Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan

  • Maharesi Satrio Nugrohojati Hidayatul Aziz Universitas Stikubank Semarang
  • Listyorini Wahyu Widati Univesitas Stikubank Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh Leverage, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Populasi pada penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2019-2021. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang didapatkan dari laporan keuangan. Perusahaan manufaktur barang konsumsi yang terdaftar pada BEI periode 2019-2021 sebanyak 72 perusahaan, dan diperoleh sampel sebanyak 53 perusahaan. Sampel penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling pada perusahaan dengan ketentuan yaitu terdaftar di BEI periode 2019-2021 dan menerbitkan laporan keuangan yang diperlukan terkait dengan variabel yang diteliti. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan software IBM SPSS Statictics 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan Pertumbuhan Perusahaan tidak memiliki pengaruh dan berarah negatif terhadap Nilai Perusahaan.


Kata kunci : leverage; nilai perusahaan; pertumbuhan perusahaan; profitabilitas; ukuran perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] I. Zuhroh, “The Effects of Liquidity, Firm Size, and Profitability on the Firm Value with Mediating Leverage,” KnE Social Sciences, 2019.
[2] N. A. M. Aeni dan N. F. Asyik, “Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan,” Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 2019.
[3] D. D. Bergh, B. L. Conelly, D. J. Ketchen Jr. and L. M. Shannon, "Signalling Theory and Equilibrium in Strategic Management Research: An Assessment and a Research Agenda," Journal of Management Studies, 2014.
[4] A. Z. Fajaria dan I. , “The Effect of Profitability, Liquidity, Leverage and Firm Growth of Firm Value with its Dividend Policy as a Moderating Variable,” International Journal of Managerial Studies and Research, 2018.
[5] I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, Semarang: Universitas Diponegoro, 2018.
[6] V. Hendrayani dan M. N. Amin, “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Hutang dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan,” AKUNTABILITAS , 2022.
[7] S. Husnan dan E. Pudjiastuti, Dasar-dasar manajemen keuangan, ed.7, Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2015.
[8] K. P. R. Indonesia, “Industri Makanan dan Minuman Jadi Sektor Kampiun,” 18 Februari 2019. [Online]. Available: https://kemenperin.go.id/artikel/20298/industri-makanan-dan-minuman-jadi-sektor-kampiun-. [Diakses 19 Oktober 2022].
[9] M. C. Jensen and W. H. Meckling, "Theory of the Firm: Managerial Behavior,Agency Cost and Ownership Structure," Journal of Financial Economics, 1976.
[10] A. News, “Sektor consumer good jadi idola investor saham saat pandemi,” 2 September 2022. [Online]. Available: https://www.antaranews.com/berita/1701454/sektor-consumer-good-jadi-idola-investor-saham-saat-pandemi. [Diakses 19 Oktober 2022].
[11] H. Novita, R. Samosir, R. K. Sarumaha dan E. Saragih, “PENGARUH HARGA SAHAM, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR TERDAFTAR BEI 2018-2020,” Jurnal Studi Akuntansi dan Keuangan, 2022.
[12] E. Purba, B. Purba, A. Syafii, F. Khairad, D. Demanik, V. Siagian, A. M. Ginting, H. P. Silitonga, N. Fitriana, Arfandi SN dan R. Ernanda, “Metode Penelitian Ekonomi,” dalam Metode Penelitian Ekonomi, Yayasan Kita Penulis, 2021, pp. 50-51.
[13] Z. Ramdhonah, I. Solikin dan M. Sari, “Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017),” JURNAL RISET AKUNTANSI DAN KEUANGAN, 2019.
[14] B. A. Santoso dan I. Junaeni, “Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan,” Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nlai Perusahaan, 2022.
[15] I. n. A. Suwardika dan I. k. Mustanda, “Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti,” E-Jurnal Manajemen Unud, p. 1252, 2017.
[16] V. M. Lanjas, S. dan N. Sisharini, “The Effect of Capital Structure, Company Growth, and Profitability on firm value,” Journal of Finance and Accounting, 2021.
[17] S. Hendraliany, “Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Deviden dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017),” Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 2019.
[18] I. G. N. A. d. Pramana dan I. K. Mustanda, “Pengaruh Profitabilitas dan Size terhadap Nilai Perusahaan dengan CSR sebagai Variabel Pemoderasi,” E-Journal Manajemen Universitas Udayana, 2016.
[19] Purnama, S. P. Indah dan N. Abudanti, “Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Leverage Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan,” Journal Management of Finance, 2014.
[20] V. Silvia, Statistika Deskriptif, Penerbit Andi, 2020.
[21] E. F. Brigham dan J. F. Houston, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 2 Edisi 11, Jakarta: Salemba Empat, 2011.
[22] E. F. Brigham dan J. F. Houston, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 1 Edisi 10, Jakarta: Salemba Empat, 2009.
[23] E. F. Brigham dan P. R. Daves, Intermediate Finnancial Management: Tenth, South Western: Cengage Learning, 2010.
[24] S. S. Harahap, Analisis kritis atas laporan keuangan, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2011.
[25] S. Husnan, Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan, Yogyakarta: BPFE, 2014.
[26] B. Riyanto, Dasar-dasar pembelanjaan perusahaan, Yogyakarta: BPFE, 2010.
[27] S. Kasmir, Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.
[28] M. Arifianto dan M. Chabachib, “Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan yang terdaftar pada Indeks Lq-45 Periode 2011-2014),” Diponegoro Journal Management, 2016.
[29] Y. Badruddien, T. T. Gustyana dan A. S. Dewi, “The Influence Of Good Corporate Governance , Leverage and Firm Size to Firm Value ( Empirical Study On The Consumer Goods Industry Sector in Indonesia Stock Exchange Period 2012-2015 ),” E-Proceeding of Management, 2017.
[30] N. M. Chusnitah dan E. D. Retnani, “Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan,” Jurnal Ilmu dan Riset AkuntansI, 2017.
[31] N. l. S. Dewantari, W. Cipta dan G. p. A. J. Susila, “Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food And Beverages Di Bei,” Jurnal Prospek, 2019.
[32] D. a. S. Dewi, I. d. M. Endiana dan I. G. A. A. Pramesti, “Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020,” JURNAL KHARISMA, 2022.
[33] L. Herawati, “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang terdaftar dalam Indeks Lq45,” Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya, 2017.
[34] M. Irsad dan S. Sudarsi, “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Deviden, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Manufaktur yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017),” SENDIU, 2020.
[35] S. Lumoly, S. Murni dan V. N. Untu, “Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan,” Jurnal EMBA, 2018.
[36] N. S. Pramudia dan S. R. Fuadati, “Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan,” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 2020.
[37] M. Rahayu dan B. Sari, “Faktor-Faktor yang mempengaruhi Nilai Perusahaan,” IKRAITH-HUMANIORA, 2018.
[38] C. K. Saputri dan A. Giovani, “Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan,” Journal of Management Studies, 2021.
[39] D. R. Sutama dan E. Lisa, “Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia),” Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, 2019.
[40] I. Yunita dan L. G. S. Artini, “Peran Struktur Modal sebagai Mediator antara Pertumbuhan Perusahaan dan Nilai Perusahaan,” E-Journal Manajemen, 2019.
Published
2023-02-01
How to Cite
HIDAYATUL AZIZ, Maharesi Satrio Nugrohojati; WIDATI, Listyorini Wahyu. Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 171-184, feb. 2023. ISSN 2598-8719. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/1031>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i1.1031.