Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran mengenal angka dan huruf menggunakan kahoot! Di Pkg cempaka-Lili

  • Dyah Rhetno Wardhani Universitas Indraprasta PGRI
  • Adhityo Kuncoro Universitas Indraprasta PGRI
  • Vickry Ramdhan Universitas Indraprasta PGRI
  • Rahman Abdillah Universitas Indraprasta PGRI
  • Fajar Erlangga Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Mitra dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah institusi pendidikan pra sekolah dasar yang berlokasi di Jakarta Selatan. PKG Cempaka-Lili mempersiapkan anak usia dini dan memperlengkapi para siswa dengan kemampuan dasar untuk memasuki masa wajib belajar di jenjang yang lebih tinggi. Kegiatan belajar mengajar dimasa pandemi ini banyak mengalami perubahan dari berbagai aspek. Metode konvensional terkadang tidak selalu efektif saat pembelajaran dilakukan secara daring sehingga diperlukan beberapa penyesuaian agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif. Salah satu solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi oleh para guru di PKG Cempaka-Lili, yaitu penggunaan Kahoot!. Platform ini praktis dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran secara daring. Pembelajaran sambal bermain cocok digunakan dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Pelatihan penggunaan platform Kahoot! ini dilakukan secara bertahap kepada para guru di PKG Cempaka-Lili. Para guru akan dilatih untuk mengenal fitur-fitur dari Kahoot! dan cara menggunakannya sebagai media pengajaran mereka. Kegiatan  dilakukan secara daring dengan menggunakan media aplikasi Zoom. Tujuan dari pelaksanaan Pengabdian Kepada Mayarakat ini adalah para guru dalam menjalankan peran mereka sebagai tenaga pendidik. Pandemi ini menyebabkan banyak sekali kendala yang harus mereka hadapi dalam kegiatan belajar mengajar. Metode yang selama ini sudah digunakan perlu disesuaikan kembali seiring dengan peraturan pemerintah yang mengharuskan kegiatan tatap muka dihentikan sementara waktu dan diganti dengan metode daring. Tidak semua para guru siap dengan kondisi tersebut sehingga mereka perlu dibantu untuk melakukan penyesuaian dalam mengajar. Paltform Kahoot!  menjadi salah satu solusi yang tepat bagi kendala yang dialami oleh para guru di PKG Cempaka-Lili.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] I. Adriana, “Memahami Pola Perkembangan Bahasa Anak dalam Konteks Pendidikan,” Stain Pamekasan J. Online, vol. 3, pp. 106–120, 2008.
[2] I. Aprinawati, “Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, p. 72, 2017, doi: 10.31004/obsesi.v1i1.33.
[3] I. Lestari, “Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 3-4 Tahun,” J. Kualita Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 113–118, 2021, [Online]. Available: http://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/47.
[4] E. Maqdalena and A. Widiastuti, “Meningkatkan Kemampuan Simbol Huruf Melalui Permainan Ular Tangga pada Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Dukuh Krajan RT 09 RW 01 Kelurahan Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga,” Satya Widya, vol. 34, no. 2, pp. 125–137, 2018, doi: https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i2.p125-137.
[5] I. B. Maryatun, “Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak,” J. Pendidik. Anak, vol. 5, no. 1, pp. 747–752, 2016, doi: 10.21831/jpa.v5i1.12370.
[6] H. Bahar, D. Setiyaningsih, L. Nurmalia, and L. Astriani, “Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 3, no. 2, pp. 155–162, 2020, doi: 10.28989/kacanegara.v3i2.677.
[7] R. Ardilla, A. Ahmad, and T. Kurnita, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Huruf Melalui Permainan Pohon Huruf Pada Anak Usia Dini di TK Bungong Seleupoek,” J. Ilm. Mhs. Pendidik. Guru Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1–9, 2020.
[8] A. Holis, “Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini Ade,” J. Pendidik. Univ. Garut, vol. 09 No. 01, pp. 23–37, 2016, doi: 10.1142/9789812773678_0145.
[9] M. S. Sakdah, A. Prastowo, and N. Anas, “Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 487–497, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v4i1.1845.
[10] F. Rofiyarti and A. Y. Sari, “TIK Untuk AUD: Penggunaan Platform ‘KAHOOT!’ dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif dan Kolaboratif Anak,” Pedagogi, vol. 3, no. 3b Desember 2017, pp. 164–172, 2017, [Online]. Available: https://kahoot.com/.
Published
2022-07-08
How to Cite
WARDHANI, Dyah Rhetno et al. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran mengenal angka dan huruf menggunakan kahoot! Di Pkg cempaka-Lili. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 25-32, july 2022. ISSN 2798-8295. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/tridharmadimas/article/view/814>. Date accessed: 25 may 2024. doi: https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v2i1.814.