KUALITAS DAN KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI LIVIN’ BY MANDIRI MENGUNAKAN METODE PIECES
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja dan tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi Livin’ by Mandiri dengan menggunakan metode PIECES yang meliputi enam dimensi: Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, dan Service. Metode ini dipilih karena mampu mengevaluasi kualitas sistem informasi secara menyeluruh dari sudut pandang pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden pengguna aktif aplikasi Livin’ by Mandiri. Instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan SPSS, dengan hasil seluruh item valid dan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0.964, menunjukkan reliabilitas sangat tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh dimensi PIECES memperoleh skor rata-rata di atas 4, dengan dimensi Information memperoleh skor tertinggi (4.335), diikuti oleh Control (4.325), dan Economic (4.270). Sementara dimensi Performance mendapat skor paling rendah namun tetap dalam kategori tinggi (4.130). Temuan ini menunjukkan bahwa secara umum, pengguna merasa puas terhadap layanan digital yang diberikan oleh aplikasi Livin’ by Mandiri. Saran diberikan untuk terus meningkatkan performa teknis dan layanan pelanggan guna mempertahankan kepuasan pengguna secara berkelanjutan.
Kata kunci: Livin’ by Mandiri, PIECES, Kepuasan Pengguna, Kinerja Aplikasi, SPSS
Downloads
References
[2] L. D. Andhika, T. Herawati, M. Khoiruddinsyah, and Marlina, “Penerapan Metode Pieces Framework Dalam Analisis Dan Evaluasi Aplikasi M-BCA,” J. Insa. J. Inf. Syst. Manag. Innov., vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2025, doi: 10.31294/j-insan.v5i1.8375.
[3] V. V. Lalujan and Y. Rahardja, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan E-Wallet DANA Menggunakan Metode PIECES,” J. Inf. Technol. Ampera, vol. 4, no. 3, pp. 207–221, 2023.
[4] A. D. dan N. T. P. Lela Nurlaela, “Kata kunci و,” Kinabalu, vol. 11, no. 2, pp. 50–57, 2020.
[5] N. Huda, F. Habrizons, A. Satriawan, M. Iranda, and T. Pramuda, “Analisis Usability Testing Menggunakan Metode SUS (System Usability Scale) Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee,” Simkom, vol. 8, no. 2, pp. 208–220, 2023, doi: 10.51717/simkom.v8i2.158.
[6] Fitratul Aini, Fitriani Muttakin, Tengku Khairil Ahsyar, and Eki Saputra, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi DANA Menggunakan Metode TAM dan EUCS,” J. Sist. Cerdas, vol. 6, no. 1, pp. 65–76, 2023, doi: 10.37396/jsc.v6i1.288.
[7] D. Ari and L. Hanum, “Dessanti Putri Sekti Ari,” J. Adm. Binis|, vol. 15, no. 1, pp. 104–111, 2021.
[8] E. A. Wibisono, F. Agustina, R. Arief, and O. Marleen, “Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Fitur Sukha Pada Aplikasi Livin’ by Mandiri Menggunakan Metode PIECES,” Smart Comp Jurnalnya Orang Pint. Komput., vol. 13, no. 2, pp. 235–246, 2024, doi: 10.30591/smartcomp.v13i2.5373.
[9] D. C. Yuniar, H. Febiyanti, M. E. Nugraha, B. W. Putra, and A. D. Pranata, “Pelatihan Analisis Regresi Linear Sederhana Menggunakan Aplikasi IBM SPSS di Politeknik Penerbangan Palembang,” J. ABDINUS J. Pengabdi. Nusant., vol. 8, no. 3, pp. 810–822, 2024, doi: 10.29407/ja.v8i3.23667.
[10] M. Eska Nugraha, Dwi Candra Yuniar, Herlina Febiyanti, and Yeti Komalasari, “Korelasi Motivasi Taruna Pola Pembibitan terhadap Minat Belajar Matematika,” Didakt. J. Kependidikan, vol. 13, no. 2, pp. 1405–1412, 2024, doi: 10.58230/27454312.617.
[11] Bank Mandiri, “Laporan Tahunan Bank Mandiri 2021,” Bank Mandiri, pp. 29–33, 2021.
[12] P. Bank Mandiri Tbk, “Industry Leader Yang Tangguh : Selalu Menghadirkan Selalu Terdepan,” pp. 1–1512, 2023.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






_uk501.png)

.2022-2026_uk200_pxl_.jpg)















.png)
3.png)
