VISUALISASI DATA TICKETING SERVICEDESK DENGAN DASHBOARD PADA PT BRANTAS ABIPRAYA (PERSERO)

Visualisasi Data Ticketing Servicedesk dengan Dashboard Pada PT Brantas Abipraya (Persero)

  • Astriana Mulyani Universitas Nusa Mandiri
  • Kartini Kartini Universitas Nusa Mandiri

Abstract

Visualisasi data merupakan suatu teknik dasar yang digunakan untuk mengkomunikasikan informasi secara jelas dan efisien kepada pengguna lewat grafik informasi yang dipilih, seperti tabel dan grafik. Visualisasi pada dashboard sistem informasi merupakan visualisasi data statistik pada database yang bertujuan untuk memudahkan pengguna membaca data statistik dalam bentuk visual. PT Brantas Abipraya yakni BUMN (Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang konstruksi yang didirikan pada 12 November 1980 di Malang, Jawa Timur, Sinergi dengan teknologi PT Brantas Abipraya (Persero) juga memiliki beberapa Sistem Informasi seperti website corporate dan Aplikasi internal yang mendukung proses bisnis perusahaan, Namun terdapat kendala seperti kerusakaan hardware perangkat kerja perusahaan atau anomali pada system informasi yg dimikili perusahaan, Untuk itu PT Brantas Abipraya memiliki Departemen bagian IT yang mendukung proses bisnis dengan bantuan teknologi dan digitalisasi. Dalam penerapan layanan IT sebagai salah satu pendukung bisnis perusahaan terdapat system Servicedesk sebagai sarana pelaporan insiden terkait IT dan system aplikasi internal perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] M. J. L. O. Adam S, "Pengembangan IT Helpdesk Ticketing Sistem Berbasis Web di Universitas Klabat Development of Web-based IT Helpdesk Ticketing System at Universitas Klabat," Cogito Smart Journal, Vols. VOL. 6 - NO.2, DECEMBER 2020.
[2] R. M. D. H. Bahrudin R, "Penerapan Helpdesk Ticketing System Dalam Penanganan Keluhan Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Web," JUTIS, vol. Vol. 7 No. 1, 2019.
[3] P. A. A. A. I. R. A. I. R. Afikah, "IMPLEMENTASI BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK MENGANALISIS DATA KASUS VIRUS CORONA DI INDONESIA MENGGUNAKAN PLATFORM TABLEAU," Vols. Volume 9 Nomor 1,, 2022.
[4] Septy Angreini & Edi Supratman, "Visualisasi Data Lokasi Rawan Bencana Di Provinsi Sumatera Selatan Menggunakan Tableau," 2021.
[5] W. P. C. &. E. P. Silmina, "Visualization of COVID-19 Data in Yogyakarta City Using Data Studio," vol. VII, Mar 08, 2022.
[6] D. Hartama, "ANALISA VISUALISASI DATA AKADEMIK MENGGUNAKAN TABLEAU BIG DATA," Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JURASIK), vol. III, 2018.
[7] Khotimah K, "PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DATA WAREHOUNTUK MENDUKUNG SISTEM AKADEMIK (STUDI KASUS PADA STKIP MUHAMMADIYAH KOTABUMI)," Jurnal TIM Darmajaya, vol. Vol. 02 No. 01, Mei 2016.
[8] W. R. M. Z. Deny Jollyta, Konesep Datamining & Terapan, Jakarta: Deepublish, 2020, 2020.
[9] D. A. C. Jannati, "PENGEMBANGAN INTELLIGENCE DASHBOARD SYSTEM STUDI KASUS KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK," http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44326, Vols. v, 231 hal, Jun-2016.
[10] A. . Kristanto, "Kecerdasan buatan / Andri Kristanto," , 2010. [Online]. Available: http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/buku/detail/kecerdasan-buatan-andri-kristanto-42806.html. [Accessed 4 5 2022].
Published
2023-05-06
How to Cite
MULYANI, Astriana; KARTINI, Kartini. VISUALISASI DATA TICKETING SERVICEDESK DENGAN DASHBOARD PADA PT BRANTAS ABIPRAYA (PERSERO). Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 289-300, may 2023. ISSN 2598-8719. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/1074>. Date accessed: 28 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i2.1074.

Most read articles by the same author(s)