Sistem Informasi Pengelolaan Lapangan Olahraga Green House
The Green House Sports Field Management Information System
Abstract
Pengelolaan lapang olahraga yang efektif dan efisien menjadi tantangan tersendiri bagi manajemen Green House. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan sebuah sistem informasi yang mampu mengintegrasikan berbagai aspek pengelolaan lapang olah raga, mulai dari pemesanan, jadwal penggunaan, hingga pelaporan dan analisis data. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Sistem Informasi Pengelolaan Lapang Olah Raga Green House berbasis web menggunakan metode Extreme Programming (XP). Metode XP dipilih karena pendekatannya yang fleksibel dan iteratif, memungkinkan tim pengembang untuk beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pengguna secara cepat dan efisien. Pengembangan sistem ini melibatkan beberapa tahapan utama, yaitu perencanaan, desain, coding, dan pengujian, yang dilakukan secara berulang-ulang untuk memastikan kualitas dan kesesuaian sistem dengan kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi berbasis web yang memudahkan proses pemesanan dan pengelolaan lapang olah raga di Green House. Sistem ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti manajemen jadwal, pemesanan online, serta laporan penggunaan yang dapat diakses secara real-time.
Downloads
References
[2] I. Nugroho, R. Rachmatullah, and I. Simanjuntak, “Sistem Informasi Penyewaan Lapangan Bulu Tangkis di Gedung Olahraga AUB Surakarta Berbasis Android,” Go Infotech J. Ilm. STMIK AUB, vol. 27, no. 2, pp. 138–149, 2021, doi: 10.36309/goi.v27i2.151.
[3] W. Wahidin, V. Yasin, and R. Haroen, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Lapangan Futsal Berbasis Web Dengan Metode Rapid Application Development Menggunakan Algoritma String Matching Di Maestro Futsal Kemayoran Jakarta,” J. Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 5, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.52362/jisicom.v5i1.375.
[4] Rudi Khairizal, Teguh Khristianto, and I. Nugroho, “Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web Mobile,” Elkom J. Elektron. dan Komput., vol. 14, no. 2, pp. 332–338, 2021, doi: 10.51903/elkom.v14i2.549.
[5] D. Tito, D. Pradana, and V. Kuswanto, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Lapangan Futsal Di Kota Tangerang Berbasis Website Menggunakan Metode Prototyping,” vol. 01, 2024.
[6] P. N. Hartawan, M. Sudarma, and Widyantara, “Extreme Programming for Developing Additional Employee Income System(Case Study: Karangasem Regency Government),” Int. J. Eng. Emerg. Technol., vol. 6, no. 2, pp. 117–121, 2021, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/ijeet/article/view/IJEET.2021.v06.i01.p21/39900.
[7] D. Kustiawan, W. N. Cholifah, R. Destriana, and N. Heriyani, “Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Koperasi Menggunakan Metode Extreme Programming,” J. Teknol. dan Inf., vol. 12, no. 1, pp. 78–92, 2022, doi: 10.34010/jati.v12i1.6756.
[8] A. Maulana and T. W. Widyaningsih, “SISTEM INFORMASI PENYEWAAN LAPANGAN PADA GELANGGANG OLAH RAGA ( STUDI KASUS GELANGGANG OLAH RAGA DI DKI JAKARTA ) INFORMATION SYSTEM OF FIELD RENTAL IN SPORTS AREAS ( CASE STUDY OF SPORTS AREAS IN DKI JAKARTA ) Pada penelitian Rancang Bangun Aplikasi Peny,” vol. 2, no. 2, pp. 63–71, 2023.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.