Analisis Pengaruh Kualitas Produk,Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Kopi Tanpa Nama di Magelang)

  • Salsabila Chierly Nabila Universitas Negri Tidar Magelang
  • Andhatu Achsa Fakultas Ekonomi Universitas Tidar
  • Budi Hartono Fakultas Ekonomi Universitas Tidar

Abstract

Kopi merupakan salah satu komoditi perkebunan yang paling menguntungkan dan berfungsi sebagai sumber devisa negara. Kopi telah bertransformasi dari sekedar minuman menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup modern sehingga memicu lonjakan permintaan berkelanjutan, baik secara global atau pun nasional. Hal tersebut juga membuat bisnis usaha kedai kopi menjadi bisnis yang menjanjikan sehingga kedai kopi semakin menjamur dan membuat persaingan semakin meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap keputusan pembelian di Kedai Kopi Tanpa Nama, baik secara parsial ataupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan 100 responden yang diambil dengan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas produk, dan promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan, kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas produk, pelayanan yang prima, dan promosi yang efektif dapat mendorong peningkatan keputusan pembelian konsumen. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pelaku usaha kedai kopi dalam merancang strategi pemasaran yang lebih tepat, serta menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dalam mengembangkan kajian terkait perilaku konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Andhatu Achsa, Fakultas Ekonomi Universitas Tidar

Dosen Program Studi S1 Manajemen

Budi Hartono, Fakultas Ekonomi Universitas Tidar

Dosen Program Studi S1 Manajemen

References

[1] Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Salemba Empat.

[2] Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. PT Indeks.

[3] Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1).

[4] Jayadi, D. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha. Universitas Diponegoro.

[5] Lukito, W. A., & Fahmi, D. L. (2020). Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight. Journal of Economics and Accounting, 1(2).

[6] Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.

[7] Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

[8] Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Andi Offset.

[9] Alma, B. (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

[10] Broto, V., & Wenas, R. S. (2016). Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, dan Fasilitas Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen Mobil Toyota Agya. Jurnal EMBA, 4(2).
[11] Kodu, S. (2013). Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA, 1(3).
[12] Polla, F. C., Mananeke, L., & Taroreh, R. N. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Indomaret. Jurnal EMBA, 6(4).
[13] Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. McGraw-Hill.
[14] Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behavior. Pearson.
[15] Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019).
Published
2025-11-30
How to Cite
NABILA, Salsabila Chierly; ACHSA, Andhatu; HARTONO, Budi. Analisis Pengaruh Kualitas Produk,Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Kopi Tanpa Nama di Magelang). Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 9, n. 4, p. 1680-1687, nov. 2025. ISSN 2598-8719. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/2159>. Date accessed: 08 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v9i4.2159.