Promosi Keripik Kentang “Terbang” Ibu Yati Oma Melalui Label Produk Kemasan

  • Yayah Rukiah Universitas Indraprasta PGRI
  • Taufiq Akbar Universitas Indraprasta PGRI
  • FC. Ndaru Ranuhandoko Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat atau abdimas ini adalah untuk membantu mitra untuk mempromosikan produk dagangnya melalui label dagang/label produk pada kemasan. Abdimas yang dilakukan adalah salah satu kewajiban dari tridarma dosen. Kegiatan ini dilakukan di PKM KERIPIK KENTANG “TERBANG” IBU YATI OMA SRENGSENG JAKARTA BARAT yang berlokasi di Jalan Delima No. 48 Rt 008 Rw 01 Kelurahan Srengseng Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Keripik kentang “Terbang” ibu Yati Oma ini merupakan industri tumah tangga (homeindustry). Industri rumahan selama ini kurang memiliki kemampuan untuk bersaing di pasar, disebabkan karena rendah pengetahuan, keterampilan, dan kapabilitas terhadap penguasaan teknologi serta akses permodalan, padahal keberadaannya memiliki posisi penting dalam perekonomian nasional. Hal ini juga yang terjadi pada industri rumah tangga keripik kentang “Terbang”. Sejak membuka usaha ini sampai sekarang keripik kentang “Terbang” belum memiliki label dagang pada kemasannya. Berdasarkan hal tersebut tim kami berinisiatif untuk memberikan rancangan label dagang yang akan ditempelkan pada kemasan keripik kentang yang merupakan salah satu media promosi. Label memiliki peran penting pada produk makanan kemasan dan harus memenuhi persyaratan pelabelan. Label produk merupakan identitas dari sebuah produk yang akan dipasarkan. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar keripik kentang “Terbang” memiliki identitas pada produknya, sebagai pengingat bagi konsumen (brand awareness) dan dapat meningkatkan penjualan.


 


Kata kunci: label dagang, media promosi, keripik kentang, makanan

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Saleh, K., Sumardjo, S., Hubeis, A. V. S., & Puspitawati, H. (2018). Penguatan Modal Sosial Menuju Kemandirian Perempuan Perdesaan Pelaku Industri Rumahan Emping Melinjo di Provinsi Banten. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 43–51.
[2] Syahdan, S. (2019). Peran Industri Rumah Tangga (Home Industry) pada Usaha Kerupuk Terigu terhadap Pendapatan Keluarga di Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur. MANAZHIM, 1(1), 45–63.
[3] Fadhilah, A., Darma, R., & Amrullah, A. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Rumah Tangga. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(3).
[4] Herudiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan pentingnya label pada kemasan produk dan pajak pada usaha kecil menengah (ukm) desa tebedak ii kecamatan payaraman ogan ilir. Suluhabdi, 1(2).
Published
2021-12-01
How to Cite
RUKIAH, Yayah; AKBAR, Taufiq; RANUHANDOKO, FC. Ndaru. Promosi Keripik Kentang “Terbang” Ibu Yati Oma Melalui Label Produk Kemasan. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 109-122, dec. 2021. ISSN 2798-8295. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/tridharmadimas/article/view/657>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v1i2.657.