FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENANAMAN MODAL ASING DI INDONESIA

  • Eduardus Hena Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh kurs Rp/USD dan tingkat diskonto terhadap penanaman modal asing di Indonesia.  Untuk mencapai tujuan tersebut  maka dilakukan pengumpulan data sekunder, dilanjutkan dengan  mengolah data untuk memformulasi model  regresi linier berganda. Uji hipotesis  dilakukan dengan uji t  untuk menguji secara parsial  pengaruh kurs Rp/USD dan tingkat diskonto  terhadap penanaman modal asing di Indonesia, dan uji F untuk menguji pengaruh secara simultan  kurs Rp/USD dan tingkat diskonto terhadap penanaman modal asing di Indonesia, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.  Hasil uji hipotesis ditemukan bahwa secara parsial hanya kurs Rp/USD berpengaruh signifikan terhadap penanaman modal asing di Indonesia dengan koefisien regresi sebasar 3,89 artinya  apabila harga USD mengalami apresiasi sebesar 1 persen terhadap Rupiah, maka  penanaman modal asing untuk investasi riil meningkat sebesar 3,89 persen;  sedangkan tingkat diskonto tidak berpengaruh signifikan terhadap penanaman modal asing.  Temuan selanjutnya adalah secara bersama-sama  kurs Rp/USD dan tingkat diskonto  berpengaruh signifikan terhadap  penanaman modal asing di Indonesia, sehingga model regresi berganda penanaman modal asing  adalah  Y = 8,82 + 3,89x1 – 0,44x2; Y  adalah penanaman  modal asing, X 1 adalah kurs Rp/USD dan X2 adalah tingkat diskonto.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Eduardus Hena, Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

[1] ……….. Bank Indonesia. www.bi.go.id
[2] Faisal Basri. Perekonomian Indonesia, Tantangan dan Harapan bagi Kebangkitan Indonesia. Penerbit Erlangga, Jakarta, 2002.
[3] Hair, Jr. Joseph H; William C. Black, Barry J. Babin, Rolph E. Anderson. Multivariate DataAnalysis. Seventh edition. Pearson, 2010
[4] Mankiw N. Gregory. Makroekonomi. Edisi Keenam. Terjemahan. Penerbit Erlangga, Jakarta, 2007
[5] Mankiw N. Gregory, Euston Quah, Peter Wilson. Principles of Economics. Second Edition. Cengage Learning, 2010.
[6] Miskhin Frederic S. Ekonomi, Uang, Perbankan dan Pasar Keuangan. Buku 2. Terjemahan.
Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2008.
[7] Sri Mulyani Indrawati, dkk. Terobosan Baru Atas Perlambatan Ekonomi, Rujukan untuk Sebuah Kebijakan Perekonomian. Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia, Jakarta, 2020.
[8] Siamat Dahlan. Manajemen Lembag Keuangan. Edisi Kelima. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indinesia, 2005.
[9] Todaro Michael P. dan Stephen C. Smith. Economic Development. Ninth Edition. Pearso Addison Wesley, 2006.
Published
2021-05-20
How to Cite
HENA, Eduardus. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENANAMAN MODAL ASING DI INDONESIA. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 446-453, may 2021. ISSN 2598-8719. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/456>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i2.456.