RANCANG BANGUN SISTEM PENJUALAN ALAT POTONG RAMBUT BERBASIS WEB DENGAN METODE SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE (SDLC)
Abstract
E- commerce merupakan bagian bisnis yang berhubungan dengan kegiatan jual- beli barang/ jasa lewat internet dan E-Commerce merupakan salah satu strategi sebuah perusahaan dagang untuk menaikkan penjualan di era digital saat ini. Pemasaran dan transaksi online sudah menjadi hal biasa dalam dunia jual beli. BarberSupply merupakan toko yang menjual alat potong rambut dari beberapa brand terkenal seperti wahl, kemei, dan philips. Website BarberSupply ini dibagi menjadi dua bagian yaitu user dan admin. User dapat melihat produk – produk yang dijual pada BarberSupply dan bisa melakukan pemesanan pada website. Admin sendiri dapat melakukan penambahan kategori dan produk. Metode yang digunakan dalam penyusunan penulisan ini adalah SDLC (System Development Life Cycle) tahap perencanaan, tahap analisis, tahap perancangan, tahap implementasi dan tahap uji coba. Proses pembuatan website dirancang dengan menggunakan framework CSS yaitu Bootstrap untuk desain tampilan website, serta bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database MySQL. Uji coba pada website BarberSupply ini menggunakan sistem blackbox yaitu pencarian error pada halaman website. Website dapat berjalan dengan baik, setiap halaman pada halaman user dan admin tidak terdapat error sehingga dapat mempermudah proses pemesanan dan penjualan, serta memperluas pemasaran atau promosi toko online BarberSupply. Berikut adalah linknya barbersupply.epizy.com.
References
[2] R. Herdianto dan L. Kurniawati, “Usaha Pengembangan The Cut Room Barbershop Melalui Penilaian Konsumen,” PARTA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, hal. 94–98, 2022.
[3] S. Robo, M. R. Widiyantoro, Adi Putra Mika Surya Negara, dan Trisno, “Sistem Informasi Pelayanan Barberhome Berbasis Website Barbershop D’Goenting,” JSAI J. Sci. Appl. Informatics, vol. 5, no. 2, hal. 137–148, 2022.
[4] M. N. reza A dan Dedi Haryanto, “Barbershop trend information system,” Int. J. Cist., vol. 1, no. 2, hal. 58–62, 2022.
[5] Solikhatun, Sudargo, dan I. Menarianti, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS E_COMMERCE PADA TOKO ZAHRA COLLECT,” J. SITECH, vol. 4, no. 2, hal. 112–118, 2021.
[6] Z. Z. Indah Purnama Sari, Abdillah Syahputra, Naufal Zaky, Royhan Umri Sibuea, “Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan dan Layanan Jasa Laundry Sepatu Berbasis Website,” Blend Sains J. Tek., vol. 1, no. 1, hal. 31–37, 2022.
[7] C. B. S. Muhammad Syifa’ul Aqhyar1 Dwi Nor Amadi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan OnlinePada StoreMiniatur Magetan Dengan Whatsapp GatewayBerbasis Web,” PILAR Teknol. J. Ilm. Ilmu-Ilmu Tek., vol. 6, no. 2, hal. 76–81, 2021.
[8] M. A. F. Nina Fadilah Najwa a dan V. Kartika, “Rancang Bangun Sistem E-Commerce untuk Usaha Penjualan Elektronik,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 08, no. 01, hal. 034–043, 2022.
[9] G.Szyjewski, “Expanding an open source e-commerce with a separate ICT system,” Procedia Comput. Sci, vol. 159, hal. 2091–2101, 2019.
[10] and A. L. S. K. N. Vavliakis, G. Katsikopoulos, “E-commerce Personalization with elasticsearch,” Procedia Comput. Sci, vol. 151, no. 2018, hal. 1128–1133, 2019.
[11] S. & M. Armyta Megasari, “Penerapan Metode User Centered Design Pada Rancang Bangun Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce: Studi Kasus Toko Martijo 123,” J. Pengemb. Sist. Inf. dan Inform., vol. 2, no. 1, hal. 16–33, 2021.
[12] O. N. Karimatul Mamluah, “RANCANG BANGUN APLIKASI PENGGAJIAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFAL,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, hal. 342–346, 2023.
[13] N. Afni, R. Pakpahan, dan A. R. Jumarah, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN DENGAN IMPLEMENTASI METODE WATERFALL,” J. KHATULISTIWA Inform., vol. VII, no. 2, hal. 99–104, 2019.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.