wardana dan I. G. L. P. Eka Prismana, “Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode
Design,” Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, vol. 3, no. 4, p. 12,
2022.
[10] D. S. Mubiarto, R. R. Isnanto dan I. P. Windasari, “Perancangan User Interface dan User
Experience (UI/UX) pada Aplikasi “BCA Mobile” Menggunakan Metode User Centered Design
(UCD),” Jurnal Teknik Komputer, vol. 1, no. 4, p. 8, 2023.
[11] R. E. Prasetyo, T. Amelia dan J. Lemantara, “Analisis dan Desain User Interface dan User
Experience dengan Pendekatan User Persona Berbasis Design,” Universitas Dinamika, p. 12,
2022.
[12] A. M. Muhyidin, M. A. Sulhan dan A. Sevtiana, “Perancangan UI/UX Aplikasi My CIC Layanan
Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Figma,” JURNAL DIGITAL, vol. 10, no. 2, p. 12,
2020.
[13] N. Shifa, “Evaluasi User Interface (UI) dan User Experience (UX) Menggunakan User Centered
Design (UCD) (Studi Kasus: Aplikasi Kanggo),” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Jakarta, p. 121, 2022.
[14] D. Subagja, R. Hartono dan R. , “Evaluasi UI/UX Pada Sistem Informasi Pendaftaran TNI-AD
Menggunakan System Usability (SUS) dan Design Thinking,” Jurnal Teknologi informasi , vol. 7,
no. 1, p. 9, 2023.
[15] P. B. Deacon, UX And UI Strategy - A Step by Guide on UX dan UI Design, New York:
Independently Published, 2020.
[16] E. D. Kartiningrum, “Panduan Penyusunan Studi Literatur,” Lembaga Penelitian dan Pengabdian
Masyarakat Politeknik kesehatan Majapahit Mojokerto, p. 9, 2015.
[17] A. R. Hidayatullah dan W. A. Kusuma, “Penggunaan User Persona Untuk Evaluasi Pengalaman
Pengguna LMS dan Mengidentifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak,” Jurnal Syntax Admiration,
vol. 2, no. 9, p. 14, 2021.
[18] E. Kurniasari, S. R. Safitri dan M. , “Perancangan User Persona dan Customer Journey Map
Sebagai Representasi Pengguna Sistem Repository Perpustakaan Universitas Lampung,” Journal
Of Documentation and Information Science, vol. 5, no. 1, p. 10, 2021.
[19] M. S. Firdiansyah, “Manajemen Pengelolaan Wahana Rekreasi Olahraga di Wisata Water Blaster
Semarang Tahun 2013,” Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, vol. 13,
no. 1, p. 8, 2024.
[20] I. Suryani, H. Bakiyah dan M. Isnaeni, “Strategi Public Relations Pt Honda Megatama Kapuk
Dalam Customer Relations,” Ejournal, vol. 9, no. 9, p. 9, 2018.
[21] M. A. Sari dan K. D. Tania, “Evaluasi Usability Pada Knowledge Management System (KMS)
Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) (PT. Telekomunikasi Indonesia Witel
Sumatera Selatan),” Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi , vol. 3, no. 3, p. 13, 2022.
[22] H. A. Risky, D. Irmayanti dan M. H. Totohendarto, “Redesign UI/UX Aplikasi Mobile My
Pertamina Menggunakan Metode User Centered Design (UCD),” Jurnal Mahasiswa Teknik
Informatika, vol. 7, no. 3, p. 7, 2023.
Published
2024-07-04
How to Cite
HAKIM, Hanif Rahmat; DIRGAHAYU, Teduh. EVALUASI DAN REDESAIN MENGGUNAKAN METODE AB TESTING PADA APLIKASI MAXIM. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 266-276, july 2024. ISSN 2797-0930. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/JMIJayakarta/article/view/1529>. Date accessed: 02 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/jmijayakarta.v4i3.1529.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.