PENGARUH INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM DI KOTA SERANG
The Influence Of Instagram As A Marketing Communication Media On Purchase Decisions For Msme Products In Serang
Abstract
UMKM saat ini sudah memanfaatkan sosial media sebagai media promosi, termasuk UMKM sate bandeng di Kota Serang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui foktor-faktor dari konsep AIDA (attention, interest, desire, action) pada instagram UMKM sate bandeng terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan terhadap 100 responden yang menjadi follower Instagram UMKM Sate bandeng Ibu Amenah, Sate Bandeng Ibu Aliyah, Sate Bandeng Ratu Toety, dan Sate Bandeng Hj Mariyam di Kota Serang. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menjuakan bahwa faktor yang memengaruhi keputusan pembelian UMKM sate bandeng di Kota Serang, hanya dipengaruhi dua faktor dari konsep AIDA yaitu interest dan desire, sedangkan attention dan action tidak memengaruhi keputusan pembelian konsumen sate bandeng di Kota Serang.
Downloads
References
[2] Iswahyuni, W. Prihatiningsih, and Surahmad, “Penggunaan Internet Sebgai Media Informasi Oleh Mahasiswa UPN ‘VETERAN’ Jakarta,” J. Signal, vol. 5, no. 2, pp. 1–14, 2017.
[3] P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Management, 15 Global., vol. 22. New York: Pearson, 2016.
[4] S. Khomariyah, S. Andayani, and A. Mulyati, “PENGARUH ADVERTISING DENGAN KONSEP AIDA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PERDANA MERK simPATI,” J. Din. Adm. Bisnis, no. 1, 2015.
[5] N. Arianto, “Pengaruh Iklan Berdasarkan Konsep AIDA Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Lifeboy (Studi Kasus Pada Warga Depok-Jawa Barat),” Liquidity, vol. 6, no. 1, pp. 72–80, 2017, doi: 10.32546/lq.v6i1.42.
[6] Y. Risma Rusmasari, M. Adam, and M. Widiyanti, “Pengaruh Iklan Berdasarkan Konsep Aida Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Membeli Tiket Asian Games Tahun 2018 Di Kota Palembang,” Manag. Rev., pp. 1–8, 2018.
[7] L. R. Putra, L. I. Mindarti, and F. Hidayati, “Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Ekonomi Kreatif Kerajinan Kulit di Kabupaten Magetan (Studi Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan),” JPAP J. Penelit. Adm. Publik, vol. 4, no. 1, pp. 969–979, 2018, doi: 10.30996/jpap.v4i1.1281.
[8] N. Yulia and I. Novitaningtyas, “Marketing Strategy for Culinary MSMEs in Magelang City During the Covid - 19 Pandemic,” vol. 04, no. 1, pp. 357–367, 2021.
[9] Z. Khairani, E. Soviyant, and A. Aznuriyandi, “Efektivitas Promosi Melalui Instagram Pada Umkm Sektor Makanan Dan Minuman Di Kota Pekanbaru,” J. Benefita, vol. 3, no. 2, p. 239, 2018, doi: 10.22216/jbe.v3i2.2738.
[10] R. L. Putri and N. Purnaningsih, “Efektivitas Instagram sebagai Media Promosi Produk Pangan Olahan Perikanan ‘CLIPSS CHIPS,’” J. Sains Komun. dan Pengemb. Masy. [JSKPM], vol. 4, no. 4, p. 467, 2020, doi: 10.29244/jskpm.4.4.467-482.
[11] W. Pertiwi, F. L.-J. I. MEA, and undefined 2022, “Generasi Z Memanfaatkan Media Sosial Dalam Menentukan Pulau Tunda Sebagai Tujuan Wisata Pasca Pandemi Covid-19.,” Journal.Stiemb.Ac.Id, vol. 6, no. 3, 2022.
[12] Kusumadewi, “Terhadap keputusan pembelian pada media radio,” MAKSI J. Ilm. Manaj. Akunt., vol. 2, no. 2, pp. 102–122, 2015, [Online]. Available: https://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/mk/article/download/215/256
[13] F. Shofian, “Efektivitas Metode Attention, Interest, Desire, Action (AIDA) Dalam Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk PT. Djarum (Djarum Super),” Abstrak, pp. 1–13, 2015, [Online]. Available: http://eprints.dinus.ac.id/17183/
[14] S. Oktavianti and Y. Hasrina, “Pengaruh Strategi Pemasaran Dengan Konsep Aida Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt.Wings Food Di Kecamatan Alang-Alang Lebar,” J. Ilm. Manaj., vol. 09.03.2020, no. 1, pp. 63–80, 2020.
[15] W. Arrasyid, “Pengaruh AIDA terhadap Minat Beli Konsumen pada Iklan Instagram (Studi Kasus Produk Suvenir PT Holograil Maju Bersama),” 2021.
[16] S. P. Sari, “Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen,” Psikoborneo J. Ilm. Psikol., vol. 8, no. 1, p. 147, 2020, doi: 10.30872/psikoborneo.v8i1.4870.
[17] S. Fatmawati, “Pengaruh Iklan Model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee Indonesia Pada Mahasiswa FISIP UNISKA MAB,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1–11, 2018.
[18] M. Fajar Awaludin, B. M. Dwi, and U. Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan Online Di Bukalapak Menggunakan Model Aida,” Pros. BIEMA Bus. Manag. Econ. Account. Natl. Semin., vol. 1, no. 2016, pp. 1211–1225, 2020.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.