User Experience Questionnaire (UEQ) Sebagai Metode Pengukuran Evaluasi Pengalaman Pengguna Virtual Campus Tour Universitas Pembangunan Nasional (UPN)

  • Kevin Khanza Pangestu Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya, Indonesia
  • Tri Lathif Mardi Suryanto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya, Indonesia
  • Arista Pratama Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya, Indonesia

Abstract

Implementasi teknologi oleh sebuah perguruan tinggi dapat meningkatkan kualitas dan daya tarik perguruan tinggi tersebut. Seperti teknologi virtual campus tour yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui dan mengenal lingkungan kampus secara virtual tanpa harus langsung datang kesana. UPN VCT (Virtual Campus Tour) milik UPN “Veteran” Jawa Timur merupakan simulasi beberapa lokasi yang ada di lingkungan kampus tersebut. Sebagai sarana pengenal dan branding kampus bagi calon mahasiswa kampus ini dan masyarakat lainnya, UPN VCT seharusnya memberikan pengalaman pengguna yang baik dan berkesan. Namun berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada beberapa siswa SMAN 1 Batuan, Sumenep, ditemukan beberapa kendala yang dialami pengguna seperti tidak adanya informasi cara penggunaan UPN VCT, tidak adanya informasi terhadap fitur yang tersedia, hingga adanya fitur tautan menuju website fakultas atau jurusan yang saat itu sedang dituju pengguna kurang terlihat oleh pengguna. Permasalahan tersebut menyebabkan kurang baiknya pengalaman pengguna sehingga turut mengurangi rasa percaya pengguna dalam menggunakan UPN VCT sebagai pengenal kampus digital. Penelitian ini akan mengevaluasi pengalaman pengguna di SMAN 1 Batuan terhadap UPN VCT menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Berdasarkan hasil pengukuran yang diperoleh, nilai rata-rata pada skala Daya Tarik bernilai 1.73, skala Kejelasan bernilai 1.65, skala Efisiensi bernilai 1.64, skala Ketepatan bernilai 1.52, skala Stimulai bernilai 1.74, dan skala Kebaruan bernilai 1.41. Pada uji korelasi data ditemukan bahwa keenam skala bernilai >0.70, yang berarti seluruh skala yang digunakan tergolong reliabel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] C. A. Cholik, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKANPENDIDIKAN DI INDONESIA,” Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 2, no. 6, pp. 1–10, 2017.
[2] S. Alifah, “PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA UNTUK MENGEJAR KETERTINGGALAN DARI NEGARA LAIN,” CERMIN : JURNAL PENELITIAN, vol. 5, no. 1, 2021.
[3] D. A. Guttentag, “Virtual reality: Applications and implications for tourism,” Tour Manag, vol. 31, no. 5, pp. 637–651, 2010, doi: 10.1016/j.tourman.2009.07.003.
[4] E. K. D. Ningtias, T. L. M. Suryanto, and E. M. Safitri, “ANALISIS FAKTOR PENERIMAAN VIRTUAL TOURUPN ‘VETERAN’ JAWA TIMUR MENGGUNAKAN METODE TAM,” Jurnal Informatika dan Sistem Informasi (JIFoSI), vol. 2, no. 2, pp. 1–8, 2021.
[5] T. L. M. Suryanto and N. C. Wibowo, “Development JEJAKATUA Using Auto-Stitching as a Campus Virtual Tour to Support Digital Promotion Media,” in 5th International Seminar of Research Month 2020, Galaxy Science, Apr. 2021, pp. 1–7. doi: 10.11594/nstp.2021.0910.
[6] H. Sharp, Y. Rogers, and J. Preece, Interaction Design. Beyond Human-Computer Interaction, 2nd ed. 2007.
[7] ISO, “Human-centred design for interactive systems. Ergonomics of human system interaction Part 210 (ISO 9241-210),” Iso 9241210, vol. 40, no. 4, 2010.
[8] M. Rauschenberger, M. Schrepp, M. Perez-Cota, S. Olschner, and J. Thomaschewski, “Efficient Measurement of the User Experience of Interactive Products. How to use the User Experience Questionnaire (UEQ).Example: Spanish Language Version,” International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, vol. 2, no. 1, 2013, doi: 10.9781/ijimai.2013.215.
[9] S. SAITO and K. OGAWA, “Ergonomics of human-system interaction,” The Japanese journal of ergonomics, vol. 30, no. 1, 1994, doi: 10.5100/jje.30.1.
[10] H. B. Santoso, M. Schrepp, and R. Y. Kartono, “Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment,” The Journal of Educators Online-JEO, vol. 13, no. 1, 2016, [Online]. Available: http://sumi.ucc.ie/
[11] A. E. Permanasari, D. A. Hidayat, S. Wibirama, I. S. Sakkinah, D. Rohaya, and A. Rambli, “Development of a hospital virtual tour with virtual reality-based panorama,” Int. J. Innovation and Learning, vol. 30, no. 2, pp. 119–131, 2021.
[12] A. M. Saleh, H. Y. Abuaddous, I. S. Alansari, and O. Enaizan, “The Evaluation of User Experience of Learning Management Systems Using UEQ,” International Journal of Emerging Technologies in Learning, vol. 17, no. 7, pp. 145–162, 2022, doi: 10.3991/ijet.v17i07.29525.
[13] D. Zhu, D. Wang, R. Huang, Y. Jing, L. Qiao, and W. Liu, “User Interface (UI) Design and User Experience Questionnaire (UEQ) Evaluation of a To-Do List Mobile Application to Support Day-To-Day Life of Older Adults,” Healthcare (Switzerland), vol. 10, no. 10, Oct. 2022, doi: 10.3390/healthcare10102068.
[14] N. Saputra et al., “ANALISIS DAN EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PaTik BALI DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ),” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 8, no. 2, pp. 217–226, 2021, doi: 10.25126/jtiik.202182763.
[15] Kharis, P. I. Santosa, and W. W. Winarno, “Evaluasi User Experience pada Sistem Informasi Pasar Kerja Menggunakan User Experience Questionnare (UEQ),” CITEE, pp. 1–7, 2019.
[16] B. Laugwitz, T. Held, and M. Schrepp, “Construction and evaluation of a user experience questionnaire,” in Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), Springer Verlag, 2008, pp. 63–76. doi: 10.1007/978-3-540-89350-9_6.
[17] Sugiyono, “Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif,” Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, 2018.
[18] M. Schrepp, A. Hinderks, and J. Thomaschewski, “Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ),” International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, vol. 4, no. 4, p. 40, 2017, doi: 10.9781/ijimai.2017.445.
[19] M. Schrepp and J. Thomaschewski, “Handbook for the modular extension of the User Experience Questionnaire,” 2020. [Online]. Available: www.ueq-online.org
Published
2023-05-18
How to Cite
PANGESTU, Kevin Khanza; SURYANTO, Tri Lathif Mardi; PRATAMA, Arista. User Experience Questionnaire (UEQ) Sebagai Metode Pengukuran Evaluasi Pengalaman Pengguna Virtual Campus Tour Universitas Pembangunan Nasional (UPN). Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 442-451, may 2023. ISSN 2598-8719. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/718>. Date accessed: 30 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i2.718.