PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN

(Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019)

  • Anikmah Musfirati Politeknik Keuangan Negara STAN
  • Lorensius Ginting Politeknik Keuangan Negara STAN
  • Muhammad Lukman Nur Hakim Politeknik Keuangan Negara STAN

Abstract

ABSTRAK


Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan merupakan kewajiban perusahaan (perseroan) yang diperhitungkan sebagai biaya perseroan yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran sesuai dengan UU No 40 tahun 2007. Di sisi lain, CSR juga merupakan sarana untuk meningkatkan laba perusahaan dengan membangun reputasi sebagai warga social.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pengungkapan CSR terhadap profitabilitas perusahaan di sector industri rokok yang terdaftar di BEI tahun 2016 - 2019. Tingkat pengungkapan CSR diukur menggunakan CSR Disclosure Index. Sedangkan profitabilitas perusahaan digambarkan dengan Net Profit Margin (NPM) dan Return on Asset (ROA). Dengan menggunakan teknik analisis data regresi linear serta dilakukan uji secara simultan (Uji F) maupun parsial (Uji t) dengan tingkat kepercayaan 95% (α=5%), dihasilkan simpulan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh secara signifikan terhadap ROA namun pengungkapan CSR tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap NPM.


Kata kunci: Pengungkapan CSR, NPM, dan ROA

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Aida Yulia, A. (2014). Analisis Perbedaan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan High Profile dan Low Profile (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). JURNAL DINAMIKA AKUNTANSI DAN BISNIS .
[2] Bowen, H. R. (1953). Social Responsibilities of The Businessman. Iowa City: University of Iowa Press.
[3] Claydon, J. (2009). Two Models of CSR and Sustainability. Issues in Social and Environmental Accounting .
[4] Hermuningsih, S. (2013). PROFITABILITY, GROWTH OPPORTUNITY, CAPITAL . Bulletin of Monetary, Economics and Banking.
[5] Indonesia, R. (2007). Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan terbatas.
[6] Lesáková, Ľ. (2007). Uses and Limitations of Profitability Ratio Analysis in Managerial Practice. 5th International Conference on Management, Enterprise and Benchmarking.
[7] Multafia Almar, R. R. (2012). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL . Seminar Nasional Akuntansi & Bisnis .
[8] Owens, C. R. (2016). The Importance of CSR in Business. Florida State University Libraries.
[9] Rehman, Q. S. (2011). Impacts of liquidity ratios on profitability (Case of oil and gas companies of Pakistan). Interdisciplinary Journal of Research in Business.
[10] T. Husain, S. N. (2020). Firm's Value Predicti on Based on Profitability . Finance & Economics Review.
[11] Wilfred Boro Bahy, H. W. (n.d.). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN. Atmajaya.
[12] Ye Cai, H. J. (2011). Doing Well While Doing Bad? CSR in Controversial Industry. J Bus Ethics.
[13] Yulius Ardy Wiranata, Y. W. (2013). Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur di Indonesia . Jurnal Akuntansi dan Keuangan.
Published
2021-05-20
How to Cite
MUSFIRATI, Anikmah; GINTING, Lorensius; HAKIM, Muhammad Lukman Nur. PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 471-487, may 2021. ISSN 2598-8719. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/379>. Date accessed: 07 july 2025. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i2.379.