PKM Penerapan Teknologi Informasi Sebagai Sarana Kegiatan Belajar Mengajar Bagi Guru-Guru Sd Negeri Tugu 1 Cimanggis Kota Depok) )

  • Sri Melati Sagita Universitas Indraprasta PGRI
  • Rini Amalia Universitas Indraprasta PGRI
  • Achmad Faisal Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Saat ini, kasus coronavirus disease atau dikenal dengan istilah covid-19 di Indonesia telah terjadi lonjakan yang besar. Hal ini menjadi kekhawatiran karena kasus ini akan terus membesar risikonya dan mengancam banyak sektor, termasuk dunia pendidikan. Kini pendekatan pembelajaran telah berubah ke arah pembelajaran abad pengetahuan. Orang dapat belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Itulah ciri pembelajaran abad pengetahuan yang dikenal sebagai berbasis komputer, model pembelajaran daring atau Online Learning Model (OLM). Oleh karena itu proses belajar mengajar harus memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi. Beralihnya pembelajaran model konvesional dengan model pembelajaran daring, didapati beberapa kendala. Kendala pertama adalah kesiapan perangkat dan tentu paket data internet, kedua tidak semua guru dan murid siap mengoperasikan sistem pembelajran daring dengan cepat, termasuk juga mempersiapkan bahan pembelajaran secara digital. Para guru dan murid diharapkan mulai mentransfer pengetahuan dan ketramplian agar lebih kreatif dan inovatif dalam belajar, menerapkan teknologi Informasi agar dimanfaatkan seluasluasnya untuk menatap hari depan lebih cerah. Salah satu yang bisa dilakukan ialah penerapan teknologi informasi dengan pembelajaran daring atau Online Learning Model (OLM) dengan memiliki ketrampilan mengunakan aplikasi bandicam dan google form. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran landasan dan aplikasinya.
[2] Chandrawati, S. R. (2010). Pemamfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2).
[3] Ardiansyah, A. (2013). Meningkatkan Hasil belajar Pada Materi Pokok Hidrokarbon Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) Bermuatan Karakter siswa kelas X-4 SMAN 6 Banjarmasin. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 4(1).
[4] Suyanto, A. H. (2005). Mengenal E-learning. Universitas Gadjah Mada.[On-Line]. Tersedia: Http: Www. Asep-Hs. Web. Ugm. Ac. Id.
Published
2021-12-01
How to Cite
SAGITA, Sri Melati; AMALIA, Rini; FAISAL, Achmad. PKM Penerapan Teknologi Informasi Sebagai Sarana Kegiatan Belajar Mengajar Bagi Guru-Guru Sd Negeri Tugu 1 Cimanggis Kota Depok) ). TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 123-129, dec. 2021. ISSN 2798-8295. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/tridharmadimas/article/view/658>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v1i2.658.