Pendampingan dan pemberian bantuan penunjang kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas pada kelompok belajar Bina Hafidz Cendikia Indonesia - Lenteng Agung Kotamadya Jakarta selatan

  • Muji Santoso Universitas Gunadarma
  • Cut Asiana Gemawaty Universitas Gunadarma
  • Yuce Yuliani Universitas Gunadarma

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Perguruan Tinggi ini sebagai bentuk kepedulian dan rasa empati terkait keberlangsungan pendidikan khususnya kegiatan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Penerapan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan dilanjutkan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak bulan Maret 2020 hingga September 2021 ini, mengakibatkan terhentinya kembali kegiatan belajar mengajar secara tatap muka langsung di semua penyelenggara pendidikan formal maupun informal. Moda pembelajaran dalam jaringan atau daring (online) menjadi solusi efektif untuk tetap mengaktifkan kegiatan pembelajaran yang umumnya dilakukan di kelas meski sekolah telah ditutup mengingatakan menjadi beresiko tinggi penyebaran virus Covid-19 jika sekolah dibuka pada masa pandemi ini. Penerapan pembelajaran daring dalam jangka waktu yang cukup lama pada akhirnya menimbulkan masalah bagi peserta didik. Bentuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) Universitas Gunadarma ini membantu masyarakat yang terkena dampak langsung terhadap bidang pendidikan atas pemberlakuan PSBB dan PPKM, salah satunya adalah peserta didik kelompok belajar Yayasan Bina Hafidz Cendikia Indonesia yang berlokasi di daerah Lenteng Agung Kotamadya Jakarta Selatan, melalui pemberian pendampingan dan bantuan penunjang kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Namun mode pembelajaran ini perlu disosialisasi secara berkesinambungan serta ke depannya penting untuk dievaluasi sesuai dengan kondisi setempat mengingat sebaran fasilitas dan kemampuan peserta didik yang berbeda-beda. Melalui pendampingan pembelajaran yang dilakukan oleh Tenaga Pengajar Universitas Gunadarma diharapkan dapat membantu menjaga ketahanan kegiatan pembelajaran tersebut baik peserta didik dan para pengajarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] K. U. Kulsum, “Pembelajaran Tatap Muka Terbatas: Urgensi dan Peneapannya. Kompas Pedia.” 2021.
[2] S. R. Rahman, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19,” Indones. J. Educ. Sci., vol. 2, no. 02, pp. 81–89, 2020.
[3] A. N. Al Ansori, “Belajar di rumah akibat corona covid-19, ini pendapat dan harapan anak Indonesia. Liputan6.” 2020.
Published
2022-07-08
How to Cite
SANTOSO, Muji; GEMAWATY, Cut Asiana; YULIANI, Yuce. Pendampingan dan pemberian bantuan penunjang kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas pada kelompok belajar Bina Hafidz Cendikia Indonesia - Lenteng Agung Kotamadya Jakarta selatan. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 33-38, july 2022. ISSN 2798-8295. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/tridharmadimas/article/view/830>. Date accessed: 02 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v2i1.830.