PERSEPSI PELAKU UMKM BUSANA ADAT BALI TERHADAP APLIKASI AKUNTANSI BERBASIS ANDROID DI DENPASAR UTARA
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi setiap pelaku UMKM Khususnya Busana Adat Bali terhadap aplikasi akuntansi berbasis android, Sehingga dapat memberikan pandangan seberapa pentingnya aplikasi akuntansi pada usaha tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Dalam TAM, terdapat dua variabel khusus yang merupakan penentu utama dari penerimaan pengguna, yaitu persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM busana adat Bali di Denpasar Utara sebanyak 13 UMKM, sehingga teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, dimana sampel yang digunakan sama dengan populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Persepsi kegunaan yang diukur dengan indikator Captured Applicability, Flexibility, Interactivity dikategoriakan baik, Hal ini berarti bahwa aplikasi UKM dapat berguna dan mendukung aktivitas pencatatan transaksi akuntansi pada UMKM Busana Adat Bali di Denpasar Utara. Persepsi kemudahaan yang diukur dengan desirability dan attachment juga dikategorikan baik, hal ini berarti aplikasi UKM dapat mudah digunakan dalam aktivitas pencatatan transaksi akuntansi pada UMKM Busana Adat Bali di Denpasar Utara.
Downloads
References
[2] Al-Gahtani, S. (2001). The Applicability of TAM Outside North America: An Empirical Test in the United Kingdom. Information Resources Management Journal, 14(3), 37–46. http://www.idea-group.com
[3] Andarwati, M., Zuhroh, D., & Amrullah, F. (2019). End User Satisfaction of Accounting Information System (AIS) Mobile Based for Small Medium Enterprises (SMEs): Actual Usage and. 3(November), 37–42. https://doi.org/10.28926/jdr.v3i2.79
[4] Andoh, C. B. (2018). Predicting students’ intention to adopt mobile learning. Journal of Research in Innovative Teaching & Learning, 11(2), 178–191. https://doi.org/10.1108/jrit- 03-2017-0004
[5] Azizah, S. N. (2017). Analysis of Factors Affecting the Implementation of Computer-Based Accounting Information System on Small and Medium Enterprises. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 18(2), 111–115. https://doi.org/10.18196/jesp.18.2.4021
[6] Christmastuti, A. A., Nugroho, R. S. A., & ... (2019). Accounting Software For Msmes: Organizational And Personal Factors Based On Tam Theory. Seajbel.Com, 19(1), 1–7.
[7] Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008
[8] Fahriawan, M. R. (2020). Determinant Factors Of M-Commerce Adoption By Sme In Indonesia: The Tam Model Approach. 6, 37–50.
[9] Lanlan, Z., Ahmi, A., & Popoola, O. M. J. (2019). Perceived ease of use, perceived usefulness and the usage of computerized accounting systems: A performance of micro and small enterprises (mses) in china. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(2 Special Issue 2), 324–331. https://doi.org/10.35940/ijrte.B1056.0782S219
[10] Larasati, N. (2017). Technology Readiness and Technology Acceptance Model in New Technology Implementation Process in Low Technology SMEs. International Journal of Innovation, Management and Technology, 8(2), 113–117. https://doi.org/10.18178/ijimt.2017.8.2.713
[11] Mahrus, M. L., Almadia, F., & Jelita, N. B. (2020). Persepsi Pelaku UMKM terhadap Penggunaan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android. Keberlanjutan : Jurnal Manajemen Dan Jurnal Akuntansi, 5(2), 131. https://doi.org/10.32493/keberlanjutan.v5i2.y2020.p131-141
[12] Muljanto, M. A. (2020). Pencatatan dan Pembukuan Via Aplikasi Akuntansi UMKM di Sidoarjo.
Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(1), 40–43. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i1.6926
[13] Najib, M., & Fahma, F. (2020). Investigating the adoption of digital payment system through an extended technology acceptance model: An insight from the Indonesian small and medium enterprises. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 10(4), 1702–1708. https://doi.org/10.18517/ijaseit.10.4.11616
[14] Ndubisi, N. (2006). Factors of Online Learning Adoption: A Comparative Juxtaposition of the Theory of Planned Behaviour and the Technology Acceptance Model. International Journal on E-Learning, 5.
[15] Priyatna, S. A. (2023, March 23). Pertumbuhan UMKM di Kota Denpasar. Kementerian Keuangan Republik Indonesia.
[16] Putranto, R. B. (2020). Implementasi Mobile Application Akuntansi UKM pada UMKM Sektor Industri Coklat Olahan. Simposium Nasional Keuangan.
[17] Rogers, E. M. (1995). Diffusion of Innovations (4th ed.). The Free Press.
[18] Rokhim, R., Wulandari, P., & Mayasari, I. (2018). Small medium enterprises technology acceptance model: A conceptual review. International Journal of Business and Society, 19, 689–699.
[19] Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
[20] Suhartanto, D., & Leo, G. (2018). Small business entrepreneur resistance of ICT adoption: A lesson from Indonesia. International Journal of Business and Globalisation, 21(1), 5–18. https://doi.org/10.1504/IJBG.2018.094092
[21] Weerasinghe, S., & Hindagolla, M. C. B. (2018). Technology acceptance model and social network sites (SNS): a selected review of literature. Global Knowledge, Memory and Communication, 67(3), 142–153. https://doi.org/10.1108/GKMC-09-2017-0079.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.