PERANCANGAN UI/UX PADA WEBSITE FURNITURE LOGOFURNI MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN
Abstract
Logofurni, perusahaan furnitur yang telah berdiri selama 10 tahun dengan awal yang sederhana, kini telah berkembang menjadi penjual puluhan ribu unit produk kepada pelanggan setia. Terkenal karena kemampuannya mempercantik ruang di rumah dan kantor, Logofurni memperluas kehadirannya melalui platform online dengan desain UI/UX untuk menarik perhatian pengguna. Menggunakan metode User Centered Design (UCD) yang berpusat pada pengguna. Evaluasi menggunakan System Usability Scale (SUS) memberikan rating good dengan skor rata-rata 72,5 menunjukkan tingkat kegunaan yang baik. Saran untuk meningkatkan pengalaman pengguna termasuk meningkatkan kualitas gambar produk dengan foto beresolusi tinggi, menerapkan fitur zoom pada gambar produk, serta memperbarui tata letak dan desain keseluruhan website untuk meningkatkan navigasi dan keseluruhan pengalaman pengguna.
References
[2] Eugenia, M. P., Abdurrofi, M., Almahenzar, B., & Khoirunnisa, A. (2022). Pendekatan Metode User-Centered Design dan System Usability Scale dalam Redesain dan Evaluasi Antarmuka Website. Dipetik Juli 7, 2024, dari https://prosiding.stis.ac.id/index.php/semnasoffstat/article/view/1454/387
[3] Fernando, F. (2020). PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) & USER EXPERIENCE (UX) APLIKASI PENCARI INDEKOST DI KOTA PADANGPANJANG. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 7(2). Dipetik Juli 5, 2024, dari https://ojs.unm.ac.id/tanra/article/view/13670/8640
[4] Haikal, M., Kusuma, R. S., Nauvanda, S. E., & Safitri, M. (2022, Oktober). PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA WEB MB TOURS AND TRAVEL BEKASI. JIKA (Jurnal Informatika). Dipetik Juli 7, 2024, dari https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jika/article/view/6777/3685
[5] Pramudita, R., Arifin, R. W., Alfian, A. N., Safitri, N., & Anwariya, S. D. (2021). PENGGUNAAN APLIKASI FIGMA DALAM MEMBANGUN UI/UX YANG INTERAKTIF PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA STMIK TASIKMALAYA. Vol 3(No 1). Dipetik Juli 7, 2024, dari https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/JurnalBuanaPengabdian/article/view/1542/ 1164
[6] Suharni, Ratnasari, L., Lestari, M., & Haikal, F. (2024). PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE PRODUK MARKISA MANIS MENGGUNAKAN STRUKTUR NAVIGASI DAN UML. Jurnal Rekayasa Informasi, 13(1). Dipetik Juli 5, 2024, dari https://ejournal.istn.ac.id/index.php/rekayasainformasi/article/view/1938
[7] Susanto, A., & Asmira. (2017). Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Informasi Menggunakan Metode Web Engineering. Jurnal Sistem Informasi dan Sistem Kompute, 2(3). Dipetik Juli 8, 2024, dari https://e- jurnal.stmikbinsa.ac.id/index.php/simkom/article/view/23/18
[8] Sutanto, R. P. (2022). Analisis User Flow pada Website Pendidikan: Studi Kasus Website DKV UK Petra. Vol 22(No 1). Dipetik Juli 7, 2024, dari https://www.researchgate.net/publication/361175161_Analisis_User_Flow_pada_Websi te_Pendidikan_Studi_Kasus_Website_DKV_UK_Petra
[9] Umiga, M. (2022). Perancangan User Interface(UI) dan User Experience(UX) Aplikasi e-LearningStudi Kasus SMK N Jenawi dengan Pendekatan User Centered Design. Jurnal Cakrawala Informasi, Vol 2(No 2). Dipetik Juli 7, 2024, dari https://itbsemarang.ac.id/sijies/index.php/jci/article/view/242/198
[10] Wibisono, G., & Susanto, W. E. (2015). Perancangan Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Batik Khas Kabupaten Kulonprogo. Jurnal Evolusi, Vol 3(No 2). Dipetik Juli 7, 2024, dari https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/evolusi/article/view/630/521
[11] Wiwesa, N. R. (2021). USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE UNTUK MENGELOLA KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2). Dipetik Juli 2, 2021, dari https://scholarhub.ui.ac.id/cgi/viewcontent.cgi?article=1071&context=jsht

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.