Analisis Geodemografi untuk Menentukan Lokasi Pasar yang Tepat

  • Anna Dara Andriana Universitas Komputer Indonesia
  • Rani Susanto Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui area pasar yang tepat menggunakan analisis geodemografi untuk menjual produk. Geodemografi merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan pasar penjualan produk. Segmentasi analisis geografis sendiri dalam penelitian ini data yang akan digunakan di kota Bandung. dan segmentasi demografi yang akan dilakukan adalah umur dan jenis kelamin, tingkat ekonomi dan daya beli masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan daerah yang paling baik untuk menjual produk karena dengan menentukan daerah pasar yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan volume penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anna Dara Andriana, Universitas Komputer Indonesia

Bachelor Program in Informatics Engineering

Rani Susanto, Universitas Komputer Indonesia

Department of Informatics Engineering

References

[1] Szymanski, D. M., Bharadwaj, S. G., & Varadarajan, P. R. 1993. An analysis of the market share-profitability relationship. Journal of marketing, 57(3), pp. 1-18.
[2] Išoraitė, M. 2009. Theoretical aspects of marketing strategy. Ekonomika ir vadyba: aktualijos ir perspektyvos: mokslo darbai, (1), pp. 114-125.
[3] Leung, A., Yen, B. T., & Lohmann, G. 2017. Why passengers’ geo-demographic characteristics matter to airport marketing. Journal of Travel & Tourism Marketing, 34(6), pp. 833-850.
[4] M. A. Afif and A. Patnaik, 2018 "Washington, DC : US . Patent and Trademark Office," U.S Patent, 937-1.
[5] Benkovskis, K., & Wörz, J. 2018. What drives the market share changes? Price versus non-price factors. Structural Change and Economic Dynamics, 45, pp. 9-29.
[6] Wieland, T. 2017. Market area analysis for retail and service locations with MCI. The R Journal, 9(1), pp. 298-323.
[7] Oktafianto, A. S., Kawangit, R. M., Don, A. G., Huda, M., & Dhea, A. 2018. Determining housing location using weighted product. International Journal of Engineering & Technology, 7(4), pp. 3563-3568.
[8] Staveren, I. V. 2001. Gender biases in finance. Gender & Development, 9(1), pp. 9-17.
[9] Smith, B. L. 2005. The future of software: Enabling the marketplace to decide. How Open is the Future?, 461.
[10] Mateo, J. R. S. C. 2012. Weighted sum method and weighted product method. In Multi criteria analysis in the renewable energy industry, pp. 19-22.
Published
2021-11-04
How to Cite
ANDRIANA, Anna Dara; SUSANTO, Rani. Analisis Geodemografi untuk Menentukan Lokasi Pasar yang Tepat. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 955-959, nov. 2021. ISSN 2598-8719. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/577>. Date accessed: 09 july 2025. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.577.