Pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan field support department manage service operation PT Astra Graphia Tbk.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kinerja Karyawan pada PT Astragraphia Tbk. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dan jenis data adalah data primer melalui metode kuesioner dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan jumlah lima puluh satu responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 25.0. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Multikolinieritas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Normalitas, Analisis Linear Berganda, Uji Analisis Koefisien Korelasi, Uji-t, Uji-F dan Koefisien Determinasi (R2).
Hasil pengujian dan analisis dari penelitian menunjukkan bahwa Gaya Kepemimpinan secara partial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Karyawan, demikian juga terhadap Motivasi kerja secara partial mempengaruhi Kinerja Karyawan, serta secara simultan atau secara bersama Gaya Kepemimpnan dan Motivasi Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan.
Downloads
References
[2] Andika, R., Widjarnako, B., & Ahmad, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jurnal Manajemen Tools, 11(1), 189–205.
[3] Badu, S. Q., & Djafri, N. (2017). Kepemimpinan & Perilaku Organisasi. Ideas Publishing.
[4] Fahmi, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori dan Aplikasi (Cetakan 1). Alfabeta.
[5] Fattah, N. (2013). Landasan Manajemen Pendidikan (Cetakan 12). Remaja Rosdakarya.
[6] Fauzi, B., Sumber, M., Manusia, D., Ibnu, U., & Bogor, K. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Unit Rekam Medik RSUD Cibinong. 05(02).
[7] Ghofur, R. A. (2019). Gaya Kepemimpinan Kinerja BPR Syari’ah. IDEA Press Yogyakarta.
[8] Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
[9] Haholongan, R., Sakti, S. H., Diana, A. L., & Yusuf, M. (2022). Pengaruh Key Performance Indicators Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Peralatan Rumah Tangga. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2763–2768. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1163/886
[10] Handoko, H. (2014). Manajemen personalia dan sumber daya manusia (Edisi 2). BPFE.
[11] Hasibuan, M. S. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revi). Bumi Aksara.
[12] Herawati, H., & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Bagian Produksi PT. Tae Jong Indonesia). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 16–33.
[13] Hidayat, R. (2021). Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Kualitas Pelayanan Nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Tente Kabupaten Bima. 10, 425–438. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms
[14] Hutahaean, W. S. (2021). Filsafat dan Teori Kepemimpinan (Cetakan 1). Ahlimedia.
[15] Jintar, C. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Anugerah Abadi. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7693–7696.
[16] Kartono, K. (2016). Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal itu? (Edisi 1). Rajawali Pers.
[17] Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik) (Cetakan 2). PT Raja Grafindo Persada.
[18] Kurniawan, M. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja karyawan Percetakan Dimas Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, 17(1), 33–48.
[19] Lian, B. (2017). Kepemimpinan dan Kualitas Kinerja Pegawai (D. Wardiah & D. Nuzulia (eds.); Cetakan 1). CV. Amanah.
[20] Maaruf, T., Yantu, I., Mahmud, M., Panigoro, M., & Sudirman. (2023). Pengaruh Pelayanan Aparat Kelurahan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Economic and Business Education, 1(1), 178–185.
[21] Malkan, M., Adam, Y., Syafaat, M., & Sofyan, S. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Mandiri KCP Palu Imam Bonjol. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(1), 106–121.
[22] Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (Cetakan 14). PT. Remaja Rosda Karya.
[23] Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. Agora, 7(2), 1–5.
[24] Octaviani, D., & Pratama, V. (2021). Keputusan Pembelian Online Melalui Situs Jual Beli Lazada Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Pontianak Kalimantan Barat. E-Jurnal Equilibrium Manajemen, 7(1). https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/133%0Ahttps://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/133/117
[25] Olla, T. S. O., & Andriyani, S. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Timor Express Intermedia Kupang). JOURNAL OF MANAGEMENT, 5(2), 259–272.
[26] Peter G. Northouse. (2013). Kepemimpinan: Teori Dan Praktik Edisi Keenam (6th ed.). Penerbit Indeks.
[27] Ratnasari, S. L., & Hartati, Y. (2019). Manajemen Kinerja Dalam Organisasi. CV. Qiara Media Partner.
[28] Rivai, V. (2014). Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Organisasi (Ed. 1. Cet. 2.). Raja Grafindo Persada.
[29] Rivai, V., & Sagala J, E. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik (Edisi 3). PT Raja Grafindo Persada.
[30] Robbins P, S., & Judge A, T. (2017). Perilaku Organisasi (Edisi 16). Salemba Empat.
[31] Saputri, D., Adrian, A., & Frederick, H. W. (2022). THE INFLUENCE OF LEADERSHIP STYLE, WORK DISCIPLINE, AND JOB SATISFACTION ON EMPLOYEE PERFORMANCE AT PT. KELOLA KARYA BERSAMA. Jurnal Manajemen dan Bisnis Jayakarta, 4(1), 42-58.
[32] Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. Komunikasi Islam, 10(2), 1–21.
[33] Siagian, S. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan 22). Bumi Aksara.
[34] Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17 (Edisi 1). Bumi Aksara.
[35] Siregar, S. (2018). Statistika Deskriptif untuk Penelitian : Dilengkapi perhitungan manual dan aplikasi SPSS versi 17 / Syofian Siregar (Cet. 6). Raja Grafindo Persada.
[36] Soekarso. (2015). Kepemimpinan Kajian Teoritis dan Praktis. Erlangga.
[37] Sudjana. (2013). Metoda Statistika. Tarsito.
[38] Sugiarto, E. (2016). Analisis Emosional, Kebijaksanaan Pembelian dan Perhatian Setelah Transaksi Terhadap Pembentukan Disonansi Kognitif Konsumen Pemilik Sepeda Motor Honda pada UD. Dika Jaya Motor Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 1(01), 34–47.
[39] Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
[40] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
[41] Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (Ed.2). Alfabeta.
[42] Suharsimi, A. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Cetakan 14). PT.Rineka Cipta.
[43] Sunyoto, D. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kasus (Cetakan 2). Center of Academic Publishing Service.
[44] Supardi. (2013). Kinerja guru. PT Raja Grafindo Persada.
[45] Thoha, M. (2015). Kepemimpinan dalam manajemen (Cetakan 18). Rajawali Pers.
[46] Usman, H., & Akbar, P. S. (2020). Pengantar Statistika : Cara Mudah Memahami Statistika (Edisi 3) (Cetakan 1). Bumi Aksara.
[47] Widiarsa, J., Wayan Eka Sudarmawan, I., & Andi Wardana, M. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Plagoo Holiday Hotel Nusa Dua. Jurnal Pariwisata Dan Bisnis), 02(2), 540–552. https://doi.org/10.22334/paris.v2i2
[48] Widodo, S. E. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (Ed.1 Cet.2). Pustaka Pelajar.
[49] Yanti, R., Fikri, K., Nofirda, F. A., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Riau, U. M. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Felousa Trimedika Indonesia (Studi Kasus Pada PT. Felousa Trimedika Indonesia). Economics, Accounting and Business Journal, 2(2), 377–386.
[50] Yuniarti, R., Irwansyah, R., Riswadi, P., & Hasyim, M. (2021). Kinerja Karyawan Tinjauan Teori dan Praktis: Vol. Cet. 1 (E. Jaelani (ed.); Cetakan 1). Widina Bhakti Persada.
[51] Zainal, V. R., Hadad, M. D., & Ramly, M. (2017). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi (Ed. 1, Cet). Rajawali Pers.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.