Penguatan Literasi Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Di SDN 101842 Sikeben Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3

  • Rina Anggriani Lumban Raja Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Efron Manik Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Usman Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Nuri Ramadhan Universitas Nahdatul Ulama Sumatera Utara
  • Sahrun Sahrun SDN 101842 SiKeben

Abstract

Program Kampus Mengajar Angkatan III yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar di berbagai Desa/Kota, salah satunya adalah di UPT SPF SD


Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Pada program ini, mahasiswa yang terlibat memiliki tanggung jawab dalam membantu pihak sekolah pada proses mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi. Selain itu, mahasiswa memiliki tanggungjawab dalam memperbaiki karakter siswa dan meningkatkan minat belajar siswa selama masa pandemi ini. Hasil dari Program ini yakni sebagai penanaman empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan masyarakat yang ada di sekitarnya; mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi; mengembangkan wawasan, karakter dan Soft Skills mahasiswa; mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan; serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional. Penguatan literasi,numerasi, dan adaptasi teknologi merupakan usaha yang penting dilakukan dalammeningkatkan kualitas sumber daya manusia di Era Digitaldan EraDisrupsi. Indonesia  berada sangat jauh tertinggal  dari  negara-negara  lainnya dalamhal  kemampuan tersebut.  Pemerintah  dan  juga  pihak  terkait  (Sekolah,  Perguruan  Tinggi,  Lembaga  Penjamin Mutu Pendidikan, dan Orang Tua) harus berperan serta dalam penguatan literasi,numerasi, dan adaptasi teknologi bagi Peserta didik dan juga pendidik di Indonesia.


   Kata kunci: Kampus Mengajar, Karakter Siswa, Literasi ,Numerasi dan Adaptasi Teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Admin Sevima. (2020, Oktober 14). Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip. Dipetik Agustus 18, 2021, dari Sevima: https://sevima.com/ pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/BP PAUD DAN DIKMAS NTT. (2019, Desember 17).
[2] BP PAUD DAN DIKMAS NTT. (2019, Desember 17). Gerakan Literasi Nasional, Gerakan Bersama Demi Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Dipetik Agustus 19, 2021, dari BP PAUD DAN DIKMAS NTT: https://bppauddikmasntt.kemdikbud.go.id/index.php/sistem-informasi/11-artikel/70-gerakan-literasi-nasional-gerakan-bersama-demi-mencerdaskan-kehidupan-bangsa.
[3] Direktorat Sekolah Menengah Pertama. (2021). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi.Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Ri.
[4] Gerakan Literasi Nasional. (2021, Februari 9). Kemendikbud Luncurkan Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021. Dipetik Agustus 19, 2021, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia : https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/kemendikbud-luncurkan-kampus-mengajar-angkatan-1-tahun-2021/
[5] Astini, Ni Komang Suni. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang. 11(2), 13-25.
[6] Kemendikbud. (2021). Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 1. Jakarta : Kemendikbud Meldina, Tika. (2019). Implementasi Model Learning Start With A Question Strategi.
[7] Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. 6(2). 211-219
[8] Rigianti, Henry Aditia. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an. 7(2), 297- 302
[9] Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neil., (2020). World Health Organization Declares Global Emergency : A Review of The 2019 Novel Coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery
[10] Suhartoyo, E., dkk. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M). 1(3), 161
[11] Widiyono, Aan., Saidatul Irfana, dan Kholida Firdausia. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metode Diktatik Jurnal Pendidikan Ke- SD-an. 16(2), 102-107
[12] Wulanjani, Arum Nisma., Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding Of Biology Education. 3(1), 26-31
Published
2022-12-29
How to Cite
LUMBAN RAJA, Rina Anggriani et al. Penguatan Literasi Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Di SDN 101842 Sikeben Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 93-100, dec. 2022. ISSN 2798-8295. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/tridharmadimas/article/view/911>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v2i2.911.