Efektivitas pembelajaran jarak jauh melalui media online pada masa pandemi covid 19
Abstract
Corona virus disease 19 (COVID-19) saat ini melanda seluruh berbagai negara. Penyebaran virus ini dapat melalui droplet, udara, sentuhan dan limbah manusia. Oleh karena itu diterapkannya protokol kesehatan bagi masyarakat. Pemutusan rantai virus covid-19 salah satunya dengan cara melakukan pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran efektivitas pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif yang bersifat deskriptif yang berfokus pada evaluasi pembelajaran jarak jauh. Objek penelitian dalam penelitian ini mahasiswa dan mahasiswi Universitas Bina Sarana Informatika, dengan menggunakan teknik simple random sampling, di beberapa program studi dan kelas. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui google form. Hasil dari penelitian mahasiswa lebih menyukai pembelajaran tatap muka dibandingkan pembelajaran jarak jauh. Meskipun pembelajaran jarak jauh tidak disukai mahasiswa dan memberikan dampak negatif dan positif, namun dari hasil penelitian memberikan kepuasan terhadap pembelajaran jarak jauh yang telah dilaksanakan.
Downloads
References
[2] D. S. Ibrahim and S. P. Suardiman, “Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta,” J. Prima Edukasia, vol. 2, no. 1, p. 66, 2014.
[3] A. Rohmawati, “Efektivitas Pembelajaran,” J. Pendidik. Usia Dini, vol. 9, no. 1, pp. 15–32, 2015.
[4] Wahyuddin and Nurcahaya, “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here (Eth) Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Takalar,” Al Khawarizmi J. Pendidik. dan Pembelajaran Mat., vol. 2, no. 1, p. 72, 2018.
[5] N. Q. Panjaitan, E. Yetti, and Y. Nurani, “Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, p. 588, 2020.
[6] E. Nurhayati, “Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19,” J. Paedagogy, vol. 7, no. 3, p. 145, 2020.
[7] I. Rodliyah, “Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Pada Materi Bangun Ruang Kelas Viii Mts/Smp,” Erud. J. Educ. Innov., vol. 3, no. 2, pp. 13–24, 2017.
[8] M. R. Yerusalem, A. F. Rochim, and K. T. Martono, “Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Program Studi Sistem Komputer,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 3, no. 4, p. 481, 2015.
[9] Z. Abidin, A. Hudaya, and D. Anjani, “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19,” Res. Dev. J. Educ., vol. 1, no. 1, p. 131, 2020.
[10] W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–61, 2020.
[11] M. S. Pertiwi, T. P. E. Sanubari, and K. P. Putra, “Gambaran Perilaku Penggunaan Gawai dan Kesehatan Mata Pada Anak Usia 10-12 Tahun,” J. Keperawatan Muhammadiyah, vol. 3, no. 1, pp. 28–34, 2018.
[12] D. Haqien and A. A. Rahman, “Use of Zoom Meetings for the Learning Process during the Covid-19 Pandemic,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 5, no. 1, 2020.
[13] R. M. Napitupulu, “Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 23–33, 2020.
[14] T. Cita, Boenga Nur; Susantiningsih, “Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Dan Physical Distancing Pada Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jakarta,” J. Borneo Holist. Heal., vol. 3, no. 1, pp. 58–68, 2020.
[15] R. Fauziyyah, R. C. Awinda, and B. Besral, “Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa selama Pandemi COVID-19,” J. Biostat. Kependudukan, dan Inform. Kesehat., vol. 1, no. 2, p. 113, 2021.
[16] N. N. S. Adi, D. N. Oka, and N. M. S. Wati, “Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19,” J. Imiah Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 5, no. 1, p. 43, 2021.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.