Pelatihan Penyusunan Pembelajaran Tematik Integratif Pada Guru Sekolah Dasar Negeri Ciracas 03 Jakarta

  • Fadjriah Hapsari Universitas Indraprasta PGRI
  • Andri Suryana Universitas Indraprasta PGRI
  • Mirna Herawati Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Pengabdian memiliki tujuan untuk                   meningkatkan pemahaman    dan  keterampilan       guru    dalam   menyusun       pembelajaran dengan pendekatan Tematik     Integratif, ketika menggunakan  model tematik inegratif  , guru pun harus mampu membangun bagian keterpaduan melalui satu tema-tema tertentu.  Dalam kegiatan ini kreatifitas para guru sangat di tuntut baik dalam merencanakan proses pembelajaran di kantor maupun dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Dalam pembelajaran ini guru harus memiliki pemahaman mengenai  tema yang akan dipilih untuk dibahas dalam kegiatan pembelajaran para guru juga dituntut untuk mengemas kegiatan pembelajaran, dalam tema saling berhubungan antara satu pelajaran dengan pelajaran yang lainnya. Karena pembelajaran tematik ini merupakan suatu pembelajaran yang menggabungkan antara materi pelajaran dengan pengalaman belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] M. Pendidikan and K. R. Indonesia, “Permendikbud No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah,” Jakarta: Depdikbud, 2013.
[2] I. N. Suadnyana, I. K. N. Wiyasa, I. K. Ardana, D. B. K. N. S. Putra, and I. G. A. A. Wulandari, “Pelatihan Penyusunan Rpp Tematik Integratif Menggunakan Pendekatan Saintifik Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Gugus VIII Abiansemal Badung Tahun Pelajaran 2015/2016,” Int. J. Community Serv. Learn., vol. 1, no. 1, pp. 63–66, 2017.
[3] A. Syaifudin, F. Rokhman, and I. Zulaeha, “Pengembangan strategi pembelajaran tematik integratif pada mata pelajaran bahasa indonesia jenjang pendidikan dasar,” J. Inov. Pembelajaran Karakter, vol. 2, no. 2, 2017.
[4] T. Noor, “rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003,” Wahana Karya Ilm. Pendidik., vol. 3, no. 01, 2018.
Published
2022-07-14
How to Cite
HAPSARI, Fadjriah; SURYANA, Andri; HERAWATI, Mirna. Pelatihan Penyusunan Pembelajaran Tematik Integratif Pada Guru Sekolah Dasar Negeri Ciracas 03 Jakarta. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 53-57, july 2022. ISSN 2798-8295. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/tridharmadimas/article/view/858>. Date accessed: 06 july 2025. doi: https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v2i1.858.