SISTEM INFORMASI PENJUALAN SPAREPART KENDARAAN STUDI KASUS DI BENGKEL FIKRI MOTOR BERBASIS WEB BASED DENGAN METODE WATERFALL
Abstract
Bengkel Fikri Motor merupakan perusahaan dagang bergerak di bidang penjualan sparepart seperti kenalpot, lampu motor, busi, spion dan lain - lain, dimana proses promosi dan penjualannya masih bersifat konvensional. Artinya pelanggan harus mendatangi bengkel untuk dapat melakukan pembelian produk. Rancang bangun sistem informasi penjualan di bengkel Fikri Motor merupakan langkah untuk meningkatkan penjualan dan promosi produk sehingga dapat memberikan keuntungan bagi bengkel itu sendiri. Tujuan membangun sistem informasi penjualan sparepart ini pelanggan dapat melakukan pemesanan produk tanpa harus datang ke bengkel Fikri Motor, pihak bengkel pun dapat mengatasi masalah pengolahan produk, pengolahan pemesanan sehingga memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mendapatkan informasi tentang produk yang tersedia pada bengkel Fikri Motor. Sistem ini dirancang menggunakan bahasa program PHP dengan menggunakan manajemen database MySQL dan metode waterfall sedangkan untuk editornya sendiri menggunakan Visual Studio. Hasil dari penelitian ini adalah dengan diimplementasikan sistem informasi penjualan sparepart ini dapat digunakan sebagai sarana promosi penjualan yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun, proses pembelian dapat secara langsung tanpa harus datang ke toko, serta dapat mempermudah proses transaksi pembelian produk sehingga dapat meningkatkan penjualan dari bengkel Fikri Motor itu sendiri.
Downloads
References
[2] W. Srisadono, “STRATEGI PERUSAHAAN E-COMMERCE MEMBANGUN BRAND COMMUNITY DI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN,” JURNAL PUSTAKA KOMUNIKASI, vol. 1, no. 1, pp. 167–179, 2018.
[3] R. Dadan Zaliluddin, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS PADA NEWBIESTORE),” INFOTECH journal, vol. 4, no. 1, pp. 24–27, 2018.
[4] M. Syariat, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO FAISAL ELEKTRONIK 2 INDRAGIRI HILIR BERBASIS WEB,” Jurnal Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, pp. 51–62, 2020.
[5] E. Susanto et al., “Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Metode SDLC (System Development Life Cycle),” Jurnal Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian dan Industri Terapan, vol. 10, no. 1, pp. 1–9, 2021.
[6] N. P. Farhan Ramadhan, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT. Mustika Jati,” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 5, no. 1, pp. 43–57, 2018.
[7] M. Alshayeb, H. Mumtaz, S. Mahmood, and M. Niazi, “Improving the Security of UML Sequence Diagram Using Genetic Algorithm,” IEEE Access, vol. 8, pp. 62738–62761, 2020, doi: 10.1109/ACCESS.2020.2981742.
[8] A. Fu’adi, A. Prianggono, A. Komunitas, N. Pacitan, A. A. Id, and A. A. Id, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Akademi Komunitas Negeri Pacitan Menggunakan Diagram UML dan EER,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol.16, no. 1, 2022.
[9] R. Sastra, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian,” Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, vol. 7, no. 1, 2021, doi: 10.31294/jtk.v4i2.
[10] Y. E. Achyani and S. Saumi, “Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Manajemen Buku Perpustakaan Berbasis Web,” Jurnal SAINTEKOM, vol. 9, no. 1, p. 83, 2019, doi: 10.33020/saintekom.v9i1.84.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.