EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI TEKNOLOGI FINGERPRINT TERHADAP OTOMATISASI ABSENSI PENGAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT
Abstract
Dalam dunia pendidikan, fingerprint merupakan alat teknologi yang membantu untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan serta jajaran pengajar dalam hal kehadiran. Dalam pendidikan, kedisiplinan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan hasil yang optimal. Fingerprint sudah banyak diterapkan di lembaga-lembaga sekolah yang berfungsi untuk melatih karyawan-karyawannya terutama jajaran pengajar dalam meningkatkan kedisiplinan dan mengingkatkan efektifitas kinerja. Kriteria untuk mengukur efektif penerapan sistem absensi finger print yakni pencapaian target, kemampuan adaptasi, kepuasan kerja, Tanggung jawab Organisasi dapat melaksanakan mandat yang telah diembannya sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat sebelumnya. Untuk mendapatkan kelengkapan data dan informasi yang sesuai dengan fokus penelitian maka yang dijadikan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Penulis simpulkan bahwa dengan menggunakan pola matriks IFAS dan EFAS yang telah dilakukan maka dapat di ketahui kondisi SMKN 4 Jakarta dalam menggunakan teknologi fingerprint sebagai otomatisasi daftar hadir pengajar yaitu (1) Dengan menggunakan fingerprint, daftar hadir pengajar menjadi efektif dan kedisiplinan pengajar menjadi meningkat. (2) Dengan menggunakan fingerprint, mengerjakan pekerjaan menjadi lebih tepat waktu. (3) Fingerprint memiliki ketelitian yang tinggi sehingga meminimalisir kecurangan pada daftar hadir pengajar.
Downloads
References
[2] P. Wesha, Kinerja Organisasil, Jakarta: Pembaharuan, 1992.
[3] A. W. Y. Heroe Santoso, “Analisa Dan Perancangan Sistem Absensi Siswa Berbasis Web Dan SMS Gateway,” Jurnal Matrik, p. 67, 2017.
[4] M. S.Panggabean, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bogor: Ghalia Indonesia, 2002.
[5] I. H.Misbach, Dahsyatnya Sidik Jari, Jakarta: Transmedia Pustaka, 2010.
[6] E. Maeyasari, “Pengaruh Efektivitas Absensi Fingerprint Terhadap Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat Daerah Kabupaten Lebak”, Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang,” p. 19, 2012.
[7] S. P. Siagian, Manajemen Strategik, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2000.
[8] F. Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1997.
[9] W. Sujarweni, Statistika Untuk Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2015.
[10] I. Hasan, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
[11] Supriyadi, E., & Prasetiyawati, P. (2022). Panduan Praktis Belajar Microsoft Excel 2021 (Vol. 1). TOHAR MEDIA.
[12] Supriyadi, E., Sofiana, M., Sihombing, N. L. N., Putri, A. O., Dewi, A. K., & Harum, C. D. (2022). Proses Transaksi Sewa Ruangan Berbasis Virtual Office. JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS, DAN SOSIAL (EMBISS), 2(3), 322-326.
[13] Supriyadi, E., Sofiana, M., Agoestyowati, R., Aryani, F., & Sari, S. N. (2022). CBIS-based information system strategy analysis in order to improve service quality at the serdang post office using SWOT. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), 6(2), 476-485.
[14] Supriyadi, E., & Sofiana, M. (2021). Strategi Pengembangan Sistem Informasi Berbasis E-KTP di Kantor Kelurahan Galur (Studi Kasus Kelurahan Galur Kota Jakarta Pusat). Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 69-74.
[15] Supriyadi, E., & Sofiana, M. (2022). Analisa Manajemen Strategi Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Menggunakan Metode SWOT (Studi Kasus PT XYZ). Jurnal Sistem Informasi, 11(1), 30-35.
[16] Sofiana, M., Supriyadi, E., Junaidi, A., & Putri, K. A. (2022). Implementasi E-Recruitment Karyawan Kontrak pada PT Pegadaian Kanwil IX Jakarta 2 di Era Pasca Pandemi Covid-19. JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS, DAN SOSIAL (EMBISS), 3(1), 108-117.
[17] Supriyadi, E. (2015). Analisa Web untuk Memahami Perilaku Konsumen Online Studi Kasus “Store Steam Powered”. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 7(2), 185-194.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.