ANALISA PEMINATAN KONSUMEN DALAM MEMBELI KENDARAAN LISTRIK TERHADAP KAMPANYE PENGGUNAAN KENDARAAN LISTRIK
Abstract
Kendaraan listrik menjadi produk andalan pemerintah untuk dapat mendukung Presidensi G20 Indonesia berupa transisi energi dengan kampanye penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan mengurangi polusi udara. Dari kampanye tersebut apakah menjadikan konsumen pengguna kendaraan berminat untuk menggantikan kendaraan bahan bakar minyak (BBM) ke kendaraan listrik. Penelitian kualitatif ini digunakan dalam metode penelitian ini dimana informannya adalah pengguna kendaraan pribadi yang berada di daerah DKI Jakarta. Dengan menyebarkan kuesioner melalui gform, hasilnya menunjukkan bahwa konsumen sadar adanya kampanye menggunakan kendaraan listrik dimana terlihat dari memahami maksud dari tujuan kampanye tersebut. Namun, dalam peminatan untuk membeli kendaraan listrik masih pertimbangan dikarenakan dari segi kemudahan mendapatkan tempat pengisian power listrik atau penukaran batere, segi keamanan maupun segi ramah lingkungan dalam pembuangan sampah batere yang ada unsur kimia jika sudah tidak berfungsi lagi. Pertimbangan tersebut, konsumen juga tidak sedikit memilih untuk mengambil kendaraan hybrid yang menggunakan dua energi baik listrik maupun BBM agar dapat melakukan perjalanan jauh dengan nyaman jika pom-pom pengisian listrik belum banyak tersebar di perkotaan maupun pendesaan.
Kata kunci: kendaraan listrik, kampanye, pembelian, konsumen
Downloads
References
[2] D. Suciatiningrum, “Kualitas Udara Jakarta Pagi Ini: Rangking 2 Terburuk Dunia,” IDN Times, 2023. https://www.idntimes.com/news/indonesia/dini-suciatiningrum/kualitas-udara-jakarta-pagi-ini-rangking-2-terburuk-dunia
[3] Administrator, “Dukung Presidensi G20, Gernas BBI Kampanye Kendaraan Listrik,” indonesia.go.id, 2022. https://indonesia.go.id/kategori/kabar-terkini-g20/3922/dukung-presidensi-g20-gernas-bbi-kampanye-kendaraan-listrik (accessed Sep. 01, 2023).
[4] G. A. Trianto, “Kampanyekan Penggunaan Kendaraan Listrik Kepada Masyarakat, PLN Sabet Penghargaan PRIA 2023,” pln.co.id, 2023. https://web.pln.co.id/media/siaran-pers/2023/03/kampanyekan-penggunaan-kendaraan-listrik-kepada-masyarakat-pln-sabet-penghargaan-pria-2023 (accessed Sep. 01, 2023).
[5] S. R. Juwita and A. Djuwita, “Strategi Marketing Communications E-Commerce Idmarco,” in e-Proceeding of Management, 2022, p. 2676.
[6] A. D. Rahmanita and R. Panuju, “Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan di Penerbit Media Ilmu Sidoarjo,” Greenomika, vol. 5, no. 1, 2023, [Online]. Available: https://journal.unusida.ac.id/index.php/gnk/article/view/821/583
[7] M. R. Pahleviannur et al., Metode Penelitian Kualitatif, Pertama. Sukoharjo: Pradina Pustaka, 2022.
[8] S. Yumnah, J. Iswanto, P. H. Pebriana, Fadhillah, and M. I. Fuad, “Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sumber Daya Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan,” Munaddhomah J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, p. 94, 2023, [Online]. Available: https://www.pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/munaddhomah/article/view/350/187
[9] S. Aliami, B. Muslih, Zulistiani, and R. Sardanto, “Analisis Segmenting, Targeting, dan Positioning Pada Batik Tulis Ningrat Prasojo,” J. Penelit. Manaj. Terap. Penataran, vol. 7, no. 1, 2022, [Online]. Available: https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/596/620
[10] F. K. Marpaung, M. W. A. S, A. Sofira, and S. Aloyna, “PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN INDOMIE PADA PT. ALAMJAYA WIRASENTOSA KABANJAHE,” J. Manaj., vol. 7, no. 1, 2021, [Online]. Available: file:///C:/Users/Lani/Downloads/134-138-1-PB.pdf
[11] S. Hanryani and I. K. Anggraini, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA MENGGUNAKAN AP-LIKASI ONLINE FOOD DELIVERY DALAM KONDISI PANDEMI COVID-19,” J. Dev. Econ. Soc. Stud., vol. 1, no. 4, 2022, [Online]. Available: https://jdess.ub.ac.id/index.php/jdess/article/view/73/56
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.