Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Pengaduan Customer Pada PT. Astra Graphia Tbk Berbasis Web

  • Muhammad Lutfi Universitas Bung Karno
  • Bernadus Gunawan Sudarsono Universitas Bung Karno
  • Sharyanto Sharyanto Universitas Bung Karno

Abstract

PT Astra Graphia Tbk adalah perusahaan yang mendistibusi barang berupa mesin fotocopy Xerox dan sudah exclusive distributor. Dalam melayani pengaduan customer ada beberapa masalah yang dihadapi seperti pada proses pengisian data pengaduan dimana masih menggunakan kertas sebagai formulir pengaduan yang rentan hilang sebelum sampai kebagian kepala gudang, customer harus menggu waktu yang cukup lama untuk mengetahui pengaduannya diterima atau tidak, lamanya proses permohonan acc pengaduan karena padatnya jadwal kepala gudang sehingga jarang ada ditempat, dan belum adanya laporan untuk mengetahui banyaknya pengaduan customer baik masih dalam proses, diterima ataupun ditolak. Dalam mendefinisikan kebutuhan dan analisa serta perancangan sistem untuk perusahaan dibutuhkan metode pengumpulan data dengan cara stud pustaka, observasi, wawancara, perancangan, dan pengujian. Untuk metodeĀ  analisa dan konsep sistem informasi ini digunakan model unifeld modelling language (UML). Hasil dari penulisan skripsi ini akan dibangunnya sistem informasi Aplikasi yang diharapkan mampu menghadapi permasalahan yang ada pada perusahaan tersebut. Sistem informasi keterampilan yang dimiliki setiap manusia ini dibuat dengan memakai bahasa pemrograman PHP, database MySql. Dengan adanya sistem informasi pengaduan customer ini maka dapat menangani keluhan yang dialami perusahaan pada proses sistem berjalan. Seperti adanya laporan pengaduan customer, informasi pengaduan, dan formulir sudah berbasis sistem, sehingga mengurangi penggunaan kertas pada formulir.

Author Biographies

Muhammad Lutfi, Universitas Bung Karno

Program Studi Sistem Informasi

Bernadus Gunawan Sudarsono, Universitas Bung Karno

Departemen Ilmu Komputer

Sharyanto Sharyanto, Universitas Bung Karno

DEpartemen Sistem Informasi

References

[1] Agus, Wibowo & Aris Purnomo. 2007. Mekanisme Komplain Agar Pelayanan Publik Lebih Memihak Masyarakat Miskin. Jakarta: PATTIRO dan ACCESS.
[2] Hutahaean, Jefferson. 2014. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.
[3] S. Lastiansah, Pengertian User Interface. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
[4] Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
[5] A. K. dan D. Satori, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2012.
Published
2022-04-30
How to Cite
LUTFI, Muhammad; SUDARSONO, Bernadus Gunawan; SHARYANTO, Sharyanto. Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Pengaduan Customer Pada PT. Astra Graphia Tbk Berbasis Web. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 192-197, apr. 2022. ISSN 2797-0930. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/JMIJayakarta/article/view/837>. Date accessed: 25 july 2025. doi: https://doi.org/10.52362/jmijayakarta.v2i2.837.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.