PENGARUH KOMPETENSI DOSEN TERHADAP KINERJA DOSEN YANG DIMODERASI OLEH REKRUTMEN

(Studi Kasus Di Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Bandung)

  • Tubagus Faisal Fahmi STIE Ekuitas Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi dosen terhadap kinerja yang dimoderasi oleh rekrutmen. Fungsi dari moderasi ini adalah untuk menunjukkan bahwa rekrutmen memperkuat pengaruh kompetensi dosen terhadap kinerja dosen. Penelitian ini menggunakan data primer dari kuesioner yang disebarkan kepada 65 dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Bandung. Pengujian hipotesis menggunakan metode Moderated Regression Analisis (MRA). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Kompetensi dosen menjalankan tugasnya belum sepenuhnya sesuai dengan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional; 2) Kinerja dosen perlu ditingkatkan sesuai dengan bidangnya; 3) Rekrutmen harus ditingkatkan mengacu kepada peraturan dan perundangan; 4) ketiga variable penelitian tersebut terlihat bahwa rekrutmen sebagai variable moderasi memperkuat dampak kompetensi dosen terhadap kinerja dosen sebesar 42,6%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Mondy, R. Wayne, Noe Robert M., (2011). Human Resource Management, Tenth Edition, Jilid I, Penterjemah Bayu Airlangga, M.M., Penerbit Erlangga, Jakarta.
[2] Dessler, Gary. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesepuluh. Alih bahasa oleh: Paramita Rahayu. PT.Indeks. Jakarta.
[3] Undang-Undang No 14 tahun 2005 tentang Guru Dan Dosen.
[4] Robbins, Stephen. (2016). Perilaku Organisasi. Prentice Hall. PT Indeks Kelompok Gramedia. Edisi Bahasa Indonesia. Edisi Kesepuluh.
[5] Kaur, Jaideep & Vikas Kumar. (2013). Competency Mapping: A Gap Analysis, International Journal of Education and Research Vol. 1 No. 1 January 2013
[6] Fejfarová Martina, Hana Urbancová. (2015). Application Of The Competency-Based Approach In Organisations In The Czech Republic, Business Administration and Management, XVIII, 2015.
[7] Shaleh, Abdul Rahman. (2005). Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[8] Rivai, Veithzal dan Sagala, Jauvani. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Cetakan ke-5. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
[9] Basalamah, Muhammad Syafi’i. (2017). The influence of Motivation, Competence, and Individual Characteristics on Performance Clerk (the Study) in The City of Makassar, International Journal of Scientific and Technology Research Volume 6, Issue 12, December 2017.
[10] Usman, U. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[11] Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
[12] Gomez-Mejia, Luis R and David B. Balkin and Robert L. Cardy. (2012). Managing Human Resources. New Jersey: Pearson Education inc Publishing as Prentice Hall
[13] Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
[14] Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R &D. Jakarta: Erlangga.
[15] Hair, Jr et.al. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed). United States: Pearson.
[16] Mulyasa, E. (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya
[17] Blazey, et al. (2009). Insight to Performance Exellence in Education 2001: An Inside Look at the 2001 Baldridge Award Criteria for Education. Winconsin: ASQ Quality Press.
[18] Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Penempatan Tenaga Kerja.
Published
2023-05-06
How to Cite
FAHMI, Tubagus Faisal. PENGARUH KOMPETENSI DOSEN TERHADAP KINERJA DOSEN YANG DIMODERASI OLEH REKRUTMEN. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 348-359, may 2023. ISSN 2598-8719. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/1075>. Date accessed: 30 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i2.1075.