RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN KODULAR

  • Muji Santoso Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat
  • Muhammad Rauf A. Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat
  • Iwan Iwan Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat
  • Mudrika Mudrika Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat

Abstract

Pembuatan aplikasi Belajar Mengaji membahas tentang pembelajaran huruf hijaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk membantu para orang tua untuk mengenalkan huruf hijaiyah kepada anaknya. Selain itu, dapat memudahkan pengguna dalam dan mempelajari materi huruf hijaiyah beserta tanda bacanya dimana pun dan kapan pun. Aplikasi Belajar Mengaji ini dapat digunakan pengguna untuk melihat materi berupa huruf hijaiyah serta dilengkapi dengan latihan soal huruf hijaiyah untuk mengasah kemampuan pengguna.Aplikasi Belajar Mengaji ini dibuat dengan menggunakan Kodular. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode System Development Life Cycle (SDLC), yang terdiri dari perencanaan, analisis, perancangan, pembuatan dan implementasi serta uji coba.Aplikasi ini dapat menjadi media alternatif selain buku dalam pembelajaran huruf hijaiyah dan dapat memudahkan para orang tua untuk mengajarkan huruf hijaiyah kepada anak-anaknya.

References

[1] Ririn Oktavia Hasan, Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Papan Magnetik Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas VI SLB Karya Padang. Jurnal Ilmiah JUPEKHU Vol. 5 No. 2 ,2016, hal. 115-125
[2] Budiyono B, Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, Vol. 6 No. 2 2020 hal. 300–309.
[3] Sariyun Naja Anwar, Isworo Nugroho, Endang Lestariningsih. (2015) Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Mobile Semarang Guidance Pada Android. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol. 20 No, 1 2015 hal. 148-158
[4] Ahmad Ansori. Pengertian UML (Unified Modeling Language) : Jenis, Tujuan, Notasi, dan Contohnya. : https://www.ansoriweb.com/2020/03/pengertian-uml.html
[5] Umi Kholifah, Nurulita Imansari,. Pelatihan Membangun Aplikasi Mobile Menggunakan Kodular Untuk Siswa SMPN 1 Selorejo. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarkat Vol. 4 No. 1 2022 hal. 549-553
[6] Yuliatmoko. Struktur Navigasi Multimedia, Merancang Storyboard, Macam Aplikasi;Multimedia. https://yuliatmoko.blogspot.com/2018/11/struktur-navigasi-multimedia-merancang.html
[7] Rahmat Agus Sandika . Pengertian SDLC dan Macam-Macam Metode SDLC. Tulisan pada https://rahmatagusblog.wordpress.com/2018/11/11/pengertian-sdlc-dan-macam-macam-metode-sdlc/
[8] Miftahul Huda. (2021). Menulis Buku Digital Modern. ISBN 9786232246027. Bitread Publishing
[9] Debiyanti., Sutrisna., Budrio., Kamal, K. A., & Yulianti, “Pengujian Black Box pada Perangkat Lunak Sistem Penilaian Mahasiswa Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis”. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, Vol. 5 No. 2 2020 hal. 162- 166.
[10] Ardy Pamungkas, R., & Husni Thamrin, S. T. (2020).Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Kodular pada Materi Percabangan dan Perulangan guna Meningkatkan Pemahaman Siswa (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Published
2024-04-25
How to Cite
SANTOSO, Muji et al. RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN KODULAR. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 150-161, apr. 2024. ISSN 2797-0930. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/JMIJayakarta/article/view/1466>. Date accessed: 17 july 2025. doi: https://doi.org/10.52362/jmijayakarta.v4i2.1466.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.