Strategi Digital Marketing Untuk Penjualan Online Yang Menguntungkan Pada Yayasan Dharma Kasih Jakarta Timur

  • Santoso Setiawan Universitas Nusa Mandiri
  • Arief Rama Syarif Universitas Nusa Mandiri
  • Wida Prima Mustika Universitas Nusa Mandiri
  • Nicodias Palasara Universitas Nusa Mandiri

Abstract

Yayasan Dharma Kasih merupakan Yayasan yang membantu pemerintah dan peduli dan prihatin dalam permasalahan di bidang Pendidikan, Sosial/Kemanusiaan Keagamaan dan Kesehatan terutama untuk anak-anak terlantar baik terlahir karena keluarga tidak mampu maupun anak yatim piatu. Merupakan salah satu misi dari Yayasan Dharma Kasih yaitu menjalin kerjasama dengan pemerintah dan organisasi masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan ekonomi anak-anak yatim, piatu dan dhuafa. Selama ini mereka mengembangkan pendidikan non formal seperti penggunaan teknologi komputer dan membuat karya sendiri seperti membuat masker kain, membuat handsanitizer dan beberapa produk daur ulang, namun kegiatan tersebut tidak dapat berkembang untuk meningkatkan ekonomi mereka karena hanya untuk dikonsumsi sendiri. Permasalahan yang dihadapi adalah keterbatasan pengetahuan mereka dalam pemanfaatan teknologi komputer terutama memanfaatkan internet sebagai sarana untuk penjualan secara online yang kini sangat berkembang dan memudahkan mereka untuk memasarkan produk hasil karya mereka sendiri. Sebagai solusi untuk menambah pengetahuan mereka akan strategi pemasaran produk dengan pemanfaatan teknologi komputer maka diselenggarakanlah pengabdian masyarakat yang akan memperkenalkan strategi digital marketing untuk penjualan online yang menguntungkan, yang bertujuan agar pihak yayasan dapat lebih memahami dan memanfaatkan digital marketing serta untuk mengenalkan website mereka ke dunia luar serta dapat meningkatkan perekonomian mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. J. NAIMAH, M. W. WARDHANA, R. HARYANTO, and A. PEBRIANTO, “Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM,” J. IMPACT Implement. Action, vol. 2, no. 2, p. 39, 2020, doi: 10.31961/impact.v2i2.844.
[2] S. K. Tri Rachmadi, “Digital marketing: современное направление в маркетинге,” Наука Сегодня: Проблемы И Пути Решения. TIGA ebook, 2020, [Online]. Available: https://elibrary.ru/item.asp?id=29019727.
[3] M. T. Febriyantoro and D. Arisandi, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean,” JMD J. Ris. Manaj. Bisnis Dewantara, vol. 1, no. 2, pp. 61–76, 2018, doi: 10.26533/jmd.v1i2.175.
[4] Zanuar Rifai and D. Meiliana, “Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19,” BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 4, pp. 604–609, 2020, doi: 10.31949/jb.v1i4.540.
[5] A. Wardhana, “Prosiding Seminar Nasional STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN IMPLIKASINYA PADA KEUNGGULAN BERSAING UKM DI INDONESIA,” pp. 327–337, 2015.
[6] A. M. Irfanudin, C. D. Manik, and F. Faisal, “Pelatihan Digital Marketing Untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia,” J. Pengabdi. Dharma Laksana, vol. 2, no. 1, p. 19, 2019, doi: 10.32493/j.pdl.v2i1.3655.
Published
2022-07-08
How to Cite
SETIAWAN, Santoso et al. Strategi Digital Marketing Untuk Penjualan Online Yang Menguntungkan Pada Yayasan Dharma Kasih Jakarta Timur. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-8, july 2022. ISSN 2798-8295. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/tridharmadimas/article/view/799>. Date accessed: 02 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v2i1.799.