RANCANG BANGUN APLIKASI CAT STREETFEEDING BERBASIS ANDROID

  • Iwan Wardi Universitas Gunadarma
  • Maureen Camilatuzzahra Universitas Gunadarma
  • Muji Santoso Universitas Gunadarma
  • Mudrika Mudrika Universitas Gunadarma

Abstract

Street Feeding adalah proses pemberian makanan yang dilakukan oleh manusia kepada hewan liar yang biasa ditemukan dijalanan. Hewan liar tersebut dapat berupa anjing maupun kucing, karena kedua hewan ini banyak yang tidak berpemilik, sehingga banyak dijumpai kondisi hewan terlantar dengan kondisi kurang baik. Tujuan dari Street Feeding selain untuk memenuhi asupan nutrisi pada hewan, adalah agar manusia, makhluk hidup yang diciptakan Tuhan dengan akal, memiliki empati terhadap makhluk hidup lain yang hidup beriringan dengan manusia. Namun, kurangnya edukasi street feeding di Indonesia berujung pada masyarakat yang masih tidak peduli dengan hewan liar. Maka dari itu dibangun aplikasi Cat Street Feeding ini adalah agar masyarakat mendapatkan informasi mengenai proses street feeding, seperti tujuan dari street feeding, informasi jenis makanan yang digunakan, dan masyarakat dapat berdonasi untuk kucing liar yang nantinya proses pemberian makan akan didokumentasikan dan buktinya disisipkan pada aplikasi. Dari hasil uji coba pada beberapa perangakt smartphone, dapat disimpulkan bahwa aplikasi berjalan dengan baik, tidak ada hambatan, dan gambar pada aplikasi terlihat jelas. Aplikasi dapat berjalan dengan baik pada perangkat smartphone android.

References

[1] Herlinah, S. and Musliadi, K.H.,Pemrograman Aplikasi Android dengan Studio,Photoshop, dan Audition. Elex Media Komputindo. 2019.
[2] Kurniawan, T.B., Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman pada Cafetaria No Caffe di Tanjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP Dan MySQL. JURNAL TIKAR, 1(2), pp.192-206. 2020.
[3] Kusumawati, D. and Sardjana, K.W.,Kesukaan terhadap Rasa Makanan yang Berbeda bagi Kucing Liar. Media Kedokteran Hewan, 21(2). 2005.
[4] Puspitorini, I. and Sintawati, I.D., Penerapan data mining untuk kalsifikasi prediksi produk jenis makanan kucing yang sesuai kebutuhan dengan algoritma decision tree.Akrab Jurnal,6(4),pp.21-26. 2021.
[5] Susanty, Y., Memilih dan merawat kucing kesayangan. AgroMedia. 2004.
[6] Suwed, M.A. and Napitupulu, R.M., Panduan lengkap kucing. Penebar Swadaya Grup. 2011.
[7] M. Hilman Baehaki and S. Indriani Lestariningati, “Pemberi Pakan Hewan Peliharaan Berbasis Web,” J. Tek. Komput. Unikom - Komputika - Vol. 6, No. 1 - 2017, vol. 6, no. 1, pp. 13–16, 2017.
[8] Muhammad Rizky Imam Pamungkas1 ,Sony Sumaryo2,Agung Surya Wibowo3 Perancangan dan implementasi system monitoring pemeberi pakan kucing otomatis berbasis android Vol.6, No.1 April 2019
[9] Legina Praba Ayu1 , Rudi Prasetya2 , Nurmala Dewi Qadarsih” Pengembangan perangkat pemberi makan kucing otomatis berbasis internet of things” Vol 01 No 03 Tahun 2021.
[10] H. Ngarianto & A. A. S. Gunawan.”Pengembangan automatic pet feeder mengunakan platform blynk berbasis mikrokontroler esp8266”. Jurnal EMACS (Eng. Math. Comput. Sci. J.)2020.
Published
2023-07-16
How to Cite
WARDI, Iwan et al. RANCANG BANGUN APLIKASI CAT STREETFEEDING BERBASIS ANDROID. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 232-243, july 2023. ISSN 2797-0930. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/JMIJayakarta/article/view/1143>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/jmijayakarta.v3i3.1143.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.